Monday, January 6, 2014

Produsen Ponsel Indonesia Sudah Mulai Gencar Promosikan Smartwatch Unggulannya

Smartwatch adalah produk berupa jam tangan yang memiliki fitur layaknay smartphone. Walaupun saat ini baru menjadi produk pendungng smartphone, namun sudah ada smartphone yang sudah bisa digunakan untuk menelepon, mengirim pesan, foto, mendengar radio dan beberapa fitur lain yang membuat smartwatch itu layaknya smartphone.

Apa yang ada di benak saya ketika mendengar smartwatch? Jam tangan Mighty Morphin Power Rangers. Selalu waspada, karena Zordon atau Alfa akan menghubungi saat terjadi kerusuhan akibat serangan monster di bumi.


Samsung Galaxy Gear V7000

Bagi smartwatch yang berfungsi sebagai pendukung smartphone seperti Samsung Galaxy Gear V7000 atau SONY Smartwatch MN2, mungkin ukurannya masih terbilang slim dan ringan. Namun, smartwatch yang bisa berdiri sendiri seperti MiTO S500 itu bentuknya besar banget, bakhan dari spesifikasinya, berat yang ditawarkan hampir mencapai 500 gram.

Smartwatch yang berfungsi sebagai pendukung baru bisa digunakan apabila ada smartphone yang menyertainya. Misalnya sama galaxy Gear baru bisa menunjukan kinerja maksimal jika digunakan bersama Note 3, atau MN2 baru bisa maksimal jika digunakan bersama dengan SONY Xperia.


Sony Smartwatch MN2

Sekarang juga sudah ada situs luar negeri yang membahas smartwatch secara khusus, Smartwatch Fans, sekaligus menjadi referensi saya juga untuk mengetahui dunia smartwatch itu. Saat ini, saya baru mengetahui ada 3 produsen yang telah merilis smartwatchnya di Indonesia yaitu Samsung, SONY dan MiTO. Sayangnya, belum ada informasi mengenai smartwatch bersutan NOKIA.

Untuk smartwatch dari NOKIA, saya mendapatkan informasi bahwa produsen tersebut berencana untuk merilis smartwatch-nya pada kuartal ke-3 tahun 2014. Saat ini sih, saya baru mengetahui sistem operasi yang digunakan pada smartwatch baru Android, mungkin saja NOKIA akan menggunakan sistem operasi Windows di smartwatch-nya itu, kita lihat saja nanti.


MiTO S500

Harga yang ditawarkan untuk smartwatch juga sangat beragam. Mulai dari yang ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Namun saya agak bingung dengan MiTO S500 karena spesifikasi yang ditawarkan sudah cukup tinggi, dengan fitur yang banyak tetapi harga untuk mendapatkan smartwatch itu sangat murah jika dibandingkan dengan SONY smartwatch MN2 dan Samsung Galaxy Gear V7000.

Intinya sih smartwatch adalah jam tangan, namun dengan fitur yang sangat heboh. Bagi anda yang ingin mempelajari gadget baru ini, tidak ada salahnya untuk memilih yang murah dan simpel saja dulu. Jika sudah mahir, barulah meningkat ke smartwatch yang lebih mahal dan canggih.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template