Tuesday, July 9, 2013

Ragnarok Online Cina Beralih dari P2P ke F2P Tanpa Adanya Cash Item, Luar Biasa

Saya mendapat informasi mengenai Ragnarok Online server Cina yang mengubah layanannya dari berbayar (P2P) menjadi gratis (F2P) mulai tanggal 18 Juli 2013 mendatang. Kalau berbah menjadi gratis sih sama saja dengan Ragnarok Online Indonesia server FnC dan Rebirth donk? memang sama, tetapi ada yang beda yaitu Ragnarok Online Cina tidak menghadirkan layanan cash item sama sekali dan semua fitur dibuka. Cash item itu sama seperti item mall.

Dengan keputusan seperti itu dari pihak penerbitnya yaitu Kunlun Games, semua item bisa didapatkan secara normal atau membelinya dengan menggunakan zeny. Mengetahui informasi seperti itu, saya pribadi sih merasa iri juga, karena di Indonesia ini belum ada games onilne yang benar-benar 'gratis'. Mereka bisa ambil untung dari mana iya?


Menanggapi hal tersebut, beberapa analis di Cina mengungkapkan bahwa hal itu dilakukan oleh Kunlun Games untuk meningkatkan jumlah komunitasnya yang pada dasarnya sudah super besar. Padahal sejak game ini diluncurkan di Cina dengan layanan berbayar, Kunlun Games telah meraup keuntungan yang snagat besar dan sepertinya para gamers tidak keberatan untuk melakukan pembayaran untuk memainkan game legendaris ini.


Apakah hal yang dilakukan oleh Ragnarok Online Cina dilakukan juga oleh Ragnarok Online Indonesia? Saya sih penasaran banget dan berharap hal yang serupa bisa terjadi untuk Ragnarok Online di tanah air tercinta ini. Mau sih main di server Cina, tetapi saya tidak ngerti bahasanya #sayangsekali.

Happy RO ^o^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template