Thursday, January 23, 2014

Korea Selatan Sedang Kembangkan Teknologi 5G, Katanya sih Lebih Cepat 1000 Kali Dibandingkan 4G



Sebenarnya saya sudah mengetahui berita ini pada pagi hari tadi, namun baru sempat menulis di blog saat malah hari. Sebelum berita ini basi maka saya putuskan untuk mengulas berita mengenai Korea Selatan yang katanya sedang dalam pengembangan teknologi 5G, teknologi nirkabel yang lebih cepat 100 hingga 1000 kali dari teknologi 4G. Gambarannya adalah dengan teknologi 4G saja anda bisa mengunduh file sebesar 1GB dalam hitungan menit, dengan 5G tentu saja bisa lebih cepat, mungkin hitungan detik.

Jika mendengar teknologi 4G, saya merasa teknologi itu masih sangat baru di Indonesia. Apalagi 5G, masih belum terbayang seperti apa bentuknya. Nah, teknologi 5G ini direncanakan akan rilis secara komersil mulai tahun 2020 mendatang (super lamaaa, namun waktu selalu berjalan dengan cepat kan). Menurut sumber yang saya baca, saat ini pihak pemerintah Korea Selatan menginvestasikan modal sebesar 1,5 Miliar dolar Amerika untuk pengembangan teknologi 5G tersebut.

Satu hal yang saya ketahui dari seorang teman yang mengetahui cepatnya koneksi internet di Korea Selatan menyatakan bahwa saat ini saja negara tersebut bisa dibilang memegang posisi sebagai negara dengan konektivitas internet tercepat dibandingkan negara-negara lain di dunia, bahkan warga Korea Selatan sendiri bisa menikmati layanan internet super cepat itu tanpa dipungut bayaran sepeserpun. Gokil, saya iri banget.

Dengan teknologi 5G ini, nampaknya Korea Selatan akan semakin jadi monster internet di masa mendatang. Pendapat saya sih untuk perkembangan teknologi internet di Indonesia adalah benahi dulu infrastrukturnya agar merata ke seluruh wilayah sehingga warga Indonesia bisa menikmati layanan internet secara mudah, murah dan tanpa cacat. Percuma koneksi cepat, tetapi putus-putus.

Mungkin ini adalah pertanyaan anda mengenai artikel ini. Apa hubungannya gambar wanita yang adai di cober artikel dengan konten dari artikel? Sesunggunya sih tidak ada, itu saya lakukan agar anda tertaik untuk mampir dan baca artikel penting ini saja, hahah. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mampir. Sampai jumpa pada artikel super penting lainnya.

[Source: ExtremeTech]

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template