Wednesday, January 8, 2014

Yuk Kenalan Dengan MapleStory, 2D Fantasy MMORPG Dengan Grafis Lucu Asal Korea Selatan



MapleStory adalah 2D side-scrolling fantasy MMORPG asal Korea Selatan yang dikembangkan oleh Wizet dan telah rilis di berbagai negara oleh penerbit yang berbeda-beda seperti Nexon (Korea Selatan, Jepang, Amerika Utara dan Eropa), Shanda Interactive (China), AsiaSoft (Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam), Gamania (Taiwan dan Hong Kong) dan Level Up! Games (Brazil).

Sayangnya, gamers di luar negara dirilisnya game tersebut tidak akan bisa memainkannya karena pihak terkait selalu memberlakukan IP blok terhadap gamers dari luar, kecuali di Amerika Utara dan Korea Selatan. Khusus untuk MapleStory server Korea Selatan untuk memainkan game ini, gamers harus menggunakan semacam kartu identitas (repot banget). Senangnya, game ini bisa dimainkan secara gratis.



Di Korea Selatan sendiri, MapleStory telah rilis sejak tanggal 29 April 2003, Amerika Utara pada tanggal 11 Mei 2005, Taiwan pada tanggal 1 Juni 2005 dan Eropa pada tanggal 12 April 2007. Apabila melihat dari tahun awal game ini rilis, saya bisa mengatakan bahwa game ini sudah sangat tua dan disaat yang sama juga sangat diminati karena bisa bertahan hingga 10 tahun lebih.

Walaupun tua, MapleStory tetap memberikan pengalaman baru kepada gamers-nya melalu update secara berkala. Update terbarunya di Korea Selatan berjudul You & I, yang menghadirkan karakter baru bernama EunWol. Popularitas game ini di luar negeri bisa disetarakan dengan Ragnarok Online, hanya saja game ini belum ada di Indonesia sehingga keberadaannya kurang dikenal.



Apabila dilihat dari segi grafis, mungkin MapleStory merupakan game yang sangat ketinggalan zaman karena masih menggunakan grafis 2D, side-scrolling pula sehingga gaya permainannya seperti game di mesin arcade tahun 1990an. Namun game ini tetap menjadi MMORPG yang sangat diminati sehingga saya pun tertarik untuk memberikan ulasan terhadap game tersebut.

Satu yang menurut saya menjadi keunggulan MapleStory yaitu penampilan karakter yang super duper menggemaskan. Untuk memainkan game ini selacar langsung, jujur saja saya belum pernah karena seperti yang saya sampaikan di awal artikel, MapleStory memberlakukan IP block. Namun, saya mendapatkan informasi bahwa beberapa teman saya bisa memainan MapleStory server Amerika Utara.

Pada game ini, anda akan berperan sebagai penduduk dunia Maple tanpa ada tujuan khusus untuk menyelesaikan permainan, kecuali untuk bekerja dan memperkuat skill serta status karakter. Peran antagonis di MapleStory adalah the Black Mage, penjahat yang disegel oleh 5 orang pahlawan masa lalu di dunia Maple.

Takut atas kebangkitan the Black Mage kelak, para penjaga Cygnus memutuskan untuk bergabung dengan ksatria Cygnus untuk mencegah the Black Wings untuk membangkitkan penjahat itu. Namun, usaha mereka gagal dan the Black Wings berhasil melepaskan segel the Black Mage sehingga menyebabkan bencana besar yang dikenal dengan Big Bang.

Kisah Bing Bang itu merupakan update besar di MapleStory yang memberikan banyak perubahan terhadap sistem di dalam game-nya seperti leveling, fighting system, maps, item drop, quest, monster, skill dan beberapa lainnya. Mungkin bisa dibilang seperti Renewal di Ragnarok Online.



Ada super banyak kelas di MapleStory yang terbagi dalam beberapa jenis kelompok. Misalnya saja kelompok Explorer yang terdiri dari Warrior, Magician dan seterusnya. Kelompok Cygnus Knight yang terdiri dari Dawn Warrior, Blaze Wizard dan seterusnya. Lalu ada kelompok Heroes, Resistance, Nova, Sengoku dan Zero. Entahlah apabila nanti ada kelompok dan kelas baru lainnya.

Setiap kelas itu juga memiliki perubahan jadi job kedua, ketiga dan seterusnya yang membuat petualangan di MapleStory jadi semakin seru. Perubahan itu juga terbagi atas beberapa bercabang sehingga ada banyak kombinasi job dari setiap kelas.

Level cap (maksimal) yang berjalan di server Korea Selatan sudah mencapai level 250. Ada banyak quest juga yang bisa dijalankan. Selain itu, tantangan akan semakin meningkat apabila anda bertarung bersama teman-teman dalam rangka melawan boss monster di game ini.

Baru-baru ini, ada berita menarik mengenai kemuncula sequel dari MapleStory yang berjudul MapleStory 2. Saat ini sih, baru ada informasi mengenai CG trailer-nay saja. Tentang kejelasan game itu rilis kapan, mungkin saat ini saya hanya bisa mengatakan bahwa tim pengembangannay saja baru dibentuk. Jadi sequel MapleStory itu tidak mungkin rilis dalam waktu dekat. Trailer dari MapleStory 2 bisa anda lihat di bahwa ini.



Menurut informasi yang saya dapatkan, pengembangan MapleStory pertama akan terus berlanjut karena tim yang mengembangkan MapleStory 2 adalah tim yang berbeda.

Dalam versi lain, MapleStory juga hadir di Facebook sebagai aplikasi game sosial dengan judul MapleStory Adventure. Namun, dengan berat hati Nexon telah mengakhiri layanan MapleStory Adventure pada tanggal 31 Juli 2013. Mungkin karena kurang banyak peminatnya, atau gamers lebih suka untuk memainkan game ini dalam bentuk game client. Entahlah.



Saya belum bisa mengulas terlalu banyak mengenai game ini, karena saya tertarik mengenal MapleStory pun baru beberapa hari ini. Jika ada informasi terbaru serta menarik mengenai MapleStory dan MapleStory 2, saya akan memberitahukan update terbarunya pada blog ini.

Apakah anda pernah memainkan game ini? Bagaimana pengalaman anda saat bermain? Seru atau tidak?

2 comments:

  1. sekarangkan udh ada maplestory indonesia yang dirilis sma lyto game

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template