Saturday, August 3, 2013

Malangdo Island Quest - Mendapatkan Eclass Coin dengan Mudah dan Murah

Akhirnya update Malangdo tiba juga. Dengan adanya Malangdo ini, semua orang bisa melakukan enchant terhadap senjata level 4 kesayangannya. Namun, dibutuhkan Coin khusus (Malangdo Coin) untuk melakukan enchant tersebut. Anda bisa mendapatkan Coin khusus itu dengan menukarkan Sivervine Fruit yang dibeli dari Item Mall. Namun, bagi and ayang ingin enchant gratis, silahkan ikuti quest pada artikel ini yang berjudul Malangdo Island Quest.

Artikel ini cukup panjang, namun sebenarnya quest ini cukup cepat dan mudah untuk diselesaikan. Walaupun ada bagian yang membutuhkan kesabaran saat mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Tanpa basa-basi lagi, yuk jalankan quest-nya.

1. Agar bisa pergi ke Malangdo Island, anda harus berbicara dengan NPC berbentuk kucing bernama Dolangmal di kota yang telah ditentukan. Gunakan command /where di kolom chatting untuk melihat koordinat karakter anda.

- payon 200, 106
- prontera 114, 77
- geffen 106, 61
- aldebaran 169, 104

Mungkin ada beberapa kota lagi yang ada Dolangmal-nya tetapi saya tidak sertakan semuaya (kenyakan kali), cukup yang di atas sajalah iya. Anda hanya butuh berbicara dengan salah satunya saja, tidak perlu berbicara dengan semuanya. Setelah berbicara dengan Dolangmal, anda akan di-teleport ke Malangdo.


Payon


Prontera


Geffen


Al De Baran

2. Setelah di-teleport ke Malangdo, temuilah Thomas yang terletak di dalam kapal Malangdo. Portal-nya ada di koordinat (malangdo 162, 163). Mungkin agak susah iya untuk menemukan portal masuk ke kapal karena anda harus naik melalui tangga. Susah awalnya saja, kalau sudah tahu, nanti gampang kok.


Setelah masuk ke dalam kapal, anda harus masuk lagi ke portal tengah yang ada di depan anda (mal_in02 53, 59). Di sanalah Thomas berada dan bicaralah dengannya, lalu katakan bahwa anda dikirim oleh kucing lain.



3. Setelah berbicara dengan Thomas, keluarlah dari ruangan tersebut dan pergi ke ruang meeting yang terletak di ujung lorong pada koordinat (mal_in02 138, 59) untuk berbicara dengan President of Meeting (mal_in02 182, 62). Ruangan itu dipenuhi oleh kecoa yang sangat mengganggu, sehingga kita sulit untuk bergerak.


Setelah berbicara dengan President of Meeting (POM), anda juga harus berbicara dengan kucing lainnya yang ada di ruangan tersebut, sesuai dengan arahan POM.

- Pertama sih bicara ke Scottfold
- Lalu bicara dengan POM lagi
- Kemudian bicara dengan Koon
- Trus bicara dengan Linguist Devore
- Lalu bicara dengan POM lagi
- Selanjutnya bicara ke Geologist Mali
- Lalu bicara ke POM lagi
- Terakhir bicara dengan Brie

Bicaralah dengan Brie hingga dia meminta anda untuk menemui ayahnya yang bernama Rican yang tinggal pada sebuah rumah di wilayah barat Malangdo.


4. Pergilah ke sebuah rumah di wilayah barat Malangdo pada koordinat (malangdo 117, 162).


Lalu, masuk lagi ke portal berikutnya dan turun lagi satu lantai. Disanalah Rican berada (mal_in01 114, 168), mojok sendirian. Bicaralah dengan Rican hingga dia meminta anda untuk membawakan 30 Yggdrasil Berry (sebenarnya adalah Fresh Fruit) yang didapatkan dari penggalian tanah (Suspicious Sand Pile) di Malangdo.


Turun dengan tangga sampai 2 kali


5. Selanjutnya adalah tugas yang berat, anda diminta untuk mencari Suspicious Sand Pile (bukan Strange Pile of Sand) yang tersebar di Malangdo untuk mendapatkan Fresh Fruit. Sialnya, anda tidak selalu mendapatkan Fresh Fruit dalam setiap penggalian. Saya saja menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk mengumpulkan 30 Fresh Fruit. Sabar saja deh kalau begitu, memang lama apalagi jika berebut dengan karakter lain.


Kumpulkan Fresh Fruit dari Suspicious Sand Pile

Berikut ini adalah koordinat dari benda itu, jika di gambar atas, koordinat ditandai dengan titik putih di peta.

- malangdo 116, 196
- malangdo 135, 122
- malangdo 141, 120
- malangdo 150, 195
- malangdo 153, 143
- malangdo 191, 223
- malangdo 207, 174
- malangdo 221, 139
- malangdo 242, 175

Klik-lah Suspicious Sand Pile sampai anda berhasil mengumpulkan 30 Fresh Fruit. Tahapan ini nih sangat membosankan, sekaligus bikin gereget. Anda tidak perlu gonta ganti lokasi, cukup stay di satu tempat saja karena spawn dari benda itu cepat. Kalau saya sih menggunakan spot di sekitar koordinat (malangdo 135, 120) karena disana ada 2 spot sekaligus. Namun, apabila anda ingin mendapatkannya lebih cepat, ada baiknya berkeliling ke semua spot Suspicious Sand Pile.


6. Setelah berhasil mengumpulkan 30 Fresh Fruit, anda bisa kembali berbicara dengan Rican. Nanti dia akan meminta anda untuk memasukkan Fresh Fruit itu ke mesin yang terletak di sebelahnya (Dry Machine). Masukkanlah Fresh Fruit yang anda miliki ke dalam Dry Machine.


Setelah memasukkan 30 Fresh Fruit ke Dry Machine, bicaralah kembali dengan Richan. Dia akan meminta anda untuk menemui Brie. Rican juga akan memberikan 20 Eclass Coin sebagai hadiah karena telah membantunya.


7. Pergilah ke ruangan meeting dan bicara dengan Brie (mal_in01 180, 55). Setelah itu, bicara dengan Geologist Mali, dimana dia akan meminta anda untuk membantunya. Geologist Mali akan meminta anda untuk menemui Bob yang ada di ruangan sebelah.


Anehnya, ruangan yang dipenuhi kecoa itu tiba-tiba menjadi bersih ketika saya sampai pada tahap ini. Baguslah, jadi lebih mudah untuk bergerak.

8. Pergilah ke ruangan pada koordinat (mal_01 139, 63) kemudian bicaralah Dengan kucing bernama Bob. Dia akan bercerita tentang retakan yang terjadi di Malangdo, lalu meminta anda utnuk memperbaiki retakan tersebut. Bob akan membekali anda Fixing Kit dan stapler untuk memperbaiki retakan.


9. Carilah retakan (Crack) yang tersebar di Malangdo, kemudian perbaiki dengan menggunakan peralatan yang diberikan oleh Bob. Agar tidak ada yang terlewat, perbaikilah retakan secara berurutan sesuai dengan daftar di bawah ini.

- malangdo 114, 157
- malangdo 134, 150
- malangdo 138, 239
- malangdo 162, 183
- malangdo 173, 199
- malangdo 221, 155
- malangdo 234, 197
- malangdo 239, 157
- malangdo 284, 237

Saat nge-klik retakan tersebut, terdapat kemungkinan anda di-teleport ke Malangdo dungeon. Jadi bersiap dan berhati-hatilah! Saya sih hanya memperbaiki 3 retakan saja, karena seetlah itu muncul pemberitahuan yang mengatakan "saya kekurangan bahan".


10. Jika sudah memperbaiki retakan di Malangdo, kembalilah ke Bob dan laporkan yang terjadi. Bob akan meminta anda untuk menemui Geologist Mali di ruangan meeting.


Setelah berbicara dengan Geologist Mali, anda akan diberikan hadiah berupa 20 Eclass Coin karena sudah membantunya. Lumayan.

11. Selanjutnya adalah berbicara ke Linguist Devore. Dia akan meminta anda untuk meneliti Starfish. Monster itu bisa anda temui di Malangdo dungeon, tempat saya kejeblos itu lhooo.


12. Pergilah ke Malangdo dungeon (malangdo 75, 236) lalu temui karang besar yang letaknya itu di tengah dungeon (bentuk bintang di map). Bicaralah dengan Star Candy dan Biscuit yang berlokasi di sekitar koodinat (mal_dun01 136, 122).


Saat mengajak Star Cindy berbicara, Biscuit (Starfish yang berada di sebelah Star Cindy) akan memotong pembicaraan anda. Dia berbicara dengan sangat lancar, tidak seperti anggapan Linguist Devore, bahwa Starfish tidak bisa berbicara.

13. Kembalilah kepada Linguist Devore dan katakan bahwa Starfish bisa berbicara dengan lancar. Linguist Devore akan meminta anda untuk membawanya ke tempat Biscuit berada, karena dirinya tidak percaya jika tidak melihat sendiri Starfish yang bisa berbicara dengan lancar.

14. Pergilah temui Biscuit, nanti Linguist Devore akan muncul di area itu juga. Sayangnya, Linguist Devore tidak bisa mendengar apa yang dikatakan Biscuit, sedangkan anda mampu berbicara dengannya.


Mengetahui hal tersebut, Linguist Devore mengambil kesimpulan bahwa selama ini terjadi kesalahan dalam penelitian yang dilakukan. Dia pun pergi untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak peneliti dan anda diminta untuk berkomunikasi dengan Biscuit untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

15. Bicaralah dengan Biscuit hingga dia meminta anda untuk mengumpulkan 30 Delicious Jelly yang di-drop dari monster Siorava (mirip seperti Poring) yang ada di dungeon itu juga. Jika dia tidak meminta anda untuk membawakan Delicious Jelly, disconnect (DC) saja dulu atau cari saja 30 Delicious Jelly-nya. Setelah itu baru bicara lagi dengan Biscuit. Waktu yang saya butuhkan untuk mengumpulkan 30 Delicious Jelly adalah sekitar 3 jam, itu pun sambil mungut drop-an dari karakter lain yang tidak mengambil Delicious Jelly-nya.


16. Setelah berhasil memberikan 30 Delicious Jelly kepada Biscuit, dia akan meberi tahu bahwa Star Candy sedang mengalami masalah. Sehingga Biscuit akan meminta anda untuk membawakan Bucket dan Cleaning Brush, yang terdapat di ruang penyimpanan di kapal Malangdo. Pergilah ke dalam kapal, kemudian masuk ke ruangan dengan koordinat (mal_in01 101, 63). Anda bisa bicara dengan Cleaning Staff untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Mintalah beberapa Bucket, kalau saya sih minta 10 Bucket.


17. Setelah mendapatkan barang yang dibutuhkan. Kembalilah ke Biscuit, lalu dia akan memberitahukan anda bahwa ada sumber air bersih di wilayah timur Malangdo. Andalah yang harus membawa mata air untuk membersihkan Star Candy, karena air di dalam Malangdo dungeon kurang baik untuknya.

18. Pergilah ke spot yang bernama 1st Rate Point dengan koordinat (malangdo 240, 184) di wilayah timur Malangdo. Kemudian isi Bucket yang dibawa dengan air.


Kembalilah ke Star Candy dan mulai bersihkan kulit yang terletak di sebelah kanan lokasi Star Candy, kemudian bersihkan lokasi lainnya memutar berlawanan dengan arah jarum jam (Dry Skin -> Prickly Skin -> Chapped Skin -> Hard Skin). Bersihkan hingga muncul pesan "kulitnya mulai lembut".


Pastikan anda tetap memiliki Bucket kosong dan Bucket yang berisi air (All Filled Bucket). Jika tidak punya, maka anda tidak bisa membersihkan Star Candy. Apabila Bucket kosong itu habis, kembalilah ke Cleaning Staff untuk meminta beberapa Bucket yang baru. Anda juga bisa mengisi Bucket kosong dengan air sesuka hati. Namun, beban All Filled Bucket itu cukup berat yaitu sekitar 300 poin.

Catatan:
Bucket, All Filled Bucket dan Cleaning Brush tidak bisa di-drop tetapi bisa kok dijual ke NPC. Tenang saja, jangan parno dulu, akakakak.

20. Setelah semua kulit Star Candy menjadi lembut, bicara kembali dengan Biscuit. Dia akan sangat kagum dengan bantuan yang anda berikan. Sebagai ucapan terima kasih, Biscuit akan memberikan anda 20 Malang Sp Can dan 100 Eclass Coin.


21. Kembalilah ke Linguist Devore dan katakan apa yang sebenarnya terjadi. Dia akan sangat terkejut dan berterima kasih atas informasi yang anda berikan. Sebagai tanda terima kasihnya, anda akan diberikan 30 E class coin. Kemudian Linguist Devore meminta anda untuk menemui Thomas.

22. Pergilah untuk berbicara dengan Thomas. Dia akan memberikan hadiah kepada anda berupa 30 Eclass Coin sebagai tanda terima kasih atas bantuan yang diberikan. Langkah terakhir adalah pergi ke wilayah barat Malangdo untuk berbicara dengan Pipielle.

23. Pergi temui Pipielle (malangdo 137, 199). Anda akan memulai pembicaraan mengenai Thomas. Setelah mengatakan bahwa Thomas adalah orang yang ramah, dia akan memberi anda 200 Eclass Coin secara cuma-cuma.


Tetapi sayangnya, saat ini NPC Pipielle sedang error sehingga tidak ada di lokasi pada koordinat tersebut. Mungkin kita tunggu saja tanggapan dari tim RO untuk segera memperbaiki error tersebut.

-***-

Selesai juga quest pertama di Malangdo. Total Eclass Coin yang didapat dari quest ini adalah 400 Eclass Coin. Dengan menyelesaikan quest ini, anda bisa melanjutkan quest selanjutnya yang berjudul Yggdrasil Berry Gathering, yang mana quest tersebut bisa diulang-ulang setiap 23 jam sekali untuk mendapatkan 20 Eclass Coin.

Sampai jumpa pada quest selanjutnya iya.

Happy RO ^o^

2 comments:

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template