Wednesday, April 10, 2013

Royal Guard Tipe Support - Build Untuk Defense PVP, WOE dan RIC

Banyak RO Mania yang bertanya kepada saya mengenai Royal Guard tipe support yang cocok untuk defense di PVP dan WOE, bahkan untuk RIC. Sebelumnya, tipe itu sudah saya hilangkan dari blog ini karena memang tidak populer dan kondisi Royal Guard saat itu memiliki serangan yang lebih bagus dibandingkan Rune Knight.

Namun semuanya berubah setelah ada update patch balancing, karena patch tersebut telah mengembalikan jatidiri Royal Guard sebagai tipe bertahan dan Rune Knight kembali menjadi job dengan skill serangan yang lebih kuat.

Yuk kita lihat build Royal Guard tipe support di bawah ini.

#Super Support Tanker
Status Swordman/High Paladin Royal Guard
Str 110
Agi 1
Vit 120
Int 36
Dex 95
Luk 1

Alternative,

Str 70
Agi 100
Vit 120
Int 30
Dex 80
Luk 11
Bash 10
Endure 10
Inc. HP Recovery 10
Magnum Break 4
Provoke 5
Sword Mastery 10
Auto-Guard 5
Cavalier Mastery 5
Defender 5
Faith 10
Gran Cross 4
Holy Cross 6
Reflect Shield 5
Riding Pecopeco 1
Sacrifice 5
Shield Boomerang 3
Shield Charge 3
Spear Mastery 10
Spear Quicken 10

(pinjam 3 skill point dari Royal Guard)
Alliance 1
Bloody Swing 5
Cannon Spear 5
Earth Drive 2
Force of Vanguard 5
Moon Slasher 3
Piety 5
Pinpoint Attack 3
Rage Burst 1
Reflect Damage 5
Shield Press 3
Shield Spell 1
Vanishing Point 7

Sacrifice (skill support utama) adalah skill terpenting untuk tipe ini, fungsinya untuk memindahkan damage yang diterima oleh anggota grup ke Royal Guard. Kemudian, agar damage yang diterima tidak terlalu besar, dibutuhkan juga skill Auto-Guard dan Defender.

Skill yang digunakan dari job Royal Guard adalah Reflect Damage, Piety, Bloody Swing dan Cannon Spear. Reflect Damage digunakan untuk mengembalikan serangan yang diterima ke area sekitar Royal Guard.

Bloody Swing digunakan ketika jarak musuh sudah terlalu dekat dengan grup, karena skill ini memiliki damage terbesar dibandingkan skill serang Royal Guard lainnya.



Piety digunakan untuk mengubah elemen armor anggota grup menjadi elemen Holy. Elemen holy ini sangat unik, karena bisa mengurangi serangan dari elemen air, angin, api, ghost, poison dan tanah sebesar 25%, bahkan menghindari sama sekali serangan dari elemen Holy. Membutuhkan dua Holy Water untuk mengaktifkan skill Piety.

Cannon Spear (skill serang utama) adalah skill serangan Royal Guard yang memiliki jarak serangan terjauh yaitu hingga 11 kotak, selain itu skill ini juga memiliki splash damage dari target yang diserang.

Dalam posisi defense, Royal Guard berada di barisan belakang agar aman dari serangan musuh. Oleh karena itu, kelebihan jarak dari skill Cannon Spear sangat bermanfaat untuk membantu job barisan depan dalam menghadapi musuh. Walaupun damage skill itu tidak terlalu besar, tetapi cukup mengganggu.


Artikel ini merupakan buah pikiran saya setelah melihat pertandingan RIC 2012 lalu di Lytogame Festival, yang mana pertandingan itu berjalan sangat berantakan tetapi seru.

Maklum saja, karena saat itu ada sistem dan job baru (renewal), jadi belum ada yang memiliki strategi yang top markotop, hahah.

Happy RO ^o^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template