Saturday, January 3, 2015

Tahun 2015 Menjadi Awal m&c! Terbitkan Light Novel


Sebelumnya saya atau penggemar anime yang diadaptasi dari light novel mungkin bertanya-tanya, "Kapan penerbit buku Indonesia menerbitkan light novel?"

Nah, saya membawa kabar dari halaman Facebook m&c! penerbit komik Tanah Air bahwa pada tahun 2015 ini, perusahaan tersebut akan memulai debutnya untuk menerbitkan light novel.

Mengenai penjelasan light novel, dikutip dari halaman yang sama bahwa:

"Light Novel atau terjemahan bebasnya disebut novel ringan, merupakan sejenis novel yang memiliki ilustrasi anime atau manga di dalamnya, biasanya ditujukan untuk para remaja. Di Jepang, light Novel juga disebut ranobe singkatan dari raitonobe. Di dalam light novel, selalu ada gambar manga, tapi tidak ada balon dialognya. Jumlah kata-kata yang ada di dalam light novel hanya sekitar 40.000 sampai dengan 50.000 kata, tidak lebih dari itu. Light novel dibuat sebagai hiburan, jadi gaya menulisnya berbeda dengan novel sastra pada umumnya. Light novel biasanya menggunakan gaya yang simpel dan sederhana dalam paragraf yang terdiri dari satu sampai tiga kalimat."

Untuk awalnya, m&c! berencana untuk merilis 3 light novel terlebih dahulu yaitu Always Be By Your Side, Can't Say I Love You, dan Proof of Love yang mana nampak sekali bahwa tema yang dibawa dalam ketiga light novel itu adalah potongan kehidupan dan cinta di sekolah.


Rencananya light novel tersebut akan mulai dirilis pada 28 Januari 2014.

Semoga saja dengan awal tersebut dan tanggapan  positif dari para pembaca akan memungkinkan light novel dengan nama tenar dapat masuk ke Indonesia juga. Sebut saja yang saya tahu adalah Sword Art Online.

Apa pendapat anda mengenai light novel?

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template