Monday, March 30, 2015

Guru Bangsa Tjokroaminoto, Perjuangan Menuju Bangsa Bermartabat


Guru Bangsa Tjokroaminoto adalah film layar lebar bergenre drama biografi yang diproduksi oleh atas kerjasama Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto dan Picklock Production dengan disutradarai oleh Garin Nugroho.

Film yang diproduseri oleh Christine Hakim, Dewi Umaya Rachman, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Didi Petet, Nayaka Untara dan Ari Syar ini berkisah tentang perjuangan seorang bangsawan, Oemar Said Tjokroaminoto, yang ingin membuat bangsanya menjadi bangsa yang bermartabat, terdidik dan sejahtera.

Berdurasi sekitar 160 menit, film yang mengambil setting pada akhir tahun 1800, ketika Hindia Belanda (Indonesia) memasuki babak baru yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakatnya dengan gerakan Politik Etis yang dilakukan oleh pemerintah Belanda.

Sayangnya kemiskinan masih banyak terjadi. Rakyat masih banyak yang belum mengenyam pendidikan sehingga kesenjangan sosial antar etnis dan kasta masih terlihat jelas.

Film ini dibintangi oleh para pemain kawakan seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet dan Alex Komang. Tidak ketinggalan juga akting dari para pemain muda seperti Chelsea Islan, Ibnu Jamil, Maia Estianty.

Kediaman Tjokroaminoto di Gang Peneleh, Surabaya, terkenal sebagai tempat bertemunya tokoh-tokoh Indonesia di masa lalu. Di rumah sederhana yang berfungsi sebagai rumah kos yang di bina oleh istrinya, Suharsikin, ia juga mempunyai banyak murid yang pada akhirnya menetas, dan mempunyai jalan perjuangannya masing-masing untuk meneruskan cita-citanya yang mulia.

Salah satu muridnya di Peneleh adalah Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno.

Guru Bangsa Tjokroaminoto tayang di bioskop pada 9 April 2015.

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template