Tuesday, October 15, 2013

Mengulas Tentang Efek Skill Shield Spell, Royal Guard, Ragnarok Online Indonesia

Salah satu skill ekslusif Shield yang dimiliki oleh Royal Guard (RG). Kegunaanya bisa bermacam2 yaitu dari meningkatkan ATK, Defense, pengembalian Damage, serangan area, memberikan efek negatif, Heal kepada diri sendiri dan menghancurkan Armor musuh.

Salah satu skill penting yang harus diambil oleh semua RG karena setiap level memiliki efek serta keunikan tersendiri dan yang terbaik adalah level 1.

Skill Pre-Requirement
Shield Press level 3, Earth Drive level 2.


Kenapa untuk skill ini level 1 saja sudah cukup? Karena untuk level 2 dan 3 itu efeknya tidak begitu bagus. Alasanya akan saya berikan pada akhir artikel ini tetapi sebelumnya ijinkan saya untuk menjelaskan efek apa saja yang diberikan pada setiap levelnya.

Buff yang diberikan oleh Shield Spell tidak bisa digabungkan dengan efek Shield Spell lainya. Jika anda mendapatkan efek Buff yang berbeda ketika menggunakanya lagi, maka Buff sebelumnya akan dibatalkan dan diganti dengan yang baru dan efek yang didapatkan selalu Random (acak) tetapi bisa ketahui dari durasinya.

LevelEfek Buff Berdasarkan ShieldSP
1Memanggil kekuatan berdasarkan defense Shield50
2Memanggil kekuatan berdasarkan MDEF Shield50
3Memanggil kekuatan berdasarkan upgrade Shield50

Setiap level memiliki 3 jenis Buff yang akan diberikan secara random jadi anda tidak akan tahu akan mendapatkan yang mana tetapi jangan khawatir karena anda bisa mengetahui mendapatkan Buff apa dengan cara melihat durasi dari Buff tersebut. Tetapi ada efek yang bukan Buff seperti Heal dan serangan area fisik atau magic.

Level 1
Defense yang dihitung adalah yang dibawa dari Shield, jadi tidak termasuk Upgrade yang sudah diberikan.
  1. Meningkatkan ATK (durasi = Defense*3 detik).
  2. Meningkatkan pengembalian Damage (Defense/2)%, hanya untuk serangan Melee dan bisa digunakan bersama dengan Reflect Shield atau Reflect Damage pilih salah satu (durasi = Defense shield).
  3. Serangan area fisik dan memukul mundurnya.

Level 2
Jika Shield anda tidak memiliki MDEF, maka tidak akan memberikan efek apapun.
  1. Efek skill Magnificat kepada diri sendiri (durasi = MDEF*30 detik).
  2. Serangan area Magic.
  3. Memberikan area Silence.

Level 3
Efek menghancurkan Armor tidak akan bekerja ketika musuh menggunakan Armor yang tidak bisa dihancurkan atau dalam Buff skill equip series Protection (Alchemist class).
  1. Meningkatkan Defense karakter (defense = 10*Upgrade dan durasi = Upgrade*20 detik).
  2. Meningkatkan ketahana terhadap status negatif ((Upgrade*2) + (LUK / 10 %)) dengan durasi (Upgrade*30 detik).
  3. Efek skill Heal kepada diri sendiri (11+Upgrade)% dari MaxHP karekter.

Dari penejlasan skill diatas, kesimpulanya adalah level terbaik adalah level 1. Mungkin level 3 terlihat sangat hebat karena ada salah satu kemungkinan untuk mendapatkan efek menghancurkan Armor 100% ketika menyerang tetapi banyak karakter diluar sana yang menggunakan Valkirian Armor dan Full Chemical Protection ketika beraksi dalam WOE atau PVP jadi efek terhebal dari Shield Spell level 3 tidak bisa berjalan dengan baik.

bagaimana dengan level 2? Apalagi level 2, hampir tidak ada Shield yang memiliki MDEF tinggi kecuali Herald of God (Shield cadangan ketika Shield utama hancur) dan efek Buff pun tidak terlalu bagus.

Kesimpulan
  • Anda harus menggunakan Shield ketika menggunakan skill ini.
  • Cast Time 1 detik, Delay 1 detik, Cooldown 2 detik.
  • Buff skill tidak akan dibatalkan ketika Shield lepas, hancur atau diganti.
  • Hanya ada 1 efek Buff yang bisa aktif jadi tidak bisa digabungkan dengan efek Shield Spell lainya.
  • Ketika anda menggunakan Shield Spell level 2, sedangkan Shield tidak memiliki MDEF maka tidak akan memberikan efek Buff apapun.
  • Buff skill bisa dibatalkan oleh skill Dispell (Professor), Battle Chant (Paladin), Inspiration (RG) dan Hermode's Rod (Clown).

Tips dan Trik
Shield terbaik untuk Shield Spell level 1 adalah Rosa Shield karena memiliki Defense tertinggi, ringan dan Item Mall. Berdasarkan kesimpulan pada poin ke 3, maka Buff tidak akan hilang ketika Shield dilepas. Ketika Cast skill ini, gantilah shield anda dengan Rosa Shield, setelah mendapatkan Buff yang diinginkan maka gantilah kembali dengan Shield yang sebenarnya.

Jika anda tidak mengambil skill Inspiration, saran saya tidak perlu mengambil hingga level 3 karena sayang poin skill, level 1 saja sudah cukup karena ATK atau pengembalian Damage lebih berguna diabndingkan efek Shield Spell lainya tetapi jika anda ingin mengambil lebih silahkan saja tidak masalah. Saya hanya memberi saran berdasarkan pengamatan di game yaitu level yang paling sering digunakan dan menguntungkan adalah level 1.

Happy RO ^o^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template