Saturday, June 8, 2013

Mengulas Game Buatan Developer Indonesia Dengan Dubbing Memukau, INheritage: Boundary of Existence

INheritage: Boundari of Existence akhirnya rilis juga pada tanggal 23 Mei 2013 yang jatuh pada hari ini. Game yang dikembangkan sekaligus diterbitkan oleh Tinker Games ini bercerita tentang kisah seorang gadis SMA bernama Nala dan sahabat baiknya bernama Alya yang terbunuh sejak 2 tahun yang lalu. Namun Nala bisa tetap hidup karena diselamatkan oleh Rakyan berbentuk harimau putih bernama Reta. Nala membuat perjanjian dengan Reta bahwa dia akan menjadi Arca dan mendapatkan kekuatan super. Saya kurang mengerti apa itu Arca, tetapi mungkin bisa dibilang sebagai mahluk yang dipilih untuk melindungi dunia dari kejahatan. Pokoknya begitu lah.

Dengan kekuatan yang dimilikinya, Nala bertekad untuk melindungi dunia dari serangan para mahluk jahat. Pada INheritage Lite Viersion, gamer hanya bisa bermain hingga stage 1, yang mana boss dari stage itu adalah Pocong. Walaupun tidak begitu menyeramkan seperti pocong yang biasa dilihat di film horor, tetapi serangan yang dilancarkan olehnya cukup membuat saya kesulitan.


Saat bermain, terdapat fitur spesial yang terletak di bagian pojok kanan bawah pada user interface. Fitur tersebut berfungsi untuk memperlambat pergerakan sekaligus menghilangkan semua peluru yang ditembakkan oleh lawan.

Saya akan bercerita mengenai keunikan dari game ini yaitu dubbing berbahasa Indonesia. Suara cewe-cewenya itu lhooo, imut banget. Dalam pembuatan game ini, saya mengetahui informasi dari fan page INheritange bahwa mereka menyeleksi dengan ketat para dubber untuk mengisi suara para karakter di dalam game dan hasilnya bisa anda dengar sendiri. Ekspresi suaranya itu benar-benar mengekspresikan keadaan yang ditunjukkan pada adegan-adegan di dalam game.

Apple Apps: INheritage Lite Version / Full Version

Bagi saya, gameplay INheritage sih biasa saja seperti game shooter lainnya. Namun, cara penyampaian narasi dalam berentuk dubbing dengan suara cewe yang imut khas anak SMA itulah yang menurut saya sangat spesial. Selain suara cewe, penyuaraan dari Rayan juga bagus walaupun kedengarannya masih agak kaku. INheritance adalah game ber-genre side scrolling action shooter yang dikembangkan oleh Tinker Games dan saat ini sudah diterbitkan ke Apple Apps Stores untuk dimainkan ke perangkat iOS.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh INheritage, yaitu:
  • Terdapat 3 tingkat kesulitan: Easy, Normal dan Hard
  • Pergerakan karakternya sangat halus
  • Animasi 2D yang sangat keren
  • Backgroun musihnya juga luar biasa, aksi banget
  • Latar belakang kebudayaan Indonesia

Saya sangat terkesan dengan Tinker Games, karena berani menampilkan dubbing berbahasa Indonesia ke dalam game yang di kembangkannya. Namun, mereka mensiasati agar INheritage tetap bisa diminati oleh seluruh kalangan termasuk penduduk di luar Indonesia dengan memberikan sub-tittle berbahasa Inggris, kreatif banget.

Fan page: INheritage: Boundary of Existence

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template