Sunday, December 22, 2013

Mencoba Daya Tarik Fitur Nokia Camera dan Video di Lumia 1020


Beberapa waktu yang lalu saya agak kecewa dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh Nokia Lumia 1020. Mungkin saat itu saya kurang bisa menggunakan fitur yang ada. Saya masih penasaran mengenai kameranya, karena pencitraan ponsel berbasis Windows itu sangat keren sehingga saya putuskan untuk mencobanya kembali di Nokia Professional Center, PIM 2 pada saat weekend.

Sesampainya di lokasi, saya langsung menggenggam ponsel impian itu kemudian langsung mencoba fitur kamera untuk kedua kalinya. Hasilnya masih sama. Poto masih mengalami sedikit blur, noise dan beberapa hal mengecewakan lainnya. Namun saya tanya ke SPG yang sedang jaga "Mbak, fitur kamera yang seperti DSLR itu apa iya namanya?" lalu SPG itu pun mejawab "Itu namanya fitur Nokia Camera." Kemudian dia pun mengajari saya untuk menggunakan fitur itu di Lumia 1020.


Ikon Nokia Camera
Hasilnya? Wow banget. Hasil foto yang dihasilkan ketika menggunakan fitur itu jauh sangat baik. Saya putuskan bahwa percobaan pertama saya itu salah tehnik sehingga hasil foto pun jelek. Waktu dulu itu, saya mengambil foto tanpa menggunakan lampu flash. Saat lampu flash-nya dinyalakan, tidak terlihat latar belakang gelap atau fokus objek yang terang karena pencahayaan lampu flash. Jadi seakan-akan terang alami.

Saya juga mencoba ambil foto dari objek bergerak. Dikarenakan sedang ada di Mall, jadi banyak orang yang lalu lalang sehingga saya ambil saja foto mereka. Hasilnya adalah fokus objek sangat jelas dan jernih, warnanya juga tajam. Walaupun dengan hiasan efek blur yang tercipta dari langkah kaki yang bergerak cepat, namun hal itu membuat hasil foto menjadi lebih dramatis. Percobaan kedua ini membuat putusan saya pada artikel sebelumnya berubah 180 derajat. Lumia 1020 merupakan ponsel yang memiliki kualitas kamera yang sangat memuaskan, serius.

Selanjutnya adalah mencoba fitur video. Pada bagian ini sih rekamannya biasa saja, tidak ada yang spesial dari vitur video-nya selain bisa merekam gambar dengan kualitas high definition. Namun, kecerahan video yang dihasilkan membuat saya merasa puas dengan fitur rekam video-nya. Setelah puas mencoba ponsel keren dari Nokia itu, saya kembali berandai-andai "Kapan yah saya bisa punya Lumia 1020. Harus cari sponsor biar bisa beli."


Demikianlah pengalaman saya setelah mencoba fitur Nokia Camera dan video di Lumia 1020. Sampai jumpa pada ulasan berikutnya. Semoga saja pada artikel berikutnya saya sudah mendapatkan sponsor dari pihak yang peduli, sehingga bisa memberikan ulasan yang lebih detail dan bagus.

Btw foto-foto pada artikel ini saya abadikan dengan kamera ponsel NOKIA Lumia 520 lhooo, keren kan?

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template