Sunday, December 23, 2012

Skill Reflect Damage, Royal Guard

Siapa yang tidak kenal dengan skill Reflect yang satu ini, skill yang sangat merepotkan bagi siapapun yang melawan Royal Guard (RG). Reflect Damage mampu mengembalikan damage pada area 7x7 di sekitar karakter.

Skill Pre-Requirement
Reflest Shield level 5.


Silahkan lihat gambar screenshot di bawah ini untuk memperjelas kehebatan dari skill Reflect Damage. 1 monster yang menyerang, beberapa persen Damage yang diterima akan dikembalikan kepada semua musuh di sekitar karakter. Hasilnya adalah tanpa membuang2 waktu dan HP, dengan sendirinya musuh tersebut akan kalah secara sendirinya.

Reflect Damage

Keterangan skill dapat dilihat pada tabel dibawah ini, untuk memperjelas perbedaan skill pada setiap levelnya. Tidak seperti Reflect Shield yang selalu berhasil mengembalikan damage yang diterima, tetapi skill ini memiliki kemungkinan mengembalikan damage akan sangat besar pada lv.5 yaitu sebesar 80%.

LevelReflectKemungkinanBatas Hit*SPSP / 10 detik
120%40%10x6030
225%50%20x8040
330%60%30x10050
435%70%40x12060
540%80%50x14070
* Batas hit adalah banyaknya kemungkinan Reflect yang berhasil, pada Lv.5 jumlahnya adalah 50, berarti setelah 50x mengembalikan damage ke musuh... skill ini akan berakhir.

Kesimpulan
  • Tidak bisa digunakan bersama dengan skill Reflect Shield.

  • SP Drain setiap 10 detik.

  • Mengembalikan redirect Damage pada area 7x7 disekitar karakter (Shadow Form, Sacrifice/Devotion).

  • Hanya mengembalikan serangan Melee.

  • Damage dari Reflect tidak dapat dihindari dengan cara apapun.

  • Reflect Damage tidak dapat mengembalikan Damage yang dihasilkan dari skill Reflect Damage dan Reflect Shield.

  • Skill ini akan berhenti ketika SP karakter habis, mencapai batas hit, Shield terlepas atau hancur, dan mengaktifkan skill ketika efeknya sedang aktif.

  • Skill Dispel tidak mempengaruhi Reflect Damage.

  • Damage yang bisa dikembalikan adalah (MaxHP)*Base Level/100, yang artinya jika MaxHP karakter 50000 maka maksimal Damage yang bisa dikembalikan adalah 75000/hit ke semua arah pada area skill. Dengan kata lain, semakin tinggi MaxHP dan level anda maka semakin tinggi juga maksimal Damage yang bisa dikembalikan.

  • Pada server iRO, skill ini tidak bisa digunakan pada area Instance (ketika mati, tidak mengurangi EXP), termasuk Endless Tower dan Nidhoggur's Nest. Semoga di IdRO tidak akan pernah seperti itu.

Tips dan Trik
Ada cara untuk penggunaan skill ini dan cara tersebut membutuhkan senjata yang unik dan bantuan job lain yaitu Walgwanggum (Moonlight Dagger), Neo Combat Knife (1000 Koin di Rental Item) atau Tjungkuletti dan skill Kaahi dari Soul Linker (menikahi Soul Linker lebih baik untuk RG).

Kenapa harus salah satu dari senjata diatas karena penggunaan skill Kaahi adalah mengubah SP menjadi HP ketika menerima serangan dari musuh, sedangkan Reflect Damage akan mengembalikan Damage yang diterima kepada semua musuh di sekitar karakter, dengan senjata tersebut setiap pengembalian Damage akan memberikan 3 SP, oleh karena itu semakin banyak MOB maka cara ini semakin efektif.

Mungkin jika anda memiliki koin lebih, bisa gunakan Armor dari Rental Item yang bernama Neo Recuperative Armor karena memiliki efek yang cukup bagus yaitu mendapatkan 60 HP dan 6 SP ketika menyerang musuh dengan menggunakan serangan fisik jarak dekat atau serangan magic, HP dan SP tidak dapat beregenerasi secara otomatis, ketika dilepas akan mengurangi SP 100.

Untuk lebih jelas mengenai cara ini, silahkan anda lihat video yang telah repot2 dibuat oleh teman kita Nugroho Adi, Facebook.


* Video sebelum update skill balancing

Semoga dengan adanya demonstrasi dari video diatas, memperjelas kelebihan dari skill Reflect Damage ini. Jika ada yang ditanyakan atau ingin menyampaikan pendapatnya, silahkan tinggalkan pesan pada komentar di Blog ini atau layangkan pertanyaan anda pada Facebook Fans Page yang sudah disediakan.

Mengetahui Durasi Skill
Reflect Damage adalah skill Buff yang tidak memiliki ikon skill jadi anda tidak tahu jika durasinya sudah habis. Salah satu cara untuk mengetahui durasinya adalah, gunakan skill (indikator) Buff yang memiliki durasi yang sama sebelum menggunakan skill seperti Spear Quicken atau Auto Guard. Ketika skill indikator itu habis berarti Reflect Damage akan segera habis juga, jadi anda bisa bersiap2 untuk Buff ulang skill Reflect Damage.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template