Sunday, March 30, 2014

Hands-On NOKIA X, Solusi Untuk Anda yang Ingin Memiliki BBM

Long weekend ini saya tidak kemana-mana, sedih banget. Namun saya mendengar pemberitaan bahwa NOKIA X sudah diluncurkan ke Indonesia. NOKIA X adalah produk smartphone NOKIA pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Selain itu, ada lagi seri lainnya yaitu X+ dan XL tapi saya belum tahu kapan seri tersebut dirilis di Indonesia karena pada peluncuran tersebut hanya diperlihatkan NOKIA X saja.

Penasaran dengan NOKIA X maka saya putuskan untuk berkunjung ke gerai NOKIA. Saya langsung tanya ke penjaganya apakah NOKIA X sudah bisa dicoba disini? Penjaga bilang bisa. Wah, senang donk bisa langsung coba tapi saya lanjut bertanya, apakah smartphone itu sudah bisa dibeli? Jawabannya ternyata belum karena saat ini NOKIA X baru dipajang saja, sedangkan untuk dijual akan dimulai pada tanggal 16 April 2014.


Master Fakry

Bagi anda yang ingin mengetahui spesifikasi singkat mengenai NOKIA X, di bawah ini adalah spesifikasi dari NOKIA X:
  • Layar: 4" WVGA Display LCD Screen, 16.7M color 233 ppi
  • Panjang: 115.5 mm, Lebar: 63 mm, Ketebalan: 10.4 mm
  • Berat: 128.5 g
  • Kamera: 3MP, tanpa kamera depan
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4, dual-core 1 GHz
  • RAM: 512MB
  • Internal storage: 4GB, External: hingga 32GB, MicroSD
  • Baterai: 1500 mAh, bisa dilepas
  • Network: Wi-Fi, Bluetooth, WCDMA 900/2100, GSM/EDGE 850/900/1800/1900
  • SIM: Dual

Kesan pertama saat mencoba NOKIA X, bentuknya tidak jauh berbeda dengan LUMIA 520 namun dengan bentuk lebih kotak. Material cover-nya juga sama, terasa kesat dengan warna doff yang cerah dan sangat nyaman di pegang. Namun ada yang saya sayangkan dari NOKIA X yaitu tidak adanya tombol shortcut kamera di body-nya dan tombol navigasinya pun hanya ada satu untuk back (sentuh satu kali) dan Home (tahan sentuha tombol), seperti di iPhone. Umumnya, Android ada 3 tombol navigasi yaitu back, home dan menu.

Masih di desain, bagian atas ada speaker dan socket untuk headset, bagian kanan ada tombol stand-by dan pengaturan volume suara, bagian bawah ada microphone, bagian belanag ada kamera 3MP dan loudspeaker.


Tampak kanan: tombol volume dan stand-by


Tampak belakang: loudspeaker


Tampak atas: socket headset

Tampilan ikon di Home menggunakan desain flat dengan warna yang cerah. Ukuran ikon dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna, sama speerti ikon di Windows Phone. Ikon di Home ini merupakan gambaran dari aplikasi apa saja yang ada di NOKIA X, sama seperti aplikasi pada Home di iPhone. Jadi apabila gamers menghilangkan aplikasi dari Home, sama artinya dengan melakukan uninstall aplikasi.

Coba anda lihat simbol "<" yang terdapat di bagian bawah NOKIA X. Nah, itulah tombol untuk menutup aplikasi dan kembali ke Home. Kembali ke Home akan secara otomatis menutup aplikasi yang anda gunakan. Dengan sistem seperti itu, saya agak ragu apakah NOKIA X dapat melakukan multitaskin dengan baik atau tidak karena jika anda ingin kembali ke Home, tentu saja harus menggunakan tombol itu dan secara tidak langsung aplikasi yang anda gunakan akan tertutup.




Desain ikon di Home

NOKIA X ini juga menghadirkan aplikasi bawaan yang sangat membantu pengguna, termasuk Blackberry Messenger (BBM) walaupun pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Selain BBM, NOKIA X juga menghadirkan LINE Messenger, WeChat, Skype, WhatsApp, Facebook dan Twitter. NOKIA X juga menghadirkan game mobile bawaan untuk penggunanya antara lain Asplaht 8, Plants vs Zombies 2, Jetpack Joyride dan beberapa lainnya.


BBM, aplikasi bawaan di NOKIA X

Fitur kamera di NOKIA X saya rasa kurang menuaskan karena kekuatannya hanya 3MP, padahal LUMIA 520 saja kekuatan kamranya sudah sampai 5MP. Namun hasil foto yang ditampilkan pada NOKIA X sudah cukup memuaskan, walaupun tidak terlalu detail ketika di-zoom. Untuk melakukan eksekusi pengambilan foto, anda dapat menyentuk ikon foto yang terdapat di bagian kanan layar, cara yang sangat umum seperti di smartphone Android lainnya.

Fitur video yang pada NOKIA X juga cukup memuaskan walaupun jika dibilang bagus banget juga tidak. Namun untuk kamera dengan kekuatan 3MP, video yang dihasilkan pada NOKIA X sudah cukup memuaskan. Sayangnya, NOKIA X ini tidak menyediakan kamera depan, sama seperti LUMIA 520.


Kamera 3MP yang cukup memuaskan

NOKIA X tidak menggunakan layanan Google Play untuk mengunduh aplikasi attau game mobile yang ingin dipasang oleh penggunannya, karena NOKIA sudah memiliki platform sendiri untuk menyediakan aplikasi yang dinamakan NOKIA Store. NOKIA juga menyediakan alternatif aplikasi untuk perangkat Android-nya yang itu HERE Maps (setara Google Maps), OneDrive untuk cloud storage, Outlook.com untuk email dan beberapa lainnya.

Jika anda bertanya apakah NOKIA X ini bisa menjalankan file mentahan Android (APK), seperti perangkat Android lainnya maka jawabannya adalah bisa. NOKIA X memungkinkan anda untuk meng-install file APK yang didapatkan dari situs berbagi file atau toko online yang menyediakan file tersebut.


Tampilan NOKIA Store

Saya juga sudha membuatkan video hands-on NOKIA X di bawah ini. Saya sarankan agar anda melihatnya juga agar lebih memahami apa yang saya sampaikan pada ulasan ini. Sedikit ralat, saya mengatakan bahwa kekuatan kamera NOKIA X di video tersebut adalah 5MP, itu salah, saya minta maaf karena tidak membaca spesifikasinya terlebih dahulu.



Secara keseluruhan, dengan harga yang relatif murah yaitu IDR 1.600.000 per unit, NOKIA X sudah menampilkan performa yang maksimal. Saya tidak dapat memberikan kritik pedas atau komplain terlalu banyak terhadap spesifikasi yang ditawarkan oleh NOKIA pada smartphone berharga murah seperti itu, hahah. Apabila anda ingin memiliki smartphone Android yang keren dan murah, NOKIA X adalah produk yang sangat saya rekomendasikan.

2 comments:

  1. ternyata agak tebal juga ya nokia x ini. sekarnag pake hp enakan yang tipis

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan ukuran yang kecil seperti ini, iya...

      Delete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template