Monday, August 10, 2015

Rangkuman Keseruan Popcon ASIA 2015, Super Keren!

Gerbang masuk Popcon ASIA 2015

Saya meliput acara ini selama dua hari saja yaitu hari pertama dan kedua, karena ada keperluan pada hari ketiga.

Mampir ke Popcon ASIA 2015 demi mencoba versi demo Assassin's Creed Syndicate. Salah satu sajian yang bikin saya sangat tertarik untuk tidak menunda-nunda datang ke acara yang diselenggarakap di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta ini.

Tema yang diusung pada Popcon ASIA kali ini adalah "A Voyage to Creative Galaxy" yang artinya penjelajahan ke galaksi kreatif. Dan ketika ingin masuk ke dalam, desain pintu masuknya seperti portal menuju galaksi lain.

Kreatif sekali.

Portal ke galaksi kreatif

Di dalam pintu masuknya itu ada lorong dengan pencahayaan gelap dengan teman berwarna biru. Pada bagian dindingnya terdapat kutipan-kuptipan dari orang-orang terkenal dan berpengaruh dari seluruh dunia. Termasik Si Juki dan Buzz Lightyear.

WHAT Si Juki?!! Penting banget!

bersama teman-teman dari KAORI Nusantara

Acara di panggung utama tidak henti-hentinya memberikan pertunjukan menarik dan juga talkshow bermanfaat. Dalam gambar di bawah ini, saya lupa sedang ada acara apa tetapi yang saya tahu hanyalah kalau Jendral Pavlichenko The Cute Hearted Roshan Sniper mondar-mandir nggak jelas di atas panggung.

Panggung utama

Yang bikin saya penasaran selanjutnya adalah tentang film Valentine dari Skylar. Ada Aswin Siregar selaku produser film Valentine juga di stannya tetapi saya tidak tanya macam-macam. Sedang sibuk gambar sepertinya. Skip.

Stan Skylar Comic

Masha'allah!

Si Juki kenapa jadi keren banget pake baju astronot.

"Nyari alien loe, Juk?"

Keren loe, Juk
Dagangannya Si Juki dan teman-teman Pionicon

Telah hadir majalan komik terbaru yaitu Kosmik. Bukan kosmetik, beda! Jadi berdasarkan yang saya ketahui saat ini bahwa sudah ada tiga majalah komik lokal yang beredar dan aktif di Indonesia yaitu re:ON comics, Shonen Fight dan Kosmik ini.

Stan Kosmik

Di stan Kosmik sih majalan ini adalah persembahan dari Glitch-Network, tetapi dikarenakan ada standing banner yang juga memuast gambar Pavlichenco dan Si Juki dengan logo Kosmik maka saya menarik kesimpulan bahwa Pionicon juga memberikan andil dalam terciptanya Kosmik.

Who knows?!

Karakter-karakter Kosmik

Apa anda sudah tahu bahwa Indonesia memiliki banyak karakter superhero?

Nah, Bumi Langit inilah yang menaungi para superhero itu. Mungkin lebih baik jika superhero dianting sebutannya jadi jagoan saja ya, biar lebih indonesia.

Saya tidak tahu banyak mengenai nama-nama jagoan dari Bumi Langit ini tetapi beberapa diantaranya adalah Gundala, Si Buta dan Godam.

Kerennya, karakter Gundala dan Godam itu dibuat sejak puluhan tahun yang lalu yakni pada 1969.

Jagoan-jagoan Indonesia

Selanjutnya inilah alasan terbesar saya datang ke hari pertama Popcon ASIA 2015 ini. Nyoba versi demo Assassin's Creed Syndicate tanpa antri. Stannya masih sepi sehingga saya bisa main lama, hingga dua kali main.

Kakak beradik Evie and Jacob

Saya berharap ini hanya terjadi di versi demonya. Jangan sampai pengalaman bermain Assassin's Creed Syndicate jadi tidak nyaman gara-gara masalah sepele ini. Kakinya si Jacob tidak menempal dinding saat bergelayutan di tembok.

Idealnya, game versi demo itu ditampilkan sebaik-baiknya tanpa adanya glitch. Sebagai wujud bahwa mekanisme dalam gamenya sudah siap.

Assassin's Creed Syndicate direncanakan rilis Oktober 2015. Seimoga saja, bencana pada Assassin's Creed Unity tidak kembali terulang pada Syndicate.

Kakinya nggak nempel

Sneaking di game ini cukup menantang karena banyak musuh dalam satu area. Sulit memang, tetapi seru karena karakter bisa bertarung dengan sangat baik dalam keadaan dikeroyok banyak musuh. Ada 3 serangan dasar yang dimiliki karakter yaitu pukul, stun dan counter.

Selain serangan dengan tangan kosong, karakter juga memiliki beberapa senjata dasar antara lain panah pelumpuh, senapan dan pisau.

Sneaking

Versi demonya memiliki 2 stages. Tidak begitu sulit, tetapi terlalu cukup untuk menjukkan kualitas yang antinya akan disajikan dalam game Assassin's Creed Syndicate.

Overall sih bagus. Grafis oke, alur cerita menarik, dan combat seru.

Nyoba versi demo

Versi demo Assassin's Creed Syndicate di Popcon ASIA 2015 ini dijalankan pada konsol PlayStation 4.

Stan Assassin's Creed Syndicate, main di PS4
Assassin's Creed Syndicate figure
Video game yang dinantikan

Saya berkesempatan untuk mampir ke stan Jtoku, pembuat kostum, ilustrasi, desain karakter dan serial web. Macem-macem lah kerjaan mereka dan salah satu karya yang paling saya sukai adalah Gatot Kaca, serial web yang bisa disaksikan di kanal YouTube-nya.

Stan Jtoku

Menurut Danu, pemilik sekaligus pendiri dari Jtoku ini, serial web Gatot Kaca akan berjumlah 13 episode, dan akan diusahakan untuk selesai pada akhir tahun ini.

bersama Danu, pendiri Jtoko
Kostum Gatot Kaca

Alasan serial web tersebut ingin cepat-cepat diselesaikan karena Jtoku ingin menggarap proyek selanjutnya yakni Pocongman. Selain itu, Danu mengungkapkan rencana mereka untuk proyek akan datangnya yaitu Ayam.

Bukan kaget trus latah "Eh.. ayam.. ayam!"

Pocongman

Pororo dan kawan-kawan kembali hadir di Popcon ASIA.

Stan K Animation

Oh ya, Comic 8 Casino Kings mengadakan kompetisi game dan komik berhadiah total 300 juta Rupiah.

WOW!

Bagi anda yang ngaku kreatif, yuk ikutan kompetisinya.

Ada kompetisi lho

Ada dinosaurus mini.

Keren ya?!

Valentine Movie akan direncakan untuk tayang pada 2016. Mengenai detailnya belum diungkapkan oleh pihak Skylar Pictures.

Alur cerita di filmnya nanti tidak sama persis seperti di komik. Nantinya akan ada adegan yang berbeda, namun secara keseluruhan tetap memiliki benang merah.

Wajib nonton nih!
Astelle Linden (kiri), pemeran Valentine
Valentine cosplay

Dan hal yang paling mengejutkan adalah pengumuman bahwa film Volt juga akan dibuat. Pemeran Volt diperankan oleh Marcellino Lefrand. Ngetopnya, ternyata doi sudah mempersiapkan diri dengan nge-gym sampai sixpack.

Marcellino kembai main film
Mbak Dewi, suaminya buka baju di panggung >,<

Setelah tampil di panggung, langsung sesi tanda tangan dan wawancara di stan Skylar Comics.

Sesi tanda tangan Skylar Comics

Salah satu stan yang sata kunjungi adalah Ayo! Film Indonesia, komunitas dan gerakan untuk mencintai film Indonesia. Didirikan setelah Peringatan Hari Film Nasional 2015 untuk menyadarkan para penikmat film agar tidak melakukan pembajakan, khususnya untuk film Indonesia.

Halo Mbak :3

Tidak ketinggalan talkshow tentang industri game Indonesia bersama CEO Lyto Andi Suryanto, Founder Nixia Gamer Monica Carolina (Nix1a) dan CEO Duniaku.net Robbi Baskoro.

Ternyata industri game itu menggiurkan banget lho, Nix1a bisa mendapatkan banyak undangan serta sponsor untuk menghadiri berbagai event internasional. "Bermain game memang asik, tetapi bisa menghasilkan dari game itu lebih asik," ungkapnya.

Oh ya, tidak boleh lupa mention MC-nya, Andreas Jafri dari Agate Studio.

Satu-satunya talkshow tentang game

Yeaaay akhirnya bisa dapet foto Clarissa Punipun sebagai Oren, dan Jeanice Ang sebagai Rinka di stan re:ON comics.

Sayangnya, saya lupa selfie dengan mereka.

Lucunyaaa

Pada hari kedua Popcon ASIA 2015 saya berjumpa dengan cosplay karakter dari game browser eksklusif Jepang berjudung Touken Ranbu. Berkisah tentang pedang-pedangan ternama dari Jepang gitu deh. Karakternya pria semua, bertolak belakang dengan Kantai Collection yang karakternya wanita semua.

Touken Ranbu cosplay

Shonen Fight adalah majalan komik yang terbit 2 bulan sekali. Volume keduanya diluncurkan di Popcon ASIA 2015. Inilah salah satu majalan komik bacaan saya.

Meski menggunakan nama Shonen —agak kejepang-jepangan memang— tetapi semua seri komik yang terdapat di dalamnya adalah buah karya dari para komikus Indonesia.

Talkwhow dan peluncuran vol. 2 Shonen Fight

Nah ini. Talkshow yang paling dinantikan... oleh saya.

Siapa yang tidak excited ketika mengetahui bahwa film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) akan dibuat sekuelnya?

Riri Riza dan Mira Lesmana mengungkapkan bahwa mereka akan kembali memproduksi film drama remaja tersebut.

Baru ada 2 pemain yang diungkapkan akan bermain di film ini yaitu Nicholas Saputra tetap sebagai Rangga, dan Dian Sastro tetap sebagai Cinta.

Talkshow paling panas, AADC 2

Hanya saja Mira menambahkan bahwa tokoh Mamet —kali ini— akan ikut bermain dalam film tersebut, mengingat di film pendek Line AADC, Mamet tidak ikut bermain di dalamnya.

Apakah nantinya tokoh tersebut akan diperankan kembali oleh Dennis Adhiswara, who knows?

Beberapa fakta yang terungkap dalam talkshow ini, yaitu:

  • Setting lokasi di Jakarta, New York dan Yogyakarta
  • Soundtrack akan dibuat oleh Melly Goeslaw dan Anto Hut
  • AADC 2 akan disutradarai oleh Riri Riza
  • Puisi Rangga akan tetap ada


Sebelum pintu keluar, ada tembok bergambar komk strip buatan para komikus Indonesia. Dengan tema #PoppoRocketChallenge.

Komik strip #PoppoRocketChallenge

Demikianlah kilasan saya mengenai Popcon ASIA 2015.

Tahun ini 'gokil' banget. Melalui acara ini, Indonesia harusnya mulai menyadari bahwa para kreator lokal itu tidak kalah luar biasa dengan kreator dari luar negeri.

Detik-detik terberat bagi saya pada acara ini adalah saat keluar gerbang.

Tak ingin event ini berakhir.

Keluar, hiks... hiks

Satu-satunya yang disayangkan dari acara ini hanyalah tidak adanya ajang pencarian bakat, Pop Babes. Padahal pada pre-event pertama Popcon ASIA 2015 diungkapkan bahwa ajang itu akan kembali diselenggarakan.

Namun ya sudahlah.

Setidaknya, Kosasih Award masih ada.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template