Sunday, January 6, 2013

Rusaknya Harga Karena RMT Murah

Sudah bertahun-tahun saya main Ragnarok Online Indonesia, tepatnya sekitar tahun 2003. Jaman RO masih menjual voucher game 10 jam seharga Rp.8000 per lembarnya. Saat itu belum ada koin dan Item Mall. Voucher itu hanya berguna untuk mengisi waktu bermain, yang dikenal sebagai pay to play (P2P).

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menjual barang-barang dalam game dengan rupiah yang dikenal dengan real money trading (RMT). Nah, pada saat itu saya sempat membeli zeny ke teman dengan harga Rp.10000 per jutanya. Saat itu, 1juta zeny pun sudah bisa mendapatkan senjata yang sangat bagus.

Cukup tahu saja, Thara Frog dan Raydric Card masih seharga 1,5 juta zeny. Namun sialnya, saya pernah ditipu seorang Merchant saat bertanya harga dari Thara Frog Card. Dia mengatakan, barang berharga sekitar 150000 zeny, untuk kamu saya beli 200000 zeny deh. Karena baru banget main RO, jadi percaya saja dengan ucapannya dan saya jual kepadanya.

Setibanya saya di kota Morrocc (benar-benar pertama kali kesana), saya lihat vendingan, ternyata Thara Frog Card dijual dengan harga 1,5 juta sampai 2 juta zeny. Rasanya kesal banget karena barang sebagus itu saya dijual dengan harga murah. Selain itu, saya juga belum mengerti fungsi dari Card.

Yang Murah yang Menang

Beberapa tahun berlalu, ada situs yang menyediakan layanan untuk melihat barang yang sedang di vending (anda pasti lebih tahu). Keterangan di situs itu sangat lengkap mulai dari koordinat penjual, nick karakter, nama vendingan dan harga barang yang dicari. Saya menyambut baik layanan dari situs tersebut.

Tetapi apa yang terjadi setelah itu? Banyak teman-teman saya yang dagangannya tidak laku karena para perusak harga pasar. Para perusak itu melihat harga di situs terlebih dahulu, kemudia menjualnya di bawah harga yang paling murah. Awalnya saya menyambut baik, secara dengan perbuatan itu saya bisa mendapatkan barang dengan harga murah. Tetapi lama kelamaan apa hasilnya? Dengan barang murah seperti itu, saya juga kalau vending barang serupa, harganya jadi jatuh dan tidak mendapatkan untung yang besar padahal mencari barang dagangan itu susah banget.

Hasilnya, di RO ini saya semakin miskin karena hanya bisa menjual barang murah #hahah. Yang peling mengenaskan adalah dengan adanya situs itu, hanya orang-orang yang jualan dengan harga paling murah yang laku. Harga di game murah, membuat zeny yang dimiliki semua orang semakin banyak. Hal tersebut membuat penumpukan zeny dan efek sampingnya adalah harga zeny di RMT juga semakin murah (kasihan teman-teman yang mencari nafkah dengan cara ini tapi resiko sih kalo cari nafkah dengan RMT, secara itu adalah perbuata ilegal di game official).

'Petani' Zeny

Entah apa yang mereka fikirkan. Disindir sudah, diperingatkan secara langsung juga sudah. Tetapi mereka masih saja nge-bot lebih dari 10 karakter bahkan ada yang mungkin lebih dari 100 (who knows). Hal ini membuat server semakin berat #pasti.

Setelah update job 4 (Renewal), saya merasakah bermain RO sangat ringan setelah maintenance mingguan (hunting di Magma Dungeon). Sayangnya, kenyamanan itu hanya bertahan selama 30 menitan, lalu selebihnya kembali lags.

Rusaknya Harga Zeny di RMT

Kalau anda punya banyak zeny oke laaah, tapi jangan seenaknya menurunkan harga pasar dengan menjual dengan harga murah (di bawah standard). Kalau paling murah 1 juta zeny dihargai IDR 1.000, tetap pertahankan harga itu. Ikutilah harga pasar biar harganya tidak jatuh.

Tetapi sadar atau tidak, perlombaan para penjual zeny ini semakin parah. Yang memiliki lebih banyak zeny berani menjual dengan harga yang lebih murah dari standard. Awalnya turun menjadi IDR 900 per juta zeny, lalu semakin turun dan jeblok hingga mencapai IDR 85 per jutanya. Lalu apa lagi keuntungan yang tersisa dengan menjual zeny seharga itu? Dulu hanya menjual 1 miliar zeny bisa mendapatkan RMT IDR 1.000.000, tetapi sekarang 1 miliar zeny bisa dibarter dengan voucher 65k (miris banget).

Saran saya, karena harga sudah rusak seperti ini, tugas kita adalah untuk mempertahankan harga. Jangan sampai kerja keras yang telah dilakukan untuk mencari zeny sia-sia karena inflasi yang kacau dari para 'petani' tidak bertanggung jawab. Ketidak setabilan harga akan membuat kebutuhan sehari-hari (ransum) menjadi sangat mahal. Bayangkan saja, Yggdrasil Berry yang dulunya 100ribu zeny per buah, sekarang mencapai 2 juta zeny.

Harga Barang di RMT Tetap Stabil

Walaupun harga zeny hancur seperti itu, namun harga barang dan jasa masih stabil. Barang di RO terlihat mahal hanya kalau dijual dengan zeny. Kalau dikembalikan kepada harga RMT sih, sepertinya tidak banyak yang berubah.

Jadi, jika anda masih ingin mencari rupiah dari game ini, sebaiknya beralihlan ke penjualan selain zeny karena masa depan penjualan zeny sangat suram. Apa donk yang bisa dijual? Tetap seperti jaman dulu sih senjata +7, armor +7, Card dan barang-barang langka.

Kenapa perkembangan RMT zeny saya katakan kurang baik? Karena perlombaan harga murah yang dilakukan oleh para 'petani' itu. Kedepannya, mau tidak mau anda harus mencari lebih banyak zeny untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Dengan kata lain, harus lebih banyak lagi karakter yang di-bot. Efek sampingnya adalah membuat server lags.

Harapan saya, bagi para 'petani' seperti ini, jangan berisik server lags deh. Hentikan saja bot anda yang banyak itu, karena hal itu sudah sangat membantu server menjadi lebih ringan. Kalau tidak bisa mematikan semua, setidaknya jangan lebih dari 5, kasian teman-teman yang ingin have fun sering terganggu oleh banyaknya bot.

Inti artikel ini adalah jagalah harga terbaik saat ini, jangan biarkan turun karena menjual di bawah harga standard. Berjualanlah dengan harga wajar. Keuntungannya bukan untuk saya kok, secara saya tidak pernah (tidak mau juga) jualan barang game dengan RMT, kalau beli sih pernah.

Stabilkan Harga Koin

Satu lagi jasa yang sangat bagus untuk teman-teman yang banyak zeny tetapi malas untuk membeli voucher. Jangan mentang-mentang zeny-nya banyak lalu Megaphone untuk membeli jasa koin dengan harga mahal. Karea hal itu akan membuat harga koin in zeny semakin tidak stabil. Kasian teman-teman yang memiliki zeny sedikit. Zeny mereka jadi semakin tidak berharga karena inflasi besar-besaran setelah bot tidak lagi menggunakan kode togel.

Kembali lagi kepada diri anda, ini adalah ajakan (bukan paksaan) yang kebaikannya untuk kita semua. Menjaga harga tetap setabil akan membuat proses jual beli menjadi semakin menguntungkan.

Anda pasti tahu hukum permintaan pasar "Ketika permintaan banyak dan stok sedikit maka harga akan naik, sedangkan ketika permintaan sedikit dan stoknya banyak maka harga akan turun". Kita bisa menyelesaikan inflasi zeny ini dengan cara mengurangi jumlah bot 'petani' sekarang juga.

Artikel ini tidak akan mengubah apapun. Siapa saya gitu lhooo. Tetapi saya harap kepada sebagian teman-teman yang perduli, ada baiknya jangan terlalu serakah untuk menguasai server dan mencari uang di dunia game ini.

Zeny kan tidak hanya didapatkan dari nge-bot, masih banyak cara untuk mendapatkannya. Yang jelas, semakin banyak bot yang anda gunakan, maka semakin banyak sumbangan anda untuk membuat server lags.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template