Monday, June 29, 2015

Resep Sukses Galang Dana di Kickstarter


Halo sahabat Master,

Materi ini saya dapatkan ketika menghadiri acara Game Dev Gathering (GDG) 2015 yang diselenggarakan di Binus International, Senayan, Jakarta, yang mana acara tersebut powered by Duniaku Network.

"Cara sukses kampanye di Kickstarter", itulah inti materinya. Dibawakan oleh Managing Director Artoncode Anton Budiono. Materinya saya nilai valid karena perusahaan tempat ia bekerja telah berhasil menggalang dana di Kickstarter sebesar CAD 70.832 untuk game Winterflame: The Other Side.

Anton Budiono

Berikut adalah langkah-langkah yang disampaikan oleh Pak Anton berdasarkan pengalamannya dalam berkampanye di Kickstarter yang saya kemas dalam kesimpulan saya sendiri, dan kalimat yang saya tambahin sedikit supaya semakin jelas.

Yakinkan audience

Target dana dalam kampanye Kickstarter harus diperhitungkan dengan matang. Jangan sampai audience meragukan kampanye anda karena targetnya tidak realistis. Misalnya, jika proyek membutuhkan jumlah dana yang besar, maka buatlah target yang besar.

Target yang tidak realistis bisa membuat audience meragukan kemampuan tim anda atau kualitas produk yang sedang dikampanyekan.

Buat audience yakin bahwa proyek yang tampilkan bisa rampung dengan dana yang ditargetkan. Karena berdasarkan pengamatan pak Anton, tidak semua kampanye Kickstarter yang sukses dalam penggalangan dananya itu deliver.

Maksud tidak deliver di sini adalah produk tidak diselesaikan, tidak dikirim ke backers (audiance yang memberikan dana), dan penggalang dana menyatakan diri bangkrut karena kehabisan dana.

Berikan deskripsi yang jelas

Cobalah untuk memberikan deskripsi yang baik kepada audience. Kalimatnya jelas, detail mengenai apa yang kira-kira ingin diketahui oleh audience terkait produk yang anda kampanyekan.

Kalau bisa gunakan jasa penulis yang memang kompeten dalam menyampaikan informasi melalui tulisan, sehingga informasi dari anda terkait proyek bisa dimengerti dengan baik oleh audience.

Apalagi mayoritas audience di Kickstarter itu global alias pengguna bahasa Inggris, sehingga gunakanlah bahasa Inggris yang baik dalam penyampaiannya.

Jangan buat video tentang kesulitan hidup

Sudah umum diketahui bahwa kampanye di Kickstarter sebaiknya menghadirkan video atau trailer.

Dalam trailer-nya tampilkan mengenai detail yang ingin diketahui oleh audience seperti keunggulan, fitur dan manfaat yang bisa diberikan dari produk anda. Bukan cuma ngemis-ngemis minta dana atau menunjukkan sulitnya hidup anda dalam mengembangkan produk.

Jika anda berencana untuk menghadirkan video yang isinya memohon, lupakan! Audiance tidak akan peduli atau simpati.

Hanya tampilkan apa yang ingin dilihat oleh audience.

Ada demo lebih baik

Apabila produk anda adalah game atau software. Memberikan versi demo kepada audience adalah langkah cerdas agar mereka mengetahui gambaran dari produk anda.

Selain itu dengan pengalaman mencoba produk secara langsung, akan memberikan keyakinan kepada audience bahwa anda memang bisa membuat produk yang sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.

User experience itu penting!

Tentu saja demo atau prototype ini bersifat dukungan, tidak wajib, apabila memungkikan lebih baik diadakan.

Pengumuman sebelum kampanye mulai

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memberitahu audience bahwa anda akan melakukan kampanye Kickstarter dari jauh-jauh hari. Misalnya, umumkan rencana itu melalui situs yang dimiliki atau media massa.

Pengumuman bisa dimulai dari sebulan sebelum, kemudian umumkan lagi saat seminggu sebelum kampanye dimulai. Tidak berhenti sampai disitu saja, setelah memasuki masa seminggu sebelum kampanye, mulailah mengingatkan audience terkait kampanye setiap hari melalui sosial media yang dimiliki.

Terakhir, ingatkan kembali sejam sebelum kampanye dimulai.

Sebisa mungkin galang dana sebesar-besarnya pada hari pertama kampanye di mulai.

"Teorinya mudah, tapi praktengnya sulit," ungkap Pak Anton.

Active reply backers

Sebisa mungkin berikan ucapan terima kasih kepada audience yang menjadi backers untuk proyek anda. Ini penting! Gunanya adalah untuk menjaga keikhlasan mereka untuk tetap menjadi backers.

Menurut Pak Anton, backers memiliki pilihan untuk mengubah jumlah dana yang diberikan —bisa ditambah, bisa dikurangi—, atau bahkan membatalkan dana yang diberikan selama periode kampanye belum selesai.

Dengan memberi ucapan terima kasih kepada backers, setidaknya backers akan merasa bahwa anda menghargai bantuannya.

Update laman secara berkala

Cara selanjutnya untuk menjaga kepercayaan audience agar tetap memberikan dukungan pada proyek anda adalah memberikan update berkala pada laman Kickstarter sehingga mereka tahu bahwa anda aktif untuk memberikan informasi.

Update yang dimaksud bisa berupa penambahan deskripsi, reward, goal dan hal lain yang kiranya menarik untuk backers.

Ekspos dari media asing

Sebisa mungkin gunakan ekspos media asing untuk memperluas cakupan audience anda. Kirimkan email pemberitahuan kepada media yag dinilai relevan, dengan judul yang unik dan isi email yang jelas.

Pada tahap ini jangan gunakan blast email sejenis mail chimp, karena tidak efektif atau bahkan bisa menyasarkan email anda ke spam. Gunakan manuver pendekatan secara personal untuk memberikan informasi yang jelas kepada media. Kirim satu persatu.

Bukan berarti media lokal tidak berperan. Media lokal tetap diperlukan untuk memberikan keyakinan kepada media asing mengenai kampanye yang dilakukan. Sebagai bahan pertimbangan bahwa kampanye itu serius.

Cross promotion

Bekerjasama dengan pihak lain untuk barter promosi, gitulah istilahnya. Bisa dengan sesama pihak yang sedang kampanye di Kickstarter, bisa juga dengan pihak lain. Tujuannya adalah untuk mendapat perhatian audience dari pihak yang diajak kerjasama, atau partner.

Ide dari cross promotion ini adalah "Kita promosikan mereka, mereka promosikan kita. Tukeran backers gitulah."

Cara untuk mengajukan kerjasama tidak sulit kok, cukup kirimkan pesan ke halaman Kickstarter dari pihak yang ingin di ajak kerjasama. Jika mereka mau, syukur, jika tidak mau ya sudahlah.

Sebisa mungkin cari partner yang popularitasnya lebih tinggi.

-***-

Pak Anton juga mengungkapkan bahwa tidak semua dana datang dari kampanye Kickstarter. Bahkan dana yang datang atas referensi dari luar dari Kickstarter itu bisa lebih besar. Seperti yang terjadi pada Winterflame: The Other Side.

Selain itu, ada juga dana yang disiapkan dari kantong pribadi untuk menyukseskan kampanye Winterflame: The Other Side.

Dana yang diperoleh Winterflame: The Other Side

"Jika kampanye ini tidak sukses pun, Winterflame: The Other Side akan tetap dibuat, tetapi tentu saja kualitasnya tidak sebaik jika kampanyenya sukses," tutupnya.

Demikianlah materi yang perlu saya sampaikan. Jadi sekarang anda tahu langkah yang harus diambil sebelum dan saat kampanye di Kickstarter.

Berikan pendapat anda!


No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template