Wednesday, July 9, 2014

AMD Blogger Day dan Pengenalan APU A10-7800 Kaveri



Pada 3 Juli 2014, saya menghadiri acara Advanced Micro Devices (AMD) Blogger Day yang diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Acara yang dihadiri oleh banyak blogger, media, para pakar AMD dan komunitas pengguna AMD yang dinamakan AMD Red Team.

Pada acara tersebut diperkenalkan lineup terbaru Acceleration Power Unit (APU) A10-7800 berdasarkan arsitektur 28 nm Kaveri, dan sudah mendukung teknologi resolusi Ultra HD (4K). Terdapat 4 CPU dan 8 GPU yang terdapat pada APU terbaru itu sehingga terdapat sebanyak 12 inti (core) dalam satu APU. Kaveri merupakan prosesor pertama AMD dengan sistem arsitektur yang heterogen.



Para penjelasan yang dibawakan oleh Alfa Jonathan, pakar AMD yang sudah menggunakan produk AMD lebih dari 10 tahun. Ia mengungkapkan bahwa APU tersebut juga menghadirkan fitur Mantle, teknologi Application Programming Interface (API) graphic yang akan membuat dunia game menjadi lebih baik dan lebih cepat di perangkat PC.

Penjelasan itu juga semakin meyakinkan dengan demonstrasi bermain video game bergrafis tinggi seperti Battlefield 4 dan Tomb Rider pada notebook prototipe yang sudah dilengkapi dengan APU Kaveri ini.

Di bawah ini adalah penampilan dari notebook prototipe tersebut.


Aduh... maaf nge-blur


A10-7800, Elite Quad-Core


Tampak depan, keyboard dan touch pad


Tampak kanan, USB socket, dll, tidak tau namanya


Tampak kiri, power socket, USB, HDMI

Setelah penjelasan mengenai produk terbaru dari AMD ini. Selama ini saya agak ragu dengan pendapat teman yang terbilan penggemar berat AMD yang mengatakan "Ngaku gamer ya pake AMD. Diketawai loe kalo ngaku gamer tapi pake produk kompetitor", namun sekarang saya yakin bahwa AMD merupakan produk yang dibuat untuk kinerja PC yang lebih baik, khususnya untuk bermain game PC.

Demikianlah sharing dari saya mengenai acara AMD Blogger Day dan pengenalan produk APU Kaveri terbarunya, A10-7800.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template