Saturday, February 23, 2013

Ragnarok Online Official Fanart Collection Vol.1

Kemarin saya melakukan wawancara ekslusif dengan CEO Lyto, Andi Suryanto. Dalam wawancara itu, saya dan kru KotakGame melakukan konfirmasi mengenai pemberitaan tentang gosip kesepakatan antara Lyto dengan Gravity. Bapak Andi mengatakan bahwa dia terkejut setelang mengetahui gosip tersebut. Padahal dirinya tidak merasa pernah melakukan kesepakatan seperti itu dengan pihak Gravity.

Namun, saya tidak akan membahas wawancara itu disini karena sudah ada media lain yang membahasnya, hahah. Saya akan membahas apa yang telah diberikan oleh Bapak Andi kepada saya yaitu sebuah buku tentang Ragnarok Online (RO) yang mungkin sudah lama banget. Bahkan lebih lama daripada umur RO di Indonesia. BUku itu berjudul Ragnarok Online Official Fanart Collection Vol.1 yang isinya adalah kumpulan dari karya para RO mania dari luar negeri pada tahun 2002.


Judul buku


Edisi pertama tahun 2002

Buku ini memiliki sekitar 181 halaman, belum termasuk sampul dan lainnya. Di dalamnya terdapat banyak banget karya RO mania. Mulai dari yang cupu hingga yang keren. Selain itu, terdapat informasi mengenai pembut karya tersebut seperti nama, email, nomor kontak dan pesan singkat.





Serunya lagi, buku itu diberikan langsung oleh CEO Lyto. Saya juga sempat mengabadikan foto ketika peneyrahan buku itu. Sepertinya seru banget iya, dimulai dari gamers biasa kemudian naik kelas menjadi gamers yang memiliki kemampuan lebih tinggi seperti saat ini.

Saya sih tidak begitu terampil dalam memainkan karakter di game, karena saya memang lebih tertarik dengan interaksi antar karakter seperti chating dan hunt bareng. Hal itu dikarenakan saya kurang neyukai PvP atau pertempuran antara perkumpulan.


Foto bareng

Selain diberikan buku tersebut, Bapak Andi juga dipinjamkan sebuah buku yang menurut saya sangat 'harta karun' yaitu Characters of Ragnarok, Brand Manual Guide 1. Buku itu berisi data lengkap mengenai karakter atau profesi yang terdapat di RO masa lalu. Kalau sekarang sih, bisa dibilang kalau data di buku itu sudah tidak lengkap lagi. Karena tidak ada data mengenai Transcendent Job dan Job 4.


Ingin tau isi dari 'harta karun' tersebut?

Akan dibahas lebih jauh pada artikel selanjutnya, heheh.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template