Thursday, May 14, 2015

Konferensi Pers Echo of Soul - No Healer, No Problem!

14 Mei 2015
Penulis: Fakry Naras Wahidi


Halo sahabat Master,

Belum lama ini, tepatnya 13 Mei 2015, saya menghadiri konferensi pers game fantasy MMORPG akan datang dari Kreon yang berjudul Echo of Soul di Gemscool Arena. Baca judulnya, saya jadi teringat manga... echi, hahah. Echi of Soul.

Lanjut! Hal yang menurut saya sebenarnya biasa saja dari game itu adalah ketiadaan kelas Healer, salah satu kelas yang sangat dibutuhkan ketika hunting. Tapi jarang yang mau hunting dengan Healer saat levelnya masih cupu. Nyusahin soalnya, efek skill Heal-nya masih dikit, useless-lah itu kelas kalau masih level kecil. Ironisnya, jika level-nya sudah tinggi, semua pemain mohon-mohon supaya itu Healer gabung dengan grup/perkumpulan-nya.

Inilah spesifikasi PC yang diperlukan untuk main Echo of Soul.

Standar PC zaman sekarang lah

Ketika Kreon bilang bahwa game ini tidak ada Healer, maka tanggapan beragam pun muncul dari para penggemar yang tertarik untuk main game ini. Ada yang bilang tidak ada Healer maka penerbit akan nyari untung dengan jualan potion di item mall, ada yang masa bodo, dan ada juga yang berfikir positif dengan merancang strategi saat hunting/perang.

Hanya saja menurut saya, tidak ada Healer di game buatan Nvius ini bukanlah masalah besar. Kenapa? Alasannya adalah tidak mungkin pengembang membuat game tanpa pertimbangan yang tepat sehingga merusak gameplay dari MMORPG.

Sejujurnya, masa saya bohong sih. Saya belum pernah main game ini. Hingga konferensi pers berlangsung pun, saya masih dalam proses mengunduh game versi Amerika dari Aeria Games dan itu belum selesai.

Meski demikian, ketika  setelah melihat daftar skill dari masing-masing kelas, ada lima kelas dengan sistem gender lock, saya merasa skill yang dimiliki sudah sangat cukup untuk membuat Healer dihilangkan pada game ini. Buff, debuff, hingga skill penyembuh tetap ada gitu lho.

Lima kelas Echo of Soul:
Rogue, Archer, Warrior, Sorceress, Guardian

Kesimpulannya, pada Echo of Soul, tidak ada Healer, tidak masalah sama sekali. Selain dari skill sudah cukup membantu, nanti juga ada scroll fungsinya seperti Heal. Jadi, masih mikir kalau tidak ada Healer itu masalah?

Terlepas dari itu, dengan hilangnya satu kelas kunci maka pemain harus menciptakan strategi baru dan merasakan sensasi baru dalam bermain MMORPG. Asik kan?!

Menurut info dari Kreon, game ini akan closed beta test pada Oktober 2015.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template