Wednesday, July 31, 2013

Sejarah Server Ragnarok Online Indonesia

Tidak terasa IdRO sudah menemani kita selama bertahun-tahun. Untuk RO Mania lama, mungkin sudah tidak aneh dengan nama-nama server terdahulu, tetapi untuk yang baru, apakah mereka sudah mengetahuinya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai server apa saja yang pernah eksis di IdRO. Walaupun sepertinya useless, tetapi informasi ini bisa dijadikan nostalgia untuk mengingat masa-masa indah untuk RO Mania terdahulu, dan menjadi wawasan baru untuk RO Mania yang baru bergabung.

Nostalgia Dimulai

Pada masa2 bersinarnya, Ragnarok Online Indonesia adalah game berbayar (pay to play). Jadi untuk anda yang ingin main game ini, harus mengisi voucher terlebih dahulu. Nominalnya mulai dari Rp.8000 hingga yang paling mahal Rp.65000. Saat itu belum ada yang namanya koin, dan program ilegal pun tidak gila2an seperti saat ini.
  • Chaos
    Ini adalah server pertama IdRO dan berbayar. Jumlah pemain pada server ini sangat banyak, diketahui dari mengetikan kode /who pada kolom chatting (sekarang sudah tidak bisa). Kota Morrocc, sangat semerawut dengan para pedagang baik itu Vendingan Merchant dan job-job lain yang membuka pub atau belanja kebutuhan sehari2.

    Pokoknya mencari apapun pasti ada yang jual disini, buka pub pasti ada yang mampir, walaupun salah cuma klik atau iseng. Saya bermain di server ini tidak lama, mungkin hanya 1 bulan, setelah itu pindah ke Loki.

  • Loki
    Ini juga server awal di IdRO dan berbayar, tetapi pemainnya tidak sebanyak di Chaos, hanya saja situasi di server ini lebih kondusif, aman dan sejahtera. Disiniah saya mengenal RO lebih dalam, tetapi belum begitu bersinar, sangat payah karena tidak ada modal dan teman untuk main bersama.

  • Sakray
    Ini adalah server untuk mengetest keadaan IdRO sebelum patch sesungguhnya di server utama (Chaos dan Loki), dan EXP di server ini selalu 2 kali lebih besar. Sehingga ada sebagian RO Mania yang memilih untuk bermain di server ini dengan serius, padahal sudah ada pemberitahuan bahwa server Sakray difungsikan untuk test, jadi jika diadakan penghapusan server, mereka tidak boleh protes.

    Benar saja, beberapa tahun yang lalu server ini dihilangkan dari IdRO, tidak ada penggantian atas kerugian yang dialami RO Mania. Iya jelas, secara sudah ada pemberitahuannya, sehingga mereka tidak boleh protes jika server tersebut diperlakukan sebagai anak tiri.

    Walaupun seperti itu, RO Mania jebolan dari server ini sangat hebat2 sekali (berskill).

  • Iris
    Semakin membludaknya antusias RO Mania terhadap game ini, maka diputuskan untuk membuat server baru, maka muncullah Iris. Tetapi server ini tidak se populer Chaos dan Loki, sehingga situasi disana sangat sepi, seperti kuburan. Tetapi yang namanya sudah terbangun komunitas, RO Mania yang betah tetap bertahan dan membentuk komunitasnya sendiri.

  • Fenrir
    Aneh juga, melihat server Iris yang begitu sepi pihak IdRO berencana untuk menambah 1 server baru untuk mengatasi pemain yang bermain di 3 server utama tersebut. Lalu muncullah server Fenrir, anehnya, di server ini antusias RO Mania berbeda dengan Iris. Di server baru, pemainnya bertambah banyak, jumlahnya hampir menyamai Loki (Chaos tetap yang paling ramai).

    Jadi, di IdRO itu pernah ada 5 server sekaligus yaitu 4 server utama (Chaos, Loki, Iris, Fenrir) dan 1 server test (Sakray).

  • Freya
    Masih server berbayar. Saatnya penggabungan server, karena dirasa mengurusi 4 server utama terlalu banyak (menurut saya), sehingga diadakanlah penggabungan server. Tentu saja yang digabungkan adalah yang sepi (untuk menjaga stabilitas, biar tetap rata) yaitu iris dan Fenrir lalu terbentuklah server baru yang bernama Freya.

    Gabungan dari server Iris dan Fenrir.

  • Free Thor
    Akhirnya pada tanggal 31 Juli 2013, server THOR yang pada dasarnya pay to play (P2P) berubah mejadi free to play (F2P). Dengan terjadinya hal tersebut, maka berakhirlah masa-masa server berbayar di Ragnarok Online Indonesia. Namun, desar desus miring mengenai perubahan tersebut terus bergulir antara lain setelah menjadi gratis, maka semau server akan digabung menjadi satu. Tetapi gamers tidak usah khawatir, karena itu hanyalah gosip belaka.

  • Fun And Chat
    Pada tanggal 22 Agustus 2007, era baru dalam bermain Ragnarok Online Indonesia berubah. Pencitraan yang selama ini membayar untuk bermain, sudah hilang. Banyak RO Mania yang pensi, kembali bermain di server gratis ini, termasuk saya. Dengan tag line "NO BOT ALLOWED" membuat antusiasme RO Mania menjadi berapi2.

    Fun and Chat (FnC) mulai sangat populer. Di server ini, EXP yag didapatkan oleh pemain ketika mengalahkan monster adalah 2 kali lebih besar dibandingkan server THOR, tetapi Drop Rate hanya 50% dari normal (susah nyari barang). batas penempaan tanpa Item Mall adalah 0, jadi +1 pun bisa pecah.

    Hanya saja, penggunaan Item Mall belum begitu populer. Disinilah masa2 bersinar saya di IdRO, ketika belum banyak yang menggunakan equip Item Mall, saya sudah menggunakannya walaupun equipnya masih rata +4, yang +7 hanya senjata (+7 Double Bloody Bonned Saber). Tetapi sudah sangat cukup untuk balapan naik level dengan teman2 baru.

    Yang sedih adalah yang tidak menggunakan Item Mall, karena ada kesempatan untuk menjatuhkan equip ketika terbunuh oleh monster di luar kota (zona aman). Ditambah lagi pinalti EXP yang berkurang sebanyak 5% ketika karakter terbunuh, membuat antusiasme RO mania berkurang, dan yang bermental lemah memutuskan untuk pensi.

    Merusuh di ruang PVP pun masih gampang karena yang lain equipnya masih NPC alis polos. Jadi untuk menguasai permainan sangat mudah, tetapi situasi seperti itu tidak bertahan lama, informasi yang beredar sangat cepat, dan RO Mania sudah tahu kegunaan dari Item Mall, sehingga semua orang sudah mengunakannya. Lalu sinar saya pun mulai meredup karena tetap bertahan dengan equip rata +4 dan senjata +7, alu lama2 menghilang tak dikenal lagi.

    Server ini menjadi tuan rumah saat penggabungan sever Legend dan Heroes pada tanggal 17 Februari 2010.

  • Heroes
    Belum puas dengan Legend, ditambah lagi server baru yaitu Heroes. Haya saja popularitasnya tidak begitu bersinar, sehingga server ini pun senasib dengan pendahulunya Iris. Peraturan di server ini juga sama seperti FnC.

    Server ini hadir pada tanggal 26 Agustus 2008. Eksistensi server ini berakhir setelah digabungkan dan menjadi server FnC pada tanggal 17 Februari 2010.

  • Legend
    Kesuksesan server gratis FnC, maka dibuatlah server tambahan. Legend, server gratis kedua untuk mengatasi antusiasme RO Mania yang mencoba kembali ke IdRO setelah mengetahui bahwa saat itu bermain sudah tidak menggunakan voucher.

    Eksistensi server ini berakhir setelah digabungkan dan menjadi server FnC pada tanggal 17 Februari 2010.

  • Server PVP
    Satu2nya server yang sangat rusuh, karena selain di dalam kota, anda bisa membunuh karakter lain dengan serangan dan skill yang dimiliki (kecuali Grup dan anggota Guild). kekejaman dunia dimulai ketika karakter mencapai level 50, karena jika dibawah level tersebut, anda tidak masuk dalam mode PK (player kill) sehingga karakter belum bisa melakukan pertarungan antara pemain di luar zona aman.

    Server PVP mulai dapat dimainkan pada hari Rabu, 24 Oktober 2007 pukul 12.00 WIB. Eksistensi server ini berakhir pada tanggal 15 Juli 2009 karena server PVP digabungkan dengan server Legend.

  • THOR
    Satu2nya server berbayar hingga saat ini. Pada tanggal 09 Oktober 2007, diadakan maintenance server untuk penggabungan server Chaos, Loki, Freya untuk dijadikan satu menjadi server THOR (hurufnya harus besar semua). Inilah penggabungan besar2an yang terjadi untuk server berbayar.

    Server ini dibuat untuk menyambut hadirnya server gratis (free to play) di IdRO. Dimulainya masa keemasan Item mall di game RO. Gabungan dari server Chaos, Loki dan Freya. Pada tanggal 31 Juli 2013, bermain di server ini akhirnya menjadi gratis. Tidak ada lagi server berbayar di Ragnarok Online Indonesia.

  • Rebirth
    Server alternafit selain FnC untuk bermain RO, hingga saat ini.

  • Server RIC
    Dibuat untuk keperluan event Ragnarok Indonesia Championship. Bukan server untuk bermain seperti biasa, karena dibuat hanya untuk keperluan event, lalu itu dihilangkan setelah event selesai.

Saya hanya nostalgia dengan IdRO masa lalu yang sangat menyenangkan, walaupun sekarang juga sangat menyenangkan. Semoga informasi dari saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Catatan:
Jika anda kesalahan dalam materi artkel ini, silahkan tinggalkan komentar anda, agar informasi yang ditulis pada artikel ini menjadi lebih sah.


Sebagian besar isi artikel ini saya rangkum dari pengalaman pribadi dan informasi yang tertulis pada website resmi IdRO.

Happy RO ^^

15 comments:

  1. setuju kk...cerita sgt menarik.sy msh mengalami awal2 ketika jd aco sp regen lambat dan bayar kalo minta heal...maen bareng temen2...wuah,..indah sekali...^^"

    ReplyDelete
  2. Bantu donk, nyari orang hehehe kali aja msh ada yg inget ato kenal langsung. Maen diserver chaos, nama charnya Zenith nama asli Andy. Thx a lot ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sulit sekali itu. apalagi dari chaos...

      Delete
  3. Walah udah ketik komen panjang lebar, ternyata belum login google.
    Hilang dah cerita saya di RO dulu.
    Intinya saya mengalami keseruan RO dari server Iris > Fenrir > Freya > Thor.
    Semua itu adalah pengalaman tak terlupakan dan takkan bisa terulang lagi ^^

    ReplyDelete
  4. Btw, ngomong2 soal cari orang, dulu saya pernah pacaran dengan seorang hode selama 3 bulan di RO.
    Tapi hode nya ga nipu zeny, item, dan sebagainya. Untung aja saya ga diplorotin waktu itu. hehehe.. Pernah saya belikan voucher Lyto, tapi ga lama diganti ama dia.
    Waktu itu nicknya klo ga salah +Anita+ dengan nama samaran Anastasia Herlianawati. Ujug2 dia minta putusan lalu hari itu juga ada orang yang mengaku temennya ngemail saya, ngasih tau klo Anita itu aslinya cowok.
    Jadi, cuma penasaran aja siapa si Anita ini sebenernya? Hahaaa..
    Apakah dia hode atau cewek asli. Masih rahasia alam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hode zaman itu emang imba iya, bisa kaya dengan cara menyamar, hahah...

      Delete
    2. +Anita+ Priest ya job nya ? suka nangkring di Pyramid dan apaan tuh yang mau ke clock tower

      Delete
  5. Pertama main pas kelas 3sd cuma ada server fun & chat blom ngerti apa" .. masa kenangan yang paling indah dan yang paling menyenangkan adlah saat bertemu dengan para user yang lain saling kenalan bgni bgtu minta gb. Minta zeny . Hode juga ada .
    Tukang nipu juga.. susah banget ngelupainnya sampe sekarang ga kerasa udah kelas 1SMK ..
    Pengen rasanya seperti dulu,, tpi yasudah.. waktu tidak dapat bisa diubah...
    Good bye my friend

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenangan di Ragnarok Online abadi banget iya...

      Delete
  6. bantu donk nyari org juga di server iris dulu nicknya Laurine sapa tau ada yg kenal hehe

    ReplyDelete
  7. Yaallaaah :(, masih inget pake acolyte senjata mace, nyerang Creamy malah mokat .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget zaman main RO dulu memang seru ya :D

      Delete
  8. Apakah masih ada pemain Loki yang nongol?
    Guild Army, Guild Saint..

    Hellowww.... christian-x ini....

    Kalo ada dan (apalagi) main kembali, gw nongkrongnya di server midgard, prontera bawah deket NPC kucing Malangdo

    mari reunian....

    ReplyDelete
  9. Pensiun 2014.. server fun and chat, mendadak kangen sama IDRO,.. tp apalah hahaha akun id ama passwrd dah lupa semua hiks.. semua char level 150, kecuali job kage magig / fisik, baru buat soale...

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template