Saturday, December 22, 2012

Ransum Penyembuhan HP dan SP

Ransum sangat penting untuk kelangsungan hidup karakter ketika Hunt. Mungkin jika di tempat-tempat yang gampang anda tidak perlu menggunakan Ransum ini karena HP recovery dari Swordsman class sangat tinggi apalagi tipe VIT.

Untuk beberapa class seperti Acolyte mungkin tidak begitu membutuhkanya tetapi mereka harus mebawa Ransum untuk meningkatkan percaya diri atau jaga-jaga mungkin ada hal2 yang tidak diinginkan terjadi. Atau Alchemist class yang profesinya membuat Ransum untuk dijual atau digunakan untuk dibagikan kepada anggota Guild sebelum WOE.

Tikus Ransum adalah istilah bagi karakter yang mengambil ransum saat WOE dari Guildnya tetapi tidak digunakan sebagaimana mestinya, dengan kata lain ditimbun untuk keuntungan pribadi jadi saat WOE mereka mati trus karena tidak menggunakan Ransum itu. Yang paling buruk adalah setelah mengambil Ransum, mereka DC atau keluar dari Guild. Yang benci terhadap kelakuan seperti itu membuat daftar Blacklist yang berisi siapa saja yang menjadi Tikus Ransum.

Disini tidak membahas lebih lanjut mengenai Tikus Ransum dalam arti sesungguhnya tetapi akan lebih membahas tentang Ransum apa saja yang sering digunakan untuk bertahan hidup di dunia Ragnarok.

  1. Aloe Leaflet
    Berat: 2
    Efektifitas: 325-405 HP
    Beli: Tidak
    Jual: 180z


    Drop Monster:
    Hermit Plant, Kapha, Grove, Kraben, Les, Rafflesia Arnoldi, Green Plant, White Plant, Flora

    Opini:
    Ransum yang ringan untuk saat ini setelah Mastela Fruit, sangat cocok untuk karakter dengan STR yang kecil. HP yang dikembalikan juga banyak jadi sangat efektif. Untuk mendapatkanya, bisa dari vendingan yang dijual oleh Merchant class atau cari sendiri dari mengalahkan monster.

  2. Blue Potion
    Berat: 15
    Efektifitas: 40-60 SP
    Beli: Tidak
    Jual: 2500z


    Drop Monster:
    Succubus, Acidus (Blue), Nightmare, Dark Priest, Nightmare Terror, Sageworm, Caterpillar

    Opini:
    Potion penambah SP yang paling favorit, SP yang dikembalikan juga banyak walaupun memiliki berat yang tinggi. Tetapi orang2 lebih suka membeli Blue Potion yang dibuat oleh 10 besar Alchemist class karena efektifitasnya lebih besar. Potion ini tidak dijual di toko jadi harus beli dari vendingan Merchant class atau cari sendiri dari monster.

  3. Carrot
    Berat: 2
    Efektifitas: 18-20 HP
    Beli: 15z di Tukang Sayur dan Fruit Shop
    Jual: 7z


    Drop Monster:
    Duneyrr, Lunatic

    Opini:
    Hanya bagus jika anda menggunakan Headgear Rudolf Hairband karena akan meningkatkan efek penyembuhan hingga beberapa persen. Headgear ini hanya bisa didapatkan dari event Natal 2011. Efek Headgear tersebut yaitu nemabahkan efek penyembuhan Carrot (permanen) dan kemungkinan menggunakan skill Increase AGI ketika menerima serangan fisik (ketika event Natal, mungkin hanya pada tahun 2011) dan bisa digunakan oleh semua Job.

  4. Grape Juice
    Berat: 4
    Efektifitas: 15-25 SP
    Beli: Tidak
    Jual: 125z


    Drop Monster:
    Dragon Fly

    Opini:
    Tidak sebagus Strawberry atau Blue Potion tetapi ini bisa dijadikan alternatif ketika zenny dalam keadaan bangkrut. Bisa didapatkan dari monster, beli dari vendingan Merchant class atau buat sendiri dari Juice Making Quest (membutuhkan 1 Grape, Empty Bottle).

  5. Green Potion
    Berat: 7
    Efektifitas: Menyembuhkan ststus negatif (Poison, Silence, Blind, Chaos)
    Beli: 40z di Toko Peralatan
    Jual: 20z


    Drop Monster:
    Tidak

    Opini:
    Barang murahan tetapi sangat berguna, anda harus bawa potion ini minimal 5 buah untuk jaga2.

  6. Hinalle Leaflet
    Berat: 1
    Efektifitas: 175-235 HP
    Beli: Tidak
    Jual: 75z


    Drop Monster:
    Hermit Plant, Grove, Uzhas, Tower Keeper, Butoijo, Rafflesia Arnoldi, Leaf Cat, Rocker

    Opini:
    Ransum paling ringan saat ini dibandingkan dengan yang lainya, mungkin kurang populer tetapi sangat cocok untuk anda yang memiliki STR kecil.

  7. Holy Water
    Berat: 3
    Efektifitas: Menyembuhkan status negatif (Curse)
    Beli: Tidak
    Jual: 10z


    Drop Monster:
    Fallen Bishop, Aged Merman, Merman

    Opini:
    Mungkin jarang digunakan tetapi Ransum ini sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan Quest khususnya saat berubah menjadi Defender. Sejak meningkatnya harga Empty Bottle, Ransum ini menjadi mahal, karena itu jadi semakin jarang yang menggunakanya untuk menyembuhkan Curse.

  8. Honey
    Berat: 10
    Efektifitas: 70-100 HP, 20-40 SP
    Beli: Tidak
    Jual: 250z


    Drop Monster:
    Eddga, Mistress, Leak, Toad, Giant Hornet, Teddy Bear, Zipper Bear, Solider, Creamy Fear, Green Maiden, Leib Olmai, Draco, Bigfoot, Vitata, Luciola Vespa, Hornet, Creamy, Disguise, Uni-horn Scaraba Egg, Horn Scaraba Egg, Antler Scaraba Egg, Rake Horn Scaraba Egg

    Opini:
    Ransum yang populer digunakan karena menambahkan HP dan SP secara bersamaan, harga jual juga murah. Untuk mendapatkanya juga mudah jadi memang Ransum favorit. Tetapi populeritasnya menurun sejak Yggdrasil Seed banyak dijual.

  9. Mastela Fruit
    Berat: 3
    Efektifitas: 400-600 HP
    Beli: Tidak
    Jual: 4250z


    Drop Monster:
    Succubus, Incubus, Explosion, Tengu, Dark Illusion, Uzhas, Blue Plant, Creamy Fear, Permeter, Giant Hornet

    Opini:
    Sebenarnya Ransum ini dijual di Toko Buah Hugel tetapi sejak kemunculan server FnC, dia hilang dari peredaran. Walaupun sumber mengatakan Mastela Fruit didapatkan dari monster diatas tetapi sepertinya tidak seperti itu di idRO karena sepertinya Ransum ini masih langka.

  10. Panacea
    Berat: 10
    Efektifitas: Menyembuhkan status negatif (Blind, Curse, Confusion, Poison, Silence)
    Beli: Tidak
    Jual: 250z


    Drop Monster:
    Gig, Mobster, Giant Spider, Nine Tail, Mummy, Firelock Soldier, Seal, Penomena, Kobold Leader, Aged Hydra, Hydra

    Opini:
    Ransum yang bisa menyembuhkan status negatif, tentunya yang masih menyebabkan karakter sadar. Jika seperti Freeze atau Sleep jelas tidak bisa.

  11. Piece of Cake
    Berat: 10
    Efektifitas: 270-330 HP
    Beli: Tidak
    Jual: 1500z


    Drop Monster:
    Baba Yaga, Myst Case

    Opini:
    Mungkin jarang untuk menggunakan Ransum ini untuk Hunt tetapi lebih sering untuk membuat headgear karena mendapatkanya juga agak sulit kecuali saat ada event tertentu.

  12. Red Potion
    Berat: 7
    Efektifitas: 45-65 HP
    Beli: 50z di Toko Peralatan
    Jual: 25z


    Drop Monster:
    Tidak

    Opini:
    Potion yang biasa digunakan oleh pemula karena tidak memiliki zenny yang cukup untuk membeli White Potion. Sebab lain adalah karena hanya Potion ini yang dapat digunakan oleh karakter level 1 yang tersedia di Toko Peralatan.

  13. Royal Jelly
    Berat: 15
    Efektifitas: 325-405 HP, 40-60 SP
    Beli: Tidak
    Jual: 3500z


    Drop Monster:
    Enchanted Peach Tree, Giant Hornet, Zipper Bear, Nine Tail, Vitata, Luciola Vespa, Freezer, Heater, Kobold Leader, Fanat, Vanberk, Anolian, Savage, Poisonous Toad

    Opini:
    Selain mengembalikan HP dan SP, Ransum ini juga bisa menyembuhkan status negatif (Blind, Curse, Confusion, Poison, Silence). Sejak kemunculan server FnC, mendadak Royal Jelly jadi jarang di pasaran dan harganya pun selangit. Orang2 lebih memilihnya untuk bahan quest dibandingkan untuk Ransum saat PVP, Hunt atau WOE.

  14. Strawberry
    Berat: 2
    Efektifitas: 16-28 SP
    Beli: Tidak
    Jual: 100z


    Drop Monster:
    Ferus (Red), Yoyo, Hermit Plant, Boa, Spore, Coco, Wolf

    Opini:
    Ransum SP paling favorit karena ringan dah harganya murah dibandingkan dengan Blue Potion. Mendapatkan Ransum ini tidak sulit karena ada banyak moster yang menjatuhkanya. Bisa didapatkan juga dengan cara membeli dari vendingan Merchant class.

  15. White Potion
    Berat: 15
    Efektifitas: 325-405 HP
    Beli: 1200z di Toko Peralatan
    Jual: 600z


    Drop Monster:
    Tao Gunka

    Opini:
    Ini adalah Ransum paling favorit di dunia Ragnarok karena mudah dan murah. Jika anda menggunakan RWC 2010 Indonesia Cap [1] maka efektifitasnya menjadi 2 kali lipat.

  16. White Slim Potion
    Berat: 2
    Efektifitas: 325-405 HP
    Beli: Tidak
    Jual: 825z


    Drop Monster:
    Gemini-S58

    Opini:
    Paling populer diantara orang2 yang suka PVP karena beratnya yang ringan dan HP yang dikembalikan sangat banyak. Tetapi tentu saja harganya tidak murah karena ini adalah bisnis dari Alchemist class.

  17. Yggdrasil Berry
    Berat: 30
    Efektifitas: Mengembalikan seluruh HP dan SP
    Beli: Tidak
    Jual: 2500z


    Drop Monster:
    Ktullanux, Atroce, Dracula, Samurai Specter, Amon Ra, Leak, Lost Dragon, Boitata, Shining Plant, Baphomet Jr., Choco

    Opini:
    Paling mudah mendapatkan Ransum ini dari berubah job Transcendent. Hanya orang2 yang memiliki banyak zenny yang tega menggunakan Ransum ini saat HP masih setengah.

  18. Yggdrasil Seed
    Berat: 30
    Efektifitas: Mengembalikan 50% HP dan SP
    Beli: Tidak
    Jual: 2500z


    Drop Monster:
    Atroce, Lost Dragon, Arc Angeling, Alligator, Stem Worm, Shining Plant, Echio, Leaf Cat

    Opini:
    Lebih populer dibandingkan dengan Yggdrasil Berry karena harga dan penggunaanya. Lebih enak menggunakan potion saat HP setengah dibandingkan dengan saat HP sekarat. Karena kemungkinan lags selalu ada. Jadi lebih tega untuk menekan Yggdrasil Seed daripada Yggdrasil Berry. Tetapi harga jual di vendingan Merchant class juga tidak berbeda jauh, biasalah bisnis.

Monster yang disebutkan lebih awal adalah yang memberikan Drop Rate paing besar sedangkan yang terakhir yang paling kecil.

Jika ada Ransum yang belum disebutkan, jangan ragu untuk post diartikel ini agar semua orang tahu Ransum apa saja yang diperlukan dalam petualangan di dunia Ragnarok dan nama kamu juga akan ditulis sebagai apresiasi di artikel ini.

Untuk Ransum seperti Berser Potion dan Dish akan dibahas lain kali, karena di artikel ini hanya membahas yang bersifat penyembuh saja.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template