Wednesday, March 25, 2015

Sesuai Perkiraan! Ragnarok Online 2 Tutup di Taiwan


Belakangan ini saya rajin sekali membuat kabar tentang penutupan game online, baik dalam maupun luar negeri. Bahkan sebagian pembaca mulai menilai bahwa blog ini hanya membahas tentang penutupan game.

Setelah berita tentang tutup game buatan Gravity ini di Asia Tenggara (SEA) yang terdiri dari Singapura, Malaysia dan Vietnam pada September 2014; sekarang saya membawa kabar dari ranah game online Taiwan (TW) yang mana tersiar kabar bahwa Ragnarok Online 2 (RO2) TW akan ditutup oleh penerbitnya, Gameflier, pada 2 April 2015.

Pada saat pengumuman bahwa RO2 akan dirilis di TW pun para pengamat game online di negara itu sudah menilai bahwa sekuel dari Ragnarok Online ini tidak akan bertahan lama. Mengingat sebelum dirilis di TW pada 25 Juni 2014, RO2 server Korea (KR) sudah tutup lebih dahulu pada November 2013.

Sesuai perkiraan

Pengamat beralasan seperti itu adalah karena KR adalah acuan untuk minat gamers terhadap game online (walaupun minat dapat berbeda pada negara yang lain) karena industrinya sudah mapan dan gamers-nya pun hardcore. Tutup di KR —negara asalnya—, kemungkinan game itu akan disukai di luar KR akan sangat kecil.

Saya mencatat bahwa RO2 rilis di hanya di beberapa negara yakni Korea, Amerika (NA), Eropa (EU), Asia Tenggara, Taiwan, Thailand (TH) dan Indonesia (ID). Dengan tutupnya server TW, maka server aktiv yang tersisa saat ini (25/3/2015) hanya NA, TH, EU dan ID.

Kalau saya tidak salah, server NA dan EU itu sama saja, sama-sama ditangangi oleh WarpPortal. "Beritahu saya kalau data di artikel ini kurang valid."

Untunglah, penutupan layanan di SEA dan TW tidak mengakhiri petualangan gamers-nya karena menurut informasi yang beredar di situs resminya, data pemain akan ditransfer ke server khusus pada RO2 NA.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template