Sunday, June 29, 2014

Belajar Bijaksana dari Soal Ujian Masuk SD di Hong Kong

Halo sahabat Master,

Kali ini saya membuat artikel yang tidak ada buhungannya dengan video game, anime, film atau entertainment. Melainkan tentang motivasi, seperti yang sering saya lakukan dulu. Bukan bermaksud menggurui, saya ingin berbagi opini kepada anda mengenai hal sepele yang terkadang mungkin terlupakan.

Tepatnya kemarin malam, ketika saya sedang asik membaca timeline Facebook, muncul gambar yang berisi pertanyaan yang cukup membuat saya bingung bukan main. Pertanyaanya yang diperuntukkan untuk ujian masuk elementary school (sekolah dasar), padahal untuk mengetes logika setingkat anak sekolah dasar saja, tapi membuat otak saya terasa cenat-cenut.

Berikut adalah gambarnya.


Pertanyaan yang ada dalam gambar itu adalah "Sebutkan nomor yang tertera di lokasi yang tertutup oleh mobil yang sedang parkir?". Kira-kira seperti itu pertanyaannya.

Secara normal, anda akan melihat bahwa nomor yang tertera sangatlah acak mulai dari 16, 06, 68, 88, X, dan 98. Tugas anda adalah menebak nomor yang terdapat pada X.

Itulah yang menurut saya sangat membingungkan. Bahkan saya tidak akan menemukan jawabannya sebelum melihat bocoran yang diberikan oleh komentator di kolom komentar dari gambar tersebut.

Saya izinkan anda untuk berfikir sejenak, untuk dapat menemukan jawabannya. Jangan dulu melanjutkan membaca artikel ini sebelum anda menyerah atau putus asa karena tidak menemukan jawabannya.

Jika anda sudah menemukan jawabannya, selamat, otak anda masih segar dan belum terkontaminasi.

Namun apabila anda sudah menyerah, ya sudahlah, yuk lihat jawabannya pada penjelasan saya di bawah ini dan anda pasti akan menemukan jawabannya.

Tidak ada trik, tidak ada rumus khusus. Semuanya hanya ada pada sudut pandang ketika anda melihat gambar itu. Sekarang, coba putar penglihatan anda 180 derajat menyamping. Apabila anda membaca di smartphone, putar gadget anda itu 180 derajat maka anda akan menemukan jawabannya.

Iya, benar, jawabannya adalah 87.

Ketika anda melihat dari sudut pandang yang berbeda, maka akan terlihat dengan jelas apa yang sebenarnya terjadi. Gambar itu memperlihatkan posisi yang tidak benar karena menunjukkan posisi urutan angkat yang terbalik. Angka di tempat parkit itu sebenarnya berurutan yaitu 86, X=87, 88, 89, 90 dan 91.

Menurut salah seorang netizen di laman China Smack, ia menjelaskan bahwa soal logika ini dapat dipecahkan oleh murid SD dalam hitungan detik, dalam hitungan menit oleh murid sekolah menengah, dalam hitungan setengah jam atau bahkan berjam-jam oleh mahasiswa, tapi akan dibutuhkan waktu seumur hidup bagi pemegang gelar Ph.D.

Pesan moral yang ingin saya sampaikan melalui artikel dan gambar itu adalah ketika semuanya terasa buruk atau tidak ada solusi yang dapat anda temukan untuk memecahkan masalah anda, coba lihat dari sisi lain, karena mungkin masalahnya itu ada pada diri anda sendiri. Saat anda merasa semua orang membenci anda, mungkin kesalahan bukan pada meraka, namun ada pada diri anda. Lihatlah dalam sudut pandang berbeda, sudut pandang orang lain.

Hindari menjadikan masalah ringan menjadi rumit, dan jangan pula meremehkan masalah seringan apapun. Berikan perhatian sesuai dengan tingkatannya.

Semakin bijaksana anda maka semakin banyak yang dapat anda lihat dan selesaikan.

(via China Smack)

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tes-tes psikotest
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Seputar Psikotest

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template