Friday, December 12, 2014

Pesan Moral dari Anime Shirobako, Inilah Cara Untuk Mendapatkan Inspirasi

29 Desember 2014
Penulis: Fakry Naras Wahidi

Kreativitas merupakan senjata utama bagi orang yang berkarir dalam industri kreatif yang mana ide menjadi bahan bakar untuk bisa menghidupkan kreativitas itu, sedangkan ide yang berkualitas bisa didapatkan apabila pikiran dalam keadaan segar.

Sayangnya, ide dan pikiran yang segar itu tidak selamanya muncul apabila diperlukan. Terkadang, orang juga bisa merasa buntu sama sekali, alias nge-blank ketika diminta untuk memberikan gagasan kreatifnya.

Hal yang memungkinkan seseorang jadi seperti itu, berdasarkan pendapat saya di atas adalah karena pikiran yang tidak segar atau sebut saja sudah lelah. Hal itu bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain pekerjaan yang monotone, terlalu banyak pikiran, kurang instirahat atau ketatnya peraturan, musuh terbesar kreativitas.

Setiap orang memiliki kreativitas sendiri, namun beberapa di antaranya diberkati oleh kreativitas yang lebih hardcore walaupun ada kalanya mereka juga bisa kehabisan ide akibat beberapa alasan yang saya sebutkan itu.

 Ide bisa datang dari orang lain, atau hadir setelah mendapatkan inspirasi.

Inspirasi dari anime Shirobako

Untuk bisa mendapatkan ide dan inspirasi, saya memiliki beberapa tips untuk anda yang biasa saya gunakan dan hal itu juga ditayangkan dalam anime Shirobako episode 8.

Ketika itu, Yasuhara Ema, animator, tidak memiliki ide dengan apa yang ia kerjakan yakni membuat gambar kucing. Lalu ada teman sekantornya datang, Erika Yano, asisten produksi, dan mengajaknya jalan-jalan di taman agar ia bisa menyegarkan pikiran sekaligus mencari inspirasi.

Yasuhara Ema, animator

"Daripada menghabiskan waktu berjam-jam tapi tidak menghasilkan apa-apa, sebaiknya istirahat sejenak. Jalan-jalan, lihat keindahan lingkungan sekitar untuk menyegarkan pikiran. Setelah itu baru kembali lagi bekerja," kira-kira itu yang diucapkan Yano.

Untuk lebih memahami pesan tersebut, silahkan anda saksikan anime Shirobako.

Ketika anda sudah merasa segar dan menapatkan inspirasi untuk pekerjaan yang dilakukan, maka kembalilah untuk menuntaskan apa yang sudah dimulai.

Segarkan pikiran dengan power nap

Solusi lain yang bisa anda gunakaj adalah tidur siang sejenak antara 10 sampai 20 menit, disebut juga dengan power nap, dapat dilakukan di meja dan kursi kerja anda atau apabila memungkinkan di matras (jika tempat kerja menyediakannya).

Tetap keren walau sedang tidur

Menurut penelitian dari beberapa peneliti di Amerika tentang power nap, setelah orang melakukan power nap mana konsentrasi, daya ingat, tenaga dan produktivitasnya akan meningkat.

"Sleep is for the weak" adalah istilah yang kurang tepat, karena dengan tidur yang benar akan menyegarkan pikiran, mengembalikan energi, meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya meningkatkan kreativitas anda.

-***-

Itulah yang dapat saya sampaikan kepada anda sebagai solusi untuk tetap kreatif dan memulihkan kreativitas anda.

"Inspirasi dan ide bisa datang dari mana saja, termasuk dari anime."

Apabila anda memiliki solusi yang lebih jitu dan ingin berbagi kepada saya, khususnya pembaca, silahkanmtinggalkan saran anda di kolom komentar.

Jika lelah, jangan ragu untuk istirahat.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template