Wednesday, February 25, 2015

Solusi dan Cara Redeem Google Play Gift Card (USD) di Google Play Indonesia

Google Play Gift Card

Google Play Indonesia ini aneh juga. Pengguna hanya bisa belanja dengan menggunakan kartu kredit, berbeda dengan Google Play Amerika yang bisa diisi dengan menggunakan Google Play Gift Card. Seakan-akan nggak niat banget bukan cabang di Indonesia.

Saya memaklumi keputusan yang diambil oleh Google di Indonesia, namun tidak ada salahnya juga donk kalau ke depannya itu Google Play Indonesia juga menyediakan layanan Google Play Gift Card bagi pada penggunanya. Mengingat banyak juga pengguna yang tidak memiliki kartu kreadit (seperti saya) tapi ingin belanja di Google Play.

Walaupun Google Play Gift Card hanya tersedia untuk Google Play Amerika. Namun ada cara untuk bisa menggunakan gift card tersebut untuk Google Play Indonesia. Pertama-tama, anda harus melakukan pengaturan terhadap akun Google Wallet dulu.

1. Pengaturan Google Wallet

Masuk ke halaman Google Wallet di sini.

Daftarkan akun anda untuk wilayah Amerika atau United States (US). Masukkan nama dan kode pos Amerika (10800). Kemudian pilih Add a payment method later.

Pilih Add payment method later

Apabila sudah masuk, cari simbol pengaturan (Setting). Letaknya pada bagian kanan atas di antar muka.

Pengaturan, cari simbol ini

Setelah itu masuk ke pilihan Edit di kolom Home address untuk memasukkan data alamat anda. Pada tahap ini, anda bisa mengarang sendiri alamatnya, yang penting diisi saja atau bisa juga mengikuti pengaturan saya.

Pilih Edit di kolom Home address

Nah, nomor teleponnya bisa menggunakan kode lokasi dan nomor telepon Indonesia. Tapi, asal juga bisa, yang penting seluruh datanya sudah terisi dan jangan lupa, kode pos (Zip code) harus Amerika yakni 10800.

Masukkan data alamat, ikuti saja

Langkah terakhir adalah pilih Save. Jika proses berhasil, maka proses pengaturan Google Wallet selesai dan anda sudah bisa me-redeem Google Play Gift Card ke akun Google Play Indonesia. Namun tentu saja, anda jadi belanja dalam mata uang USD.

Nanti Google akan konversi kredit atau mata uang anda secara otomatis ketika anda belanja.

Mudah kan?

2. Cara redeem gift card

Pastikan pengaturan Google Wallet anda sudah sukses.

Setelah itu masuk ke Google Play di sini.

Melalui browser maupun gadget Android anda, terserah. Kemudian pilih Redeem atau jika anda menggunakan Bahasa Indonesia, namanya jadi Tukarkan.

Pilih redeem

Akan muncul pop-up yang meminta anda untuk memasukkan 20 digit kode dari Google Play Gift Card. Pastikan kode yang ingin dimasukkan belum pernah digunakan sebelumnya.

Masukkan (20 digit) kode gift card

Jika kode belum pernah digunakan, maka anda akan  masuk ke tahap selanjutnya aitu konfirmasi akun/e-mail yang ingin diisi kredit. Pastikan anda tidak salah isi. Langkah terakhir adalah klik Confirm (konfirmasi), dan tadaaa... kredit pada akun Google Play anda sudah terisi.

Konfirmasi akun

Apabila anda memiliki kredit (Google Play balance), maka tampilannya akan seperti tangkapan layar di bawah ini.

Jumlah kredit

Pada tangkapan layar di atas, saya sedang belanja 305 MobaCoins untuk game Flutter seharga USD 2.99. Namun ketika bayar, mungkin dihitung pajak beberapa persen sehingga harga atau nominalnya jadi USD 3.11, lebih besar.

Mungkin pajaknya 5%.

-***-

Demikianlah penjelasan yang ingin saya beritahukan kepada anda untuk me-redeem Google Play Gift Card ke Google Play Indonesia.

Dengan cara ini, anda bisa redeem gift card sepuasnya dan membeli aplikasi, game hingga item premium di dalam game favorit anda.

Google Play Gift Card dapat dibeli dari:

2 comments:

  1. Kode 20 digit dri google play gift itu yg mn?

    ReplyDelete
  2. Saya sempat beli google play code dengan valuta USA,namun tidak bisa saya gunakan disini,saya orang indonesia. Saya juga sudah coba akses google wallet lewat hp tp tidak bisa,bagaimana solusi utk mendapatkan google play tersebut?

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template