Sunday, January 19, 2014

Pengalaman Mencoba PlayStation Vita TV serta Ulasan dari Berbagai Sumber



Pada peluncuran resmi konsol SONY PlayStation 4 (PS4) di Indonesia beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan untuk mencoba salah satu konsol terbaru lain dari SONY yaitu PlayStation Vita TV (PS Vita TV). Apakah yang spesial dari konsol tersebut serta keunikan apa yang dibawa oleh PS Vita TV itu? Yuk baca ulasan yang saya buat pada artikel ini berdasarkan sumber-sumber yang ada di dunia maya.

Pertama-tama, apakah yang akan anda dapatkan ketika membeli seperangkat PS Vita TV? Ada beberapa pack yang bisa anda beli di luar sana, khususnya di Indonesia. Pack yang biasa saja yang isinya adalah PS Vita TV, kabel HDMI, kabel USB untuk charging, AC adaptor dan buku panduan. Apakah PS Vita TV tidak memerlukan kontroler untuk bermain? Tentu saja perlu.



Apabila anda hanya membeli pack standar, anda tidak akan mendapatkan kontroler dan harus tetap membelinya secara terpisah. Kontroler yang digunakan untuk memainkan PS Vita TV adalah DUALSHOCK 3, jenis yang sama untuk konsol PlayStation 3 (PS3) sehingga apabila anda sudah memiliki kontroler tersebut, tidak perlu membeli lagi.

Namun jika anda belum memiliki DUALSHOCK 3, ada pack khusus yang menyertakan kontroler itu dalam kemasannya yaitu PC Vita TV Value Pack, dengan harga yang berbeda dengan pack yang standar.

Pada press rilis yang saya dapatkan pada peluncuran PS4 harga yang direkomendasikan untuk PS Vita TV pack standar IDR 1.799.000 per unit, sedangkan harga untuk PS Vita TV Value Pack IDR 2.599.000 per unit. Harga yang tidak jauh berbeda dengan PS Vita saat ini. Namun dengan segudang fitur yang lebih baik, menurut saya.



Untuk memainkan konsol ini, anda memerlukan seperangkat TV dan game dari PS Vita. Jadi namanya pas banget donk PS Vita TV yang artinya bermain game PS Vita dan menggunakan segala macam fitur PS Vita di TV, termasuk fitur remote play ke PS4. Apa bila saya diminta untuk mendeskripsikan PS Vita TV dalam satu kalimat maka yang akan saya utarakan "PS Vita TV adalah PS Vita yang tidak portable dan membutuhkan pada layar serta kontroler yang terpisah."

Jika anda belum mengetahui fitur remote play PS4 di PS Vita TV, fitur itu adalah memungkinkan anda untuk mengendalikan PS4 dengan menggunakan konsol PS Vita TV yang digunakan. Kadang kala TV yang anda gunakan untuk bermain game digunakan oleh keluarga atau orang lain untuk nonton TV. Nah, dengan remote play ini anda bisa tetap memainkan PS4 anda pada TV lain tanpa meindahkan PS4 anda dari lokasi semula. Seperti WiFi gitu deh cara kerjanya.



Selain itu, dikarenakan PS Vita TV juga masih keluarga PS Vita sehingga anda bisa tetap melakukan multiplayer antara PS Vita TV dengan PS Vita. Bahkan anda tetap bisa menggunakan cartridge, memory card yang ada pada PS Vita. Hal menarik lain yang ditawarkan oleh PS Vita TV adalah konsol ini juga bisa memainkan game yang ada pada konsol PlayStation One, wow seru dan jadul banget donk.

Demikianlan ulasan saya mengenai PS Vita TV. Apabila harus memilih, manakah yang harus dibeli antara PS Vita TV dan PS Vita? Jawabannya adalah apabila anda ingin bermain game secara portable maka pilihan yang lebih tepat adalah pada PS Vita, namun apabila anda hanya ingin memainkan game PS Vita saja (eksklusif) maka PS Vita TV merupakan pilihan yang tepat.

6 comments:

  1. Gan, ps vita tv bisa mainin pes/fifa gak ya? Fast respon ya gan✌ thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ps vita tv itu gamenya sama aja kayak ps vita biasa. asalkan ada gamenya di ps vita, maka bisa juga dimainin di ps vita tv.

      Delete
  2. Ngersaian Frame rate nya gak gan ?
    drop ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari tampilan sih, sama aja kayak main PS Vita. apalagi kalo layar TV kegedean, agak pecah jadinya.

      Delete
  3. Apakah PS Vita TV bisa YouTube tolong jwb skrg

    ReplyDelete
  4. Harus punya ps vita yah kalo mau make ps vita tv?

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template