Friday, March 21, 2014

Little Tokyo Blok M Ennichisai 2014 Akan Segera Digelar

Saya mendapatkan informasi yang sangat seru untuk para sahabat Master, karena acara kebudayaan Jepang yang sangat spektakuler akan segera hadir yaitu Little Tokyo Blok M Ennichisai 2014 akan segera digelar pada bulan Mei mendatang, tepatnya tanggal 24-25 Mei 2014 yang jatuh pada hari Sabtu dan Minggu dengan tema yang diusung kali ini adalah "It's Time to Jump".

Apa saja sih yang ada di Ennchisai 2014 nanti? Apakah kemeriahan yang ada pada festival kebudayaan Jepang tersebut sehebat yang dibicarakan banyak orang?

Sepintas memang tidak jauh berbeda dengan festival kebudayaan Jepang kebanyakan. Namun jika anda adalah orang yang sering datang ke acara festival seperti ini maka akan sangat terasa perbedaan yang diberikan di Ennichisai, dibandingkan dengan festival kebudayaan Jepang lainnya di Indonesia.


Hal yang paling dirasakan adalah area festival yang sangat luas di sekitar Blok M, booth makanan yang menyediakan berbagai makanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau (dibandingkan festival serupa), dimeriahkan juga oleh warga keturunan Jepang sehingga membuat situasi pada festival ini serasa ada di negara aselinya (jujur, saya belum pernah ke Jepang), ada banyak acara yang diadakan di panggung utama dan di berbagai booth yang ada di festival tersebut.



Hal yang paling menarik tentu saja mengenai kebudayaan Jepang yang diperknalkan. Ennichisai pertama saya adalah pada tahun 2013, saat itu saya jalan bersama dengan gebetan, seru banget deh. Walaupun ramai tetapi masih ada ruang gerak yang cukup bebas, tidak terlalu berdesakan. Hanya saja lahan parkir untuk menyimpan kendaraan sangat ramai, sehingga saya rekomendasikan agar anda datang dengan angkutan umum atau taksi saja apabila tidak mau pusing dengan parkir.



Festival kebudayaan Jepang kuranglengkap rasanya jika tidak ada Mikoshi. Nah, Ennichisai 2013 itu menghadirkan beberapa Mikoshi dnegan berbagai ukuran dan ada satu Mikoshi dengan ukuran yang sangat besar. Bisa dibayangkan donk berapa orang yang dibutuhkan untuk mengangkat dan mengarak Mikoshi itu untuk mengelilingi Little Tokyo Blok M.



Ennichisai juga dimeriahkan dengan penampilan dari para cosplayer, baik yang poser (hanya gaya) maupun yang menampilkan drama yang diperankan oleh para cosplayer berbakat dari komunitas tertentu. Pada Ennichisai 2013, komunitas yang menampilkan drama yang menarik menurut saya adalah Komutoku. Selain itu ada juga petunjukkan dari komunitas lainnya seperti komunitas ninja atau ninjutsu gitu, saya lupa. Semoga saja pada Ennichisai 2014 mendatang, pertunjukan yang ditampilkan oleh para komunitas semakin baik dan seru.



Semakin malam acara yang dihadirkan pun semakin seru, khususnya di panggung utama yang menampilan berbagai band dan pertunjukan menarik. Walaupun suasana pada malam hari terkesan gelap (pencahayaanya kurang), namun suasana yang ramai tidak jauh berbeda dibandingkan pada siang hari. Pengunjung pun masih berdatangan di malam hari.



Menjelang berakhirnya festival, para pengunjung diajak untuk ikut dalam bon odori, itu lhooo tarian yang diiringin dengan suara gendang yang sangat bersemangat. Jika anda ingin mengetahui seperti apa suasana bon odori yang saya abadikan pada Ennichisai 2013, anda bisa melihatnya pada video di bawah ini.



Demikianlah ulasan saya mengenai Ennichisai 2014 yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2014 mendatang serta kilas balik mengenai Ennichisai 2013 yang saya kunjungi. Bagi anda yang mengaku penggemar kebudayaan dan festival Jepang, Ennichisai adalah festival yang wajib anda datangi.

Rasakan bedanya!

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template