Monday, December 8, 2014

Penemu Konsol Video Game Pertama Dunia Tutup Usia


Ralph H. Baer, pria yang merupakan pencipta konsol video game pertama dunia ini dinyatakan meninggal dunia. Baer lahir di Jerman pada 8 Maret 1922 dan meninggal pada 6 Desember 2014 pada usia 92 tahun.

Konsol video game pertama yang diciptakan oleh Baer berjudul Brown Box pada tahun 60an dan pada tahun 1972 konsol tersebut dikenal dengan nama Magnavox Odyssey setelah ia membuat hak cipta terhadap desainnya.

Brown Box merupakan konsol yang dilengkapi dengan kontroler dan disambungkan dengan perangkat televisi. Baer juga berhasil menciptakan kontroler berbentuk pisol bernama Light Gun yang dikemas dengan sebuah game bergenre shooting.

Selanjutnya, pria dengan 3 anak ini juga mendesain sebuah mainan yang dinamakan Simon, pattern-matching electronic yang masih eksis hingga saat ini.

Sebagai orang yang dijuluki The Father of Video Game (Bapak Video Game), Baer telah menerima penghargaan National Medal of Technology dari Presiden Amerika George W. Bush pada tahun 2006 dan Pioneer Award pada ajang Game Developer's Choice Award tahun 2008.

(sumber The Verge)

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template