Tuesday, January 22, 2013

Hidup Baru di Ragnarok Online International, iRO

Hari ini saya telam memulai hidup dari di Ragnarok Online International (iRO). Rasanya itu, penuh dengan tantangan dan kenangan masa lalu saat mulai pertama kali bermain RO. Yah, mungkin inilah salah satu takdir yang harus saya jalani untuk mendapatkan kembali feeling untuk bermain RO.

Petrama-tama yang saya lakukan adalah download dan install client dari situs resminya, setelah itu register. Kegiatan biasa yang dilakukan sebelum bermain game online lah iya.

Setelah semua kegiatan diatas selesai dilakukan, saya langsung menyalakan launcher dengan menunggu auto-patch yang cukup lama. Kemudian saya login ke dalam game setelah jendela login muncul.

01 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Login

Setelah login, akan muncul pilihan server. Chaos adalah server normal, sedangkan Loki adalah server kelasik. Saya memilih Chaos donk iya supaya update dengan patch terbaru iRO.

02 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Server dan jumlah pemain saat itu

Setelah memilih server, tahap selanjutnya adalah membuat karakter baru. Saya sih samakan saja dengan karakter di idRO. Persis seperti nick Bunga Teratai di FnC. Lalu, status awal sih rata-rata saja yaitu STR 9, AGI 9, VIT 5, DEX 5, INT 1 dan LUK 1.

03 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Buat karakter baru

Membuat karkater sudah selesai, saatnya untuk masuk ke Training Ground. Namun, anggapan saya mengenai iRO yang damain dan tanpa bot agak bergeser setelah melihat keadaan yang sesungguhnya. Tetapi iya sudahlah, just enjoy the show.

04 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Ada bot iklan

Sedikit kecewa namun, mudah untuk dilupakan. Saya lanjut ke tahap selanjutnya yaitu memasuki kastil untuk berlatih. Lalu, di dalam kastil itu saya bicara kepada Sprakki untuk diantarkan ke ruang pelatihan.

05 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Sprakki

Di dalam ruang latihan, ada sesosok Knight yang terlihat sangat tegas. Dialah Brade, seseorang yang mengajarkan tentang dasar-dasar bermain iRO.

06 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Brade

Setelah berbicara dengan Brade, dia akan memberikan anda satu set equipment yang hanya bisa digunakan oleh Novice. Kemudian dia juga akan meminta anda menemui seseorang yang berada di arah jam 2 dari posisi Brade (saya lupa namanya, hahah) untuk mempelajari skill First Aid.

Setelah itu, bicaralah lagi dengan Brade. Lalu, dia akan meyuruh anda untuk melalui latihan tahap selanjutnya di ruangan pada arah jam 9 dari poisisi Brade berada.

07 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Gadis kecil

Awalnya, bicaralah dengan gadis kecil. Nandi dia akan meminta anda untuk belajar dari beberapa NPC yang berada di dekatnya. Mulailah dari wanita di sebelah kiri, lalu pria yang berada di tengah, hingga prajurit yang berada di sebelah kanan. Setelah selesai semua, bicaralah lagi kepada gadis kecil itu. Nanti dia akan memberikan anda sebuah hadiah.

Lalu, dia pun akan memindahkan anda ke tempat selanjutnya. Disanalah anda bisa meningkatkan kemampuan karakter dengan melawan monster-monster. Bicaralah dengan para pelatih disana. Kalau saya sih, ingin berubah menjadi Swordman, jadi saya hanya bicara dengan Swordman Guide saja.

08 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Swordman guide

Monster-monster yang disediakan disini cukup mudah untuk dikalahkan. Mereka adalah Picky, Willow, Lunatic, Poring, Spore, Rocker, Roda Frog, Chon Chon dan Poring. Namun, pembagian lokasi monster itu dibedakan berdasarkan level map (terdapat 5 level map pada bagian ini). Jadi yang gampang dengan yang gampang dan yang susah dengan yang susah.

09 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Melawan Picky

Jika sudah mencapai job level 10 dan base level dikira sudah cukup, bicaralah kepada salah satu pelatih untuk berubah job. Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, saya ingin berubah menjadi Swordman, jadi harus bicara dengan Swordman guide. Kemudian pilih "Job change to Swordman" setelah itu pilih "I'll go to Swordman Guild".

12 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Job change to Swordman

13 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
I'll go to Swordman Guild

Setelah itu, anda bisa pergi ke Swordman guild dengan dengan bantuan dari Eden Group Officer. Lalu pilih "Izlude - Swordman".

15 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Eden Group Officer

16 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Izlude - Swordman

Sesampainya di Swordman guild, anda bisa langsung berbicara dengan Swordman untuk mengikuti quest berubah job.

17 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman

Cukup pilih "I want to be a Swordman" setelah itu pilihan terakhinya adalah "Yes, I do" maka anda akan berubah menjadi Swordman yang gagah berani.

18 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Swordman

19 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
I want to be a Swordman

20 - Ragnarok Online International - Master Fakry - Swordman
Yes, I do

Cukup segitu dulu deh petualangan saya di dunia yang sudah sangat saya kenal, namun sesungguhnya baru ini. Susah juga iya kalau main RO dari awal banget, tidak memiliki perlengkapan dan modal yang cukup. Bahkan, untuk membeli Red Potion pun rasanya cukup sulit, hahah.

Situs resmi: http://www.playragnarok.com
Fan page resmi: https://www.facebook.com/playragnarok

Yuk ikutan main di iRO bersama saya, kita cari pengalaman dan tema baru disana, heheh.

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template