Sunday, January 18, 2015

Hasil Ngetes Mini Racing Adventures

18 Januari 2015
Penulis: Fakry Naras Wahidi


Kemarin saya berkesempatan untuk mencoba game buatan pengembang Indonesia, Minimo, yang masih dalam pengembangan, judulnya Mini Racing Adventures.

Tepatnya di siang hari saya ditawari untuk mencoba game tersebut, tapi karena saya sedang nonton film Di Balik 98, jadi coba mainnya pada sore hari menjelang malam.

Game tersebut bergenre racing, off-road gitu deh. Apabila anda pernah memainkan game berjudul Hill Climb Racing, maka gameplay-nya tidak jauh berbeda dengan itu. Hanya saja, game ini memiliki tampilan yang lebih mutakhir.

Di bawah ini adalah tangkapan layar dan penjelasan mengenai gameplay-nya.

Balapan tanpa akhir

Mengadaptasi sistem endless runner, pemain akan balapan tanpa ada ujungnya. Tapi game ini menyediakan check point sebagai targetnya. Lintasan yang dilalui bergelombang, memungkinkan kendaraan untuk terbalik. Apabila terbalik, maka permainan akan berakhir.

Balapan berlangsung antara dua karakter yaitu pengendara berwarna jingga bernama Lae sedangkan yang biru adalah Ley. Anda dan saya akan menggunakan karakter berwarna jingga. Hanya terdapat dua jenis kontrol saat sedang balapan yaitu throttle untuk maju, dan brake untuk ngerem atau mundur.

Balapan seru dan menantang

Perhatikan bahan bakar

Anda bukan hanya balapan untuk jadi yang nomor satu, tapi balapan untuk jadi yang tercepat dan paling efektif, karena selain bersaing dengan lawan, anda juga harus bersaing dengan bahan bakar yang semakin menipis. Asik iya, tantangannya jadi banyak.

Tapi jangan khawatir mengenai bahan bakar, karena anda bisa mendapatkan bahan bakar tambahan dari lintasan.

Kumpulkan koin sebanyak-banyaknya

Di samping itu juga, anda dituntut untuk dapat mengumpulkan koin yang nantinya dipergunakan untuk beli kendaraan baru, pemutakhiran kendaraan agar kinerjanya semakin mantap, dan membeli lintasan yang lebih menantang.

Koin yang tersebar dalam permainan jumlahnya bervariasi, mulai dari satu poin, dua poin atau tiga poin. Mungkin akan ada jumlah yang lebih besar, namun saya hanya menemukan tiga macam koin tersebut.

Dua macam mode permainan

Ghose mode dan battle mode. Apabila dilihat secara kasat mata, mungkin tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hanya saja, pada ghost mode, anda akan melawan rekor terbaik diri anda sendiri. Sehingga semakin cepat anda melaju pada mode ini, maka semakin sulit juga untuk mengalahkannya, karena anda dituntut untuk selalu memperbaiki rekor anda sendiri.

Pada battle mode, permainan berlangsung lebih stabil. Hanya saja, jangan terlalu banyak melakukan kebodohan karena lawan memiliki pikirannya sendiri, dan pastinya ia tidak akan mau kalah dari anda.

Banyak pilihan kendaraan

Game ini memungkinkan anda untuk mengganti kendaraan yang digunakan saat balapan. Setiap kendaraan memiliki perbedaan dalam kinerjanya. Ada yang berat, ada yang ringan. Bentuknya juga macam-macam mulai dari traktor, truk, bajak hingga motor cross.

Anda bisa mendapatkan kendaraan baru dengan cara membelinya dengan koin yang didapatkan pada saat balapan.

Kendaraan unik

Mutakhirkan kendaraan

Selain beli kendaraan, anda juga bisa memutakhirkan kendaraan yang sudah dimiliki agar kinerjanya lebih bagus. Ada empat jenis kinerja yang dapat ditingkatkan yaitu mesin agar lebih cepat, suspensi agar lompatan lebih stabil, roda supaya cengkraman saat melaju lebih kuat dan rangka, saya kurang paham fungsinya.

Mutakhirkan kendaraan

Lintasan menantang

Awalnya, anda hanya akan bermain pada satu lintasan saja. Namun, apabila ingin lintasan yang lebih menantang dan menarik, anda dapat membeli lintasan yang baru dengan menggunakan koin. Pada setiap lintasan juga akan diperlihatkan jarak terjauh yang telah anda capai.

Tentukan lintasan balapan

-***-

Apabila anda bertanya mengenai kekurangannya, mungkin belum saatnya saya ungkapkan karena game-nya sendiri belum dirilis sehingga masih ada kemungkinan untuk memperbaiki kekurangan dan mengembangkan fitur lebih lanjut. Namun, beberapa fitur yang saat ini belum ada yang seharusnya ada antara lain multi-player dan leaderboards.

Hanya saja, pihak pengembang memberitahu kepada saya, sebelum saya memutuskan bahwa itu adalah kekurangan, bahwa akan ada pembaruan versi untuk menambahkan fitur multi-player (online maupun peer to peer) dan leaderboards supaya pemain dapat bersaing skor dengan pemain di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, saya suka dengan game ini. Gameplay seru, desain lingkungan dan lintasan juga oke. Pembalap mini, dan lintasan yang dihiasi dengan pernak-pernik berupa potongan kardus (kertas) yang dibentuk sebagai pepohonan dan rumahan di tepinya.

Ingin segera coba?

Tunggu tanggal mainnya iya, karena menurut pengembang, game ini rencananya akan rilis di Google Play pada Februari 2015.

Dan gratis, dengan in-app purchase berupa koin.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template