Wednesday, April 22, 2015

Bajakan? Bedanya Ninja Heroes, SD Ninja dan Ninja Kyuubi


Sebagai pemain Ninja Heroes, saya bingung juga menemukan ada dua game di Google Play dengan penampilan yang sama dengan game yang saya mainkan itu. Judulnya Ninja Kyuubi.

Penarasar dengan nama dan tampilannya, saya putuskan untuk mengusut lebih dalam megenai Ninja Kyuubi. Setelah diperhatikan secara seksama, ternyata konten yang ditampilkan pada halamannya di Google Play sama persis dengan yang ada di Ninja Heroes, mulai dari deskripsi hingga screenshot.

Perbedaanya di mana?

Ternyata, setelah saya teliti, penerbit dan alamat perusahaannya yang beda. Ninja Heroes oleh RedGameStudio sedangkan Ninja Kyuubi oleh Auto Global Game.

Muncul pertanyaan baru, lalu apa bedanya dengan SD Ninja? Nah, kalau itu saya juga belum mendapatkan detailnya. Namun dari percobaan sebelumnya, Ninja Heroes dan SD Ninja itu sama saja, hanya nama penerbitnya yang disingkan jadi RG Studio.


Awalnya saya mengira bahwa Ninja Kyuubi adalah kasus pembajakan seperti yang marak terjadi para game Android lainnya, tapi ternyata tidak seperti itu.

Jika dikatakan bahwa Ninja Kyuubi merupakan bajakan dari Ninja Heroes, maka itu bukan pernyataan yang tepat. Setelah saya tes gamenya, login menggunakan akun yang sama, hasilnya adalah saya melanjutkan progress permainan di Ninja Heroes.

Dari situ daya simpulkan bahwa Ninja Kyuubi merupakan game yang sama dengan Ninja Heroes. Hanya beda nama game, nama penerbit dan halaman di Google Play.


Terkait SD Ninja, saya tidak tahu kemana perginya halaman game tersebut. Diperiksa di situs Appannie.com, informasi yang diberikan adalah aplikasi tersebut sudah ditarik dari Google Play.

Berdasarkan kasus ini, mungkin saja kedepannya akan ada judul-judul Ninja lainnya, mungkin Ninja Hokage, Ninja Battle dan seterusnya, tapi sebenarnya gamenya ya itu-itu saja.

Kedua game tersebut dapat anda unduh pada tautan di bawah ini:

1 comment:

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template