Thursday, December 20, 2012

Review Ragnarok Online II SEA, Closed Beta

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Putus asa karena tidak bisa download client RO2 LoTS SEA (4GB gitu lhooo), tiba-tiba teman saya datang dan mengatakan bahwa dia memiliki client RO2. Sontak saat itu saya kaget bercampur bahagia, karena Tuhan masih sayang dengan saya dan masih menginginkan saya untuk berkembang menjadi lebih baik dalam dunia games, khususnya Ragnarok *lebay banget dah*.

Setelah hepi-hepi beberapa menit karena berhasil memiliki client RO2, setelah itu saya langsung install client dan mendaftar ID.


Video trailer Ragnarok Online II: Legend of The Second.

Oh iya, game ini adalah server SEA (South East Asia) jika dalam bahasa Indonesia, SEA berarti asia tenggara. Semoga nanti juga bisa diadakan RO2 server Indonesia. Tetapi apakah penerbitnya tetap LYTO (entahlah), lihat nanti sajalah.

Kesan pertama saya ketika berhasil memainkan MMORPG ini adalah beda banget dengan RO terdahulu. Iya jelas lah, kalau sama persis sih untuk apa membuat game baru. Tetapi ada banyak juga kesamaan antara RO terdahulu dengan RO2 seperti sistem Kafra, status, skill, job karakter, monster dan beberapa kesamaan lain yang saya lupa. Sayangnya saat ini tidak ada job Merchat di RO2 (mungkin nanti).

Dalam game RO2 ada sisteem baru yaitu profesi. Nah profesi ini berbeda dengan job karena profesi akan memberikan karakter skill tambahan untuk membuat sesuatu. Profesi yang ada di RO2 yaitu Alchemist, Blacksmith, Chef dan Artisan. Masing-masing profesi tersebut memiliki fungsunya masing (akan dibahas pada artikel selanjutnya #sry).

Langsung saja masuk ke permainannya. Tahap awal adalah login, pilih server, channel setelah itu memilih karakter. Jika anda belum memiliki karakter, harus buat dulu donk iya. Caranya mudah kok, penampilan layar pembuatan karakter akan ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Pilih job (Swordman, Magician, Archer, Thief dan Acolyte) langsung ketika anda membuat karakter, pada tahap ini juga anda harus menentukan juga profesi karakter (Alchemist, Blacksmith, Chef dan Artisan).

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second
Pilih karakter yang sudah anda buat

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Jika baru pertama kali bermain RO2, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu menu yang ada agar anda tidak bingung.

Salah satu hal terpenting dalam game RO terdahulu adalah pengaturan status karakter. Sepertinya di RO2 pun sama seperti itu. Anda dituntut untuk bisa merancang status karakter yang baik (sesuai selera dan gaya bermain). Tetapi status karakter anda juga akan ditentukan oleh equip dan senjata yang dipakai status yang anda rancang hanyalah bonus atau bagian kecil dari suksesnya pembuatan karakter.

Ragnarok-Online-2-Legend-of-The-Second

Sebaiknya pelajari dulu karakter anda sebelum menaikkan status, terburu-buru bukan pilihan yang baik.

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Putuskan dulu mau jadi tipe apa, sehingga anda bisa memutuskan dengan baik skill apa yang harus dipelajari.

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Berbeda dengan RO terdahulu, sistem navigasi RO2 jauh lebih baik. Anda bisa mengetahui NPC mana saja yang menyediakan quest dengan melihat tanda "!" atau NPC mana yang menjadi target (tujuan) quest dengan melihat tanda "?" di dalam peta / atas kepala NPC tersebut.

Anda bisa memilih target musuh dengan menekan tombol "TAB". Setelah itu gunakan tombol "Z" untuk siap menyerang / berhenti. Bisa juga sih menyerang dengan menggunakan mouse yaitu dengan cara klik kanan kepada target.

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Ketika bertarung, kombinasikan serangan biasa dengan skill karakter. Gunakan hotkey 1 sampai 9 untuk meletakkan dan menggunakan skill yang sudah dipelajari. Penggunaan SP untuk menggunakan skill tidak banyak kok sehingga anda bisa menggunakan skill sesering mungkin.

Ragnarok-Online-II-Legend-of-The-Second

Gunakan fitur duduk dengan menekan tombol "X" ketika situasi aman, sehingga regenerasi HP dan SP karakter menjadi lebih besar.

Permainan hari ini sangat berkesan karena teman-teman yang sudah lama pensiun bermain Ragnarok Online mencoba bermain kembali. Walaupun di antara mereka kecewa karena komputer yang dimiliki tidak mendukung untuk bermain game tersebut.

Sampai jumpa di Asgard!

2 comments:

  1. Infonya Bermanfaat Gan, Terimakasih banyak Lain Kali saya kunjungi ke sini.

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template