Friday, December 21, 2012

Rune Knight Change Job Quest

Tibalah saatnya untuk meneruskan takdir sebagai pejuang selanjutnya yaitu Rune Knight (RK). Untuk menjadi RK, anda harus melalui ujianya terlebih dulu yang akan dijelaskan secara tuntas pada artikel ini, tentu saja dengan bahasa Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca trus artikel ini sampai selesai.


Ujian berubah menjadi RK cukup panjang, berbeda dengan ujin berubah Royal Guard yang disepakati sebagai ujian terpendek dan tergampang untuk berubah menjadi job 4.

Persyaratan
Untuk menjadi RK, anda harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk membuktikan bahwa anda adalah orang yang pantas menerima kekuatan baru.
  1. Knight base level 99 dan job level 50
  2. Lord Knight (Rebirth) base level 99 dan minimal job level 60 (sebaiknya 70)

Rangkaian Ujian
Ujian menjadi RK mungkin agak panjang, berbeda dengan ujian untuk menjadi Royal Guard (RG) yang masuk dalam peringkat 1 ujian termudah dan tersingkat untuk menjadi job 4.
  1. Langkah awal untuk ujian adalah mendapatkan informasi tentang ujian tersebut. Caranya adalah menemui semua pengujinya.


    Masuk ke Pub di kota Prontera (prontera 206 156).

  2. Bicara pada Splendid looking Knight (prt_in 164 23) yang berada di sebelah pojok kiri ruangan, untuk mendapatkan informasi ujian. Ketika dia bertanya, jawablah "Tentu, mari kita minum".


    Setelah berbicara cukup lama, dia akan bertanya lagi apakah anda siap untuk menjadi RK, maka jawablah "Saya telah siap untuk menjadi Rune Knight". Dia akan memberi tahu anda untuk menemui seorang Rune Knight yang terletak di arah jam 11 Glast Heim. Orang yang akan ditemui bernama Jungberg (glast_01 43 361).

  3. Berjalanlah ke Glast Heim, atau anda bisa meminta bantuan Priest untuk jasa Warp Portal.


    Dia akan bertanya, apa yang sedang anda lakukan di Glast Heim, jawablah "Saya datang untuk menjadi Rune Knight".

    Dia akan menyuruh anda untuk menemukan tempat perkumpulan rahasia Rune Knight yang ada di dalam Glast Heim Chivalry.

    Mungkin bagi anda yang tidak terbiasa ke Glast Heim, akan sulit menemukan tempatnya. Oleh karena itu, saya sudah membuatkan Screenshot untuk membantu anda menemukan lokasi yang dituju.

  4. Pertama2 masuk terlebih dahulu ke Glast Heim Chivalry lantai 1 (glast_01 74 193).


    Kalau sudah masuk, langsung ke lantai 2 untuk menemui orang yang dituju. Jangan sampai anda salah masuk portal karena monster disana sangat berbahaya, portal yang benar berada di posisi paling atas (gl_knt01 150 286). Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.


    Setelah masuk ke portal menuju room 2, langsung ke bawah, jangan berjalan kanan atau kiri. Lokasi Rune Knight Staff (gl_knt02 144 53) yang dicari ada di tengah2. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.


    Setelah berbicara pada Rune Knight Staff, anda akan di Warp ke tempat rahasia Rune Knight.

  5. Ketika berada di lokasi tersebut, langkah selanjutnya adalah berbicara pada Rune Knight Captain (job3_rune01 80 60).


    Ketika berada di ruang rahasia Rune Knight ini, sebaiknya anda jangan sekali2 DC atau Relog (keluar permainan), karena hal tersebut akan membuat karakter anda kembali ke tempat Simpan Posisi (tips ketika coba2 DC di ruangan test).

  6. Ketika berbicara dengan Rune Knight Captain, dia akan menceritakan tentang sesuatu. Dengarkan saja dengan baik, setelah itu dia akan memerintahkanmu untuk menemui Rune Knight Lunarea (job3_rune01 90 50) yang letaknya di sebelah kanan bawah (ajarh jam 5) dari Rune Knight Captain.


    Jika anda sudah berbicara pada Rune Knight Lunarea, setelah itu dia akan memerintahkan anda untuk berbicara kepada Rune Knight Captain untuk langkah selanjutnya.

  7. Captain akan memerintahkan anda untuk menemui Rune Knight Renoa (job3_rune01 55 50), yang berada pada di sebelah kiri ruangan.


    Mungkin Rune Knight Renoa sedikit galak, tetapi itu semua karena dia ingin anda menjadi Knight yang pintar. Jadi pelajarilah Rune terlebih dahulu seperti yang dia katakan.

  8. Anda harus membaca buku pada gambar di bawah ini, yang terletak pada rak buku di sebelah kiri yaitu "Runes and Rune Knights", "The Principles of Runes", dan "The Making and Use of Runes".


    Lokasi dari buku "Runes and Rune Knights" ada di bagian paling atas. Tempatnya seperti pada gambar di bawah ini.


    Setelah itu baca buku yang berjudul "The Principles of Runes" yang terletak di bawah rak buku yang pertama.


    Setelah membaca buku kedua, lanjutkan ke buku yang terakhir. Lokasinya berada di paling bawah. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


    Selesai sudah membaca semua buku tentang Rune. Anda pasti sudah pintar dan siap untuk ujian selanjutnya.

  9. Tetapi sebelumnya, bicara pada Rune Knight Renoa lagi, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya yaitu bertemu dengan Sage Serpeone (mid_camp 235 250) untuk ujian selanjutnya.


    Jika anda sudah siap, bicara lagi dengan Rune Knight Renoa dan katakan "Ya, saya sudah siap".

  10. Dia akan mengirim anda ke Sage Serpeone (mid_camp 235 250) di Ash Vacuum. Iya udah ikutin aja maunya dia apa, yang penting jadi Rune Knight.


    Bicaralah dengan Sage Serpeone, dia adalah wanita yang sangat cantik. Tetapi hati2 iya, jangan coba2 ganggu, karena disebelahnya ada Bodyguard.

  11. Setelah berbicara dengan Sage Serpeone, dia akan memberikan ujian untuk mengalahkan 10 Dullahan, 10 Disguise, 10 Quve, dan 10 Heirozoist di Niffleheim (satu2nya ujian melawan monster).


    Ketika anda menerima perintah dari Serpeone, anda harus berjalan sendiri ke Niffleheim untuk mengalahkan monster2 tersebut dan mendapatkan jiwanya.

    Perjalanan kesana bisa dimulai dari kota Comodo, lalu bicara dengan Kafra disana untuk Warp ke Umbala. Setelah itu berjalan sedikit hingga sampai ke Niffleheim, bisa juga berjalan melalui Yggdrasil Tree (yggdrasil01), atau bisa juga dengan cara instan dengan lompat dari Umbala Bungee Jumping.

  12. Mungkin mudah untuk masuk ke Niffleheim, tetapi keluarnya sulit (jika tidak membawa peralatan Warp) karena anda harus menyelesaikan Quest Tuts Piano atau mati terlebih dahulu, sebelum bisa kembali ke lokasi Simpan Posisi.

    Oleh karena itu, siapkanlah Butterfly Wing atau Yellow Butterfly Wing untuk kembali ke kota dengan selamat. Jika anda sudah putus asa, bisa bunuh diri dengan cara digigit banyak monster, atau jika anda seorang samurai, silahkan minum Poison Bottle.


    Kalahkan semua monster yang ada di Niffleheim, khususnya monster Dullahan, Disguise, Quve, dan Hylozoist.

    Untuk mengetahui anda sudah mengalahkan berapa monster, silahkan tekan tombol (Ctrl+U) lalu lihat daftar quest yang ada disana. Penampakanya adalah seperti gambar di bawah ini. Ada jumlah monster yang sudah dikalahkan pada bagian kanan bawah.


    Catatan
    Silahkan baca artikel yang berjudul Layanan Teleport Di Kafra Kota Umbala untuk pergi ke pulau Comodo.


  13. Setelah mengumpulkan semua jiwa yang diperintahkan, kembalilah ke Sage Serpeone di Ash Vacuum (bisa minta tolong job Priest dengan jasa Warp ke Mid Camp atau jalan sendiri), untuk melaporkan bahwa tugas anda sudah selesai. Pilih opsi "Saya sudah cukup mengumpulkan energy". Bicara sekali lagi, lalu pilih opsi "Saya ingin kembali" nanti anda akan langsung di Warp ke tempat perkumpulan Rune Knight.


    Jika sudah sampai di tempat perkumpulan Rune Knight, bicaralah kepada Rune Knight Renoa, untuk mengikuti ujian selanjutnya.

    Catatan
    Selain menggunakan jawa Warp Portal dari Priest untuk kembali ke Sage Serpeone, anda juga bisa menggunakan cara pada nomor 4 dan 7 (penghematan zenny).


  14. Ini adalah test terakhir, yang harus anda lakukan adalah membuat Rune Stone, lokasinya tepat berada di belakang Rune Knight Renoa.


    Jawablah semua pertanyaan dengan baik hingga anda mendapatkan 20 poin dari ujian ini. Poin lebih tidak menjadi masalah tetapi jangan sampai kurang.

    Catatan
    Menurut informasi dari teman, saat diberikan perintah untuk membuat Rune pada langkah ini, bicara lagi kepada Renoa, lalu pilih opsi "Saya telah membuat 20 batu rune". Tanpa repot2 membuat Rune, anda sudah dianggap lulus ujian, mungkin langkah ini juga sudah di-edit oleh pihak IdRO.



    Jawaban (huruf depan harus besar) yang benar, silahkan lihat pada daftar dibawah ini.

    1. Ehwaz - Spiral panas
    2. Osilia - Garis violet miring
    3. Mannaz - Berlian emerald
    4. Ansuz - Lingkaran emerald
    5. Hagalas - Skyblue bintang
    6. Kano - Berlian merah
    7. Rhydo - Garis miring skyblue
    8. Turisus - Bulat kuning
    9. Dagaz - Spiral emerald
    10. Sowilo - Kipas skyblue
    11. Laguz - Berlian kuning
    12. Isia - Spiral violet
    13. Pertz - Spiral silver
    14. Verkana - Bintang emas
    15. Gebo - Kerucut kuning
    16. Algiz - Garis miring emerald
    17. Arwez - Berlian abu abu (salah tulis karena disebut Ehwaz)
    18. Teiwaz - Bulat emas
    19. Wunjo - Bintang emerald
    20. Jera - Bulat kuning
    21. Nosiege - Kipas berwarna kuning
    22. Ingz - Berlian violet
    23. Fehu - Bulat perak
    24. Urj - Garis violet miring

    Catatan
    Jawaban nomor 1, 3, 4, 6, 9, 10, 13 dan 21 pasti benar, tetapi sisanya masih ragu karena saya hanya mendapatkan materi pada nomor tersebut pada tes ini.


    Untuk memeriksa berapa poin yang sudah anda dapatkan, silahkan lihat gambar di bawah ini dengan memilih "Memeriksa jumlah rune yang dibuat?".


    Jika anda sudah mendapatkan 20 poin, silahkan pilih opsi yang bawahnya yaitu "Saya telah membuat semua 20 batu rune".

  15. Tugas selanjutnya setelah anda lulus dari ujian Rune Knight Renoa adalah menemui Rune Knight Captain (Tigris) untuk ujian selanjutnya.


  16. Rune Knight Captain akan memerintahkan anda untuk bertemu dengan Rune Knight Velpino (job3_rune01 114 50) yang berada di ruangan sebelah kanan.


    Velpino hanya menyuruh anda untuk bersiap2 untuk bertarung tetapi sebenarnya TIDAK. Karena di IdRO berbeda dengan Ragnarok Online luar negeri, jadi anda tidak perlu melawan monster pada bagian ini.

    Ujian sudah selesai.

  17. Bicaralah kepada Rune Knight Captain, untuk konfirmasi bahwa anda sudah lulus dari semua ujian yang diberikan.

    Untuk berubah menjadi Rune Knight, anda diharuskan untuk turun dari Pecopeco, menggunakan semua skill poin, melepaskan equip dan mengosongkan Inventory. Disana ada Kafra untuk menitipkan semua barang2, jadi gunakanlah dengan baik.


    Jika semua persiapa sudah selesai, bicaralah kepada Rune Knight Captain, lalu pilih opsi "Semua persiapa sudah selesai".

    SELAMAAAT! Anda sudah berubah menjadi Rune Knight.

  18. Bicara sekali lagi kepada Rune Knight Captain untuk mendapatkan hadiah selanjutnya (hadiah yang diberikan acak jadi hanya bisa mendapatkan salah satu saja, jika tidak Rune Plate, maka anda akan mendapatkan Energy Rune Guard).

Catatan
Karena saya masih job Knight, jadi ujian ini tidak dilanjutkan hingga jadi RK, karena sayang sekali rasanya kalau berubah RK dari job Knight. Oleh karena itu, saya pilih opsi "Saya masih perlu berfikir" dan memutuskan untuk Rebirth terlebih dahulu.

Tetapi bisa kok berubah jadi RK dari job Knight.

Saya tidak tahu iya, jika sudah Rebirth nanti, bisa atau tidak langsung berbicara kepada Rune Knight Captain dan tinggal laporan saja. Karena mungkin belum pernah ada yang coba, tetapi jika bisa seperti itu, saya akan update artikel ini untuk konfirmasi lebih lanjut.


Hadiah
Pada ujian menjadi RK, adan akan mendapatkan 3 buah hadiah ketika berhasil menyelesaikan semua tahapanya.
  1. Green Apple
    Type: Accessory
    Slot: 0
    Berat: 0
    Defense: 0
    Syarat Level: 99


    Kelebihan:
    Semau status +6.

    Opini:
    Bonus status akan berkurang 1 poin setiap kelipatan 5 dari job level. Jadi pada job level 30, bonus status akan menjadi 0, dengan kata lain Accessory tersebut sudah tidak berguna.

  2. Energy Rune Guard
    Type: Shield
    Slot: 1
    Berat: 0
    Defense: 70
    Syarat Level: 99


    Kelebihan:
    MaxSP +2%.

    Opini:
    Shield yang hanya bisa didapatkan ketika anda berubah menjadi Rune Knight. Menurut pendapat saya, Shield ini kurang bagitu bagus (masih banyak Shield yang lebih baik).

  3. Magic Stone Ring
    Type: Accessory
    Slot: 1 (hidden slot)
    Berat: 0
    Defense: 0
    Syarat Level: 99


    Kelebihan:
    STR +2.

    Opini:
    Salah satu hadiah yang bisa didapatkan setelah anda berubah menjadi Rune Knight, ketika berbicara kepada Rune Knight Captain (selain Rune Plate, Energy Rune Guard). Efeknya hanya berbeda tipis jika dibandingkan dengan Ring slot 1, Accessory yang sangat bagus untuk tipe Damager (fisik).

  4. Rune Circlet
    Type: Headgear
    Slot: 1
    Berat: 10
    Defense: 12
    Syarat Level: 100


    Kelebihan:
    STR dan INT +1, MDEF +5.

    Opini:
    Jika base STR Rune Knight sebesar 120, maka STR dan ATK +10 , MDEF +5. Jika anda adalah karakter yang memfokuskan diri pada Damage serangan fisik, sebaiknya tingkatkan STR hingga 120 poin, agar mendapatkan bonus efek dari Headgear ini.

  5. Rune Plate
    Type: Armor
    Slot: 1 (hidden slot)
    Berat: 0
    Defense: 95
    Syarat Level: 99


    Kelebihan:
    Kecuali Defense yang sangat tinggi, tidak ada kelebihan lain.

    Opini:
    Slot pada Armor ini tersembunyi, tetapi jika dipasangkan Card, maka warna tulisanya akan berubah menjadi hijau. Ini adalah Armor terbaik untuk RK, jadi jangan gegabah dalam penempaan (Upgrade) sehingga Armor anda pecah (hilang). Armor ini tidak bisa didapatkan lagi (beli atau transaksi) karena 1 RK hanya memiliki 1 kesempatan untuk memilikinya.

Setelah berubah menjadi RK, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu skill dari job ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan skill. Kalau sudah terlanjur salah, silahkan gunakan Neutralizer yang dijual di Kafra Shop dengan harga 25000 koin untuk Reset skil, tetapi anda tidak bisa Reset status karena tidak ada Item Mall-nya.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment