Monday, July 21, 2014

Infectonator: Survivors Dibajak


Berita agak menyebalkan datang dari dunai game tanah air, alasannya game yang dikembangkan oleh Toge Productions, Infectonator: Survivors yang saat ini hanya diperuntukkan bagi gamers PC via Steam dibajak oleh pengembang luar negeri dan dirilis untuk perangkat iOS via App Store dan Android via Google Play.

Tentu saja hal ini membuat co-founder Toge Productions, Sudarmin Then, menjadi sangat kesal. Pada 18 Juli 2014, melalui akun Facebook-nya meminta bantuan untuk memberikan pelaporan terhadap game yang diungah oleh Qin Chen dan fundigi, serta diubah judulnya menjadi Survivors!. Parahnya lagi, game itu dijual seharga IDR 12.000 atau USD 0.99. Hal ini menjadi 2 kali lebih menyebalkan karena Toge Productions sendiri tidak pernah merilis game tersebut di App Store, tapi pembajak lebih dulu melakukan hal tersebut.



Dari screenshot yang saya lihat di laman game bajakannya, memang terlihat bahwa screenshot yang diberikan adalah Infectonator: Survivors namun ketika saya melihat gambar ikon game di laman yang sama, bukan Infectonator: Survivors yang dipasang tapi Infectonator: Hot Chase. Saya khawatirnya, pengguna yang membeli dirugikan oleh orang yang mengunggah game ini ke App Store yang pada akhirnya memberikan citra buruk kepada Toge Productions dan Infectonator: Survivors versi Steam, original.

Infectonator: Survivors adalah game yang dikembangkan oleh Toge Productions untuk perangkat PC dan telah dirilis via Steam pada 14 April 2014. Game ini berkisah tentang para survivor yang harus tetap berjuang untuk dapat hidup dari serangan zombie. Pada ajang Indie Prize yang diselenggarapakn di acara Casual Connect Asia 2014, game tersebut berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Desktop Games 2014.

Agak sulit menghadapi para pembajak "pak tani" apalagi jika produk yang dibuat dinilai sangat menarik dan laris manis di pasaran.

Versi original: Steam
Versi bajakan: App Store dan Google Play

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template