Saturday, January 24, 2015

#GGJ15 Jakarta Indonesia


Kemarin, 24 Januari 2015, saya meliput dimulainya ajang Global Game Jam 2015 (GGJ15) di Kantor Lyto, Jakarta. Tahun ini, ajang yang diselenggarakan serempak di 72 negara dunia ini adalah yang kedua kalinya di Indonesia.

Di Indonesia, ajang ini diselenggarakan di 9 kota besar Indonesia sekaligus. Dalam foto yang diperlihatkan oleh teman saya kemarin, peserta terbanyak terlihat pada GGJ15 Surabaya yang diperkirakan diikuti oleh 72 peserta di mana di Kantor Lyto hanya diikuti oleh sekitar 30 orang.

Sebelum acara sesungguhnya dimulai, Kris Antoni selaku CEO Toge Productions sekaligus Ketua Panitia GGJ15 Jakarta, memberikan wejangannya kepada para partisipan dalam sesi technical meeting.

Technical meeting
Kris Antoni

Pada sesi technical meeting, Kris Antoni mengungkapkan bahwa game dari GGJ15 Jakarta dengan ide dan gameplay yang menarik memiliki kesempatan untuk dipublikasikan oleh Megaxus, dan Baidu via Mobo Market.

Dalam obrolan singkat saya dengan para peserta, banyak yang baru pertama kali ikut dalam ajang seperti ini sedangkan yang sudah berpengalaman tidak cukup banyak.

Proses pengenalan dan simulasi untuk menghadapi GGJ15 pun dilakukan dengan praktek langsung. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan. Wajah-wajah pemenang masih terlihat jelas di wajah mereka pada hari pertama GGJ15 ini, entah bagaimana penampilan mereka pada hari terakhir.

Semoga tetap terjaga seperti itu.

Ekspresi para peserta yang masih happy

Tepat jam 17.00 WIB, tema GGJ15 diumumkan.

Temanya adalah... rahasia, tidak boleh dibocorkan melalalui media apapun, kecuali anda ada di Hawaii (katanya).

GGJ15 Jakarta, Indonesia, resmi dimulai dan seluruh peserta langsung membentuk kelompok untuk membuktikan kreativitas dan inovasi mereka sebagai pengembang game.

Game yang dibuat bebas, asalkan sesuai tema. Platform-nya bisa untuk apa saja, PC, browser atau mobile. Pokoknya terserah yang penting game-nya jadi dan menarik.

Apakah anda pernah ikut ajang Game Jam?

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template