Friday, March 7, 2014

Pelaku Spoiler di Jepang Akan Mendapat Sanksi Tegas

Berita yang agak keras datang dari negara Matahari Terbit, Jepang. Negara yang terkenal dengan manga-nya itu telah memberlakukan peraruran yang sangat tegas terhadap pelaku spoiler jalan cerita manga. Bagi pembaca yang belum tahu, spoiler merupakan bocoran dari cerita yang akan datang.

Mengenai peraturan tersebut, ada satu situs penggemar yang sudah menjadi tindakan tegasnya. Pada situs yang dinamakan Naruto Channel yang bertuliskan "Spoiler Warning" di samping judul situsnya. Pihak terkait pun secara halus meminta pemilik situs untuk menghapus artikel yang berisi spoiler manga Naruto dan menghentikan layanan situsnya tersebut. Ngeri.


Uzumaki Naruto, sengaja di-pixelate

Di Jepang, menyebarkan spoiler merupakan satu tindakan yang tidak disukai oleh banyak orang khususnya bagi industri manga itu sendiri. Begitupun di Indonesia, pembaca tidak suka apabila ada yang menyebarkan spoiler dari manga yang sedang digemarinya karena hal tersebut membuat pembaca kehilangan rasa penasaran yang menjadi jiwa dari akhir volume pada setiap manga.

Tentu saja didak disukai. Manga adalah cikal bakal episode selanjutnya dari sebuah anime. Apabila jalan cerita manga-nya saja sudah diketahui maka jalan cerita anime-nya pun sudah tertebak. Apa pendapat anda mengenai pelaku spoiler tersebut? Pernahkan anda menjadi korban spoiler?

[Sumber: Kotaku]

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template