Sunday, December 8, 2013

Kesan Pertama Setelah Mencoba NOKIA Lumia 1020, Ponsel Pintar Dengan Kekuatan Kamera 41 MP


NOKIA Lumia 1020 akhirnya masuk juga ke pasar mobile Indonesia. Sebelum smartphone canggih ini masuk ke Indonesia, saya sengaja membeli Lumia 520 untuk belajar mengenai Windows Phone. Saya sudah sangat puas dengan kinerja dari Lumia 520 dan berharap Lumia 1020 mampu memberikan pengalaman menggunakan Windows Phone yang jauh lebih baik.

Saya tertarik dengan Lumia 1020 karena fitur kamera utama berukuran 41 MP, PureView yang dilengkapi dengan Xenon Flash sehingga pada hari Minggu, tanggal 8 Desember 2013 saya berkunjung ke Nokia Professional Center di Pontok Indah Mall 2, Jakarta Selatan untuk mencoba smartphone itu. Dengan perasaan yang berbunga-bunga kerena akan mencoba smartphone impian, saya pun dengan sabar mengantri untuk merasakan fitur dari smartphone yang dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 atau setara dengan Dual-core 1,5 GHz itu.

Dikarenakan Lumia 1020 yang saya ulas, diikat dengan kabel-kabel pengaman, jadi hasil fotonya juga tidak begitu rapih. Hahah!


Tampak belakang

Setelah giliran saya untuk mencoba datang, kesan pertama yang dirasakan ketika memegang kovernya yang terbuat dari Polycarbonate adalah mantap banget, tidak licin dan terkesan premium. Kover Lumia 1020 yang saya coba berwarna hitam, jadi terkesan biasa saja. Padahal saya lebih suka Lumia dengan warna kuning, karena unik dan cerah, seperti NOKIA Lumia 520 yang saya miliki.

Ukuran Lumia 1020 tidak terlalu besar, pas digenggaman. Kecerahan layar dengan teknologi ClearBlack, AMOLED-nya juga bagus dan tajam. Sensitivitas layar pun sangat tinggi. Gerakan yang ditampilkan oleh ikon-ikon pada layar juga halus dan mengalir sehingga anda akan merasakan bahwa smartphone ini memang super keren. Permukaan layar juga halus, jadi sentuhan di layar pun ringan.

Tombol operasi yang ada pada Lumia 1020 tidak ada bedanya seperti Lumia lainnya. Pada bagian kanan smartphone ini ada tombol volume, power dan shortcut kamera. Bagian kiri tidak ada apa-apa. Lalu pada bagian atasnya ada jack headset, speaker dan socket untuk memasukkan micro SIM card. Pada bagian belakang, ada kamera utama dan flash. Pada bagian muka Lumia 1020 terdapat display berukuran 4,5 inchi dan kamera depan berukuran 1,2 MP. Sedangkan pada bagian bawah terdapat socket charger dan microphone.


Tampak atas


Tampak kanan

Sayang banget, smartphone ini tidak mendukung external storage dan baterai kapasitas 2000 mAh pun tidak bisa dilepas. Namun, dengan internal storage berukuran 32 GB, sudah sangat cukup untuk foto dan merekam video dengan resolusi tinggi. Spesifikasi selengkapnya tentang Lumia 1020, bisa anda lihat pada tautan berikut ini.

Keunggulan dari Lumia 1020 ada pada kameranya yang berukuran 41 MP, PureView dengan lensa keren dari Carl Zeiss.APakah kualitas gambar yang dihasilkan oleh smartphone ini super keren? Ternyata tidak juga. Saat saya mengambil gambar melalui kamera Lumia 1020, gambarnya sih jelas, zoom-nya juga besar banget. Namun tetap saja ada noise dan kurang tajam. Saya kurang puas dengan kinerja kamera yang ditampilkan.

Mungkin saja saya yang kurang baik dalam menggunakan kamera pada smartphone ini, jadi hasilnya kurang bagus. Lokasi pengambilan gambar yang saya lakukan dengan menggunakan Lumia 1020 juga hanya di dalam ruangan, belum ke luar ruangan dengan pencahayaan cerah ataupun gelap. Untuk pengetesan yang lebih profesional mungkin tidak bisa saya lakukan karena barangnya terikat di meja dan saya belum mampu beli (masih pikir-pikir dulu), hahah.


Mengambil gambar

Saat saya mencoba merekam video. Yaaah, biasa juga sih. Tidak ada yang spesial dari fitur video Lumia 1020 ini. Hanya saja, mungkin gambarnya memang tajam dan enak dilihat. Walaupun tetap ada sedikit noise yang ikut muncul pada video ketika diputar. Kembali lagi, saya hanya mencoba Lumia 1020 di dalam ruangan, jadi mungkin hasilnya bisa lebih baik jika dilakukan pada lokasi yang bervariasi.

Menurut saya, Lumia 1020 memang bagus. Kualitas kamera yang ditawarkan pada smartphone ini juag bagus dan cukup detail. Namun sayang, tidak bisa menyamai kualitas dari teknologi kamera DSLR zaman sekarang. Bagi anda yang menginginkan kamera yang simpel dan menyatu dengan smartphone, mungkin Lumia 1020 adalah gadget yang terbaik saat ini. Hanya saja, jika anda berfikir untuk menggantikan posisi kamera DSLR dengan Lumia 1020, sebaiknya anda tidak melakukannya.

Lumia 1020 bisa didapatkan dengan harga IDR 7.999.000 per unit.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template