Wednesday, November 26, 2014

Inilah Pendapat Vampy Bit Me Tentang Cosplayer Indonesia


Vampy Bit Me (kiri) dan saya di ITGCC

Bagi anda yang masih berfikir bahwa cosplayer Indonesia tidak lebih baik dari para cosplayer di luar negeri, mungkin anda tidak terlalu gaul dengan dunia cosplay. Atau hanya melihat cosplay dari kamar melalui PC, tanpa pernah berkunjung ke kompetisi atau acara cosplay sesungguhnya.

Apa yang sesungguhnya terjadi adalah para cosplayer Asia, khususnya Indonesia adalah para talenta yang sangat diperhitungkan oleh dunia cosplay luar negeri. Alasannya adalah karena di Indonesia ini, cosplay tidak hanya untuk membuat kostum dan menggunakannya untuk foto-foto, tetapi cosplayer juga dituntut untuk bisa memerankan karakter dari kostum itu sendiri.

Saat Indonesia Toy, Game and Comic Convention (ITGCC) lalu, saya sempat berjumpa beberapa kali dengan Vampy Bit Me (Linda Le), cosplayer asal Amerika, di mana alasannya mau kembali ke Asia —Indonesia— adalah karena kagum dengan kualitas cosplayer-nya.

Foto di bawah ini adalah post-nya Vampy Bit Me dalam balutan kostum Deathstroke di Facebook yang menunjukkan kekagumannya terhadap salah satu peserta kompetisi cosplayer di ITGCC, Raimei Kishi Baron, yang ditemuinya.


Anda juga bisa mendengar sendiri pendapat Vampy pada video yang telah saya unggah ke YouTube di sini.

Berdasarkan video di atas, ia perpendapat bahwa cospayer di tempatnya, Amerika, melakukan cosplay untuk gaya dan fotografi, sedangkan Asia melakukan cosplay dengan aksi akrobatik dan sangat menjiwai sesuai kostum yang dikenakannya.

Vampy sebagai juri kompetisi cosplay di ITGCC

Walaupun seperti itu Vampy menambahkan bahwa sedikit-banyak ia pun melakukan aksi berdasarkan kostum yang dikenakannya.

So, bagi anda yang ingin memulai ber-cosplay, jangan jiper dulu melihat kostum yang dibuat oleh cosplayer luar negeri karena Indonesia juga tidak kalah keren dengan mereka.

Dan bagi anda yang masih ragu dengan kualitas cosplayer Indonesia, sekali-sekali datanglah ke acara cosplay atau menyaksikan aksi dari Komunitas Tokusatsu (Komutoku), Machipot atau Zero Cosplay karena mereka bukan cuma gaya, tapi juga beraksi dengan kostum keren yang dikenakannya.

Sampai jumpa pada acara-acara seru lainnya.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template