Saturday, April 19, 2014

Review Sword Art Online Eps. 1



Sebenarnya saya tidak begitu tertarik untuk menyaksikan anime ini, namun saat saya mengetahui bahwa di laptop saya ada serial anime ini lengkap (25 episode) yang diunduh oleh adik saya maka saya putuskan untuk coba menonton Sword Art Online. Saya akan memberikan pendapat mengenai anime dengan peran utama bernama Kirito, yang memainkan game online berjudul Sword Art Online (SAO).

Kesan saya setelah menyaksikan episode pertamanya adalah WOW, luar biasa ini anime. Menunjukkan kenyataan dunia MMORPG sesungguhnya. Mungkin agak tidak masuk akal apabila gamers menggunakan helm untuk memindai pikirannya ke dalam dunia maya, namun inilah keseruan sekaligus masalah yang ada pada anime arahan Tomohiko Iko, yang ceritanya diadaptasi dari novel ringan karya Reki Kawahara ini.

Helm di anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures ini disebut dengan Nerv Gear. Pada episode pertama diungkapkan bahwa para Bet Tester dapat keluar (logout) dari game tanpa mengalami kendala apapun. Namun saat game ini telah dirilis secara resmi, pemain yang telah masuk ke dalam permainan tidak dapat keluar akibat fitur logout dihilangkan oleh sang Game Master sekaligus pencipta dari Nerv Gear, Akihiko Kayaba.



Pemain tidak dapat keluar dari permainan secara paksa, bagaimana pun caranya karena Nerv Gear membatasi gerakan pemain di dalam game dengan aktivitas dfisik di dunia nyata. Apabila di dunia nyata ada yang melepaskan Nerv Gear dari kepala pemain secara paksa maka sistem keamanan yang ada akan aktif dan meledakkan Nerv Gear, yang berakibat kematian pada penggunanya.

Hal yang paling mengerikan adalah pemain yang mati di dalam agme, secara otomatis akan mengaktifkan sistem keamanan Nerv Gear juga sehingga menyebabkan helm tersebut meledak yang tentunya akan mengakhiri hidup dari penggunanya. Satu-satunya cara untuk keluar dari SAO adalah dengan menyelesaikan seluruh level yang ada, total 100 level.

Itulah latar belakang dimulainya petualangan Kirito dan kawan-kawan. Setelah menyaksikan episode pertamanya, saya langsung mendapatkan mood untuk mengikuti anime ini hingga selesai. Selain SAO, saya juga mengikuti Blade & Soul, anime yang diadaptasi dari game MMORPG asal Korea Selatan dengan jusul Blade & Soul juga.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template