Friday, December 21, 2012

Tuts Piano Quest

Saya akan membuat artikel tentang salah satu quest yang ada di Ragnarok Online, mungkin diantara anda sudah banyak yang tahu, walaupun seperti itu ada saja teman2 diantara kita yang belum tahu. Oleh karena itu, ada baiknya bagi anda yang sudah tahu, merekomendasikan artikel ini kepada teman yang belum tahu. Agar mereka mengetahui, jalan pulang dari Niffleheim (tanpa bunuh diri).


Nama Internasional dari quest ini adalah "Piano Keys Quest". Sebenarnya sudah banyak Blog atau Website yang embahas tentang quest ini, hanya saja untuk melengkapi artikel Ujian Menjadi Rune Knight, jadi dibuatlah artikel ini. Karena memang ada beberapa pemain yang tidak tahu cara pulang dari Niffleheim dengan elegan (tidak bunuh diri atau Teleport).


Menuju Nifflheim melalui Yggdrasil Tree

Tidak perlu mempersiapkan barang2 untuk menyelesaikan quest ini. Pertama2, sebaiknya anda sudah berada di Niffleheim, caranya masuk kota kematian ini bisa melaui Yggdrasil Tree atau Bungee Jumping.
  1. Bicara pada Arego (niflheim 224 243) nanti anda akan diberi anda Piano Keyboard.


    Mungkin dia agak galak, maklumlah mahluk halus, jadi gemana gitu. HP anda akan berkurang, jadi siapkanlah Ransum penyembuhan untuk mengadapi situasi seperti ini.

  2. Masuk ke bangunan (niflheim 187 241), tepatnya tidak jauh di sebelah kiri Alreg.


    Di dalam bangunan tersebut bicara ke Greyryu (nif_in 105 81), lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.


    Untuk bisa berbicara denganya, klik kepalanya, jangan badan atau yang lainya. Ingat, KEPALANYA. Dia akan menyanyikan sebuah lagu, anda harus bisa menjawab pertanyaanya dengan benar.

    Berikut ini adalah lagu yang dia nyanyikan.


    Untuk lebih jelasnya, saya akan menjabarkan apa yang dia nyanyikan pada setiap baitnya.
    • Ketika matahari terbebenam di barat gunung,
    • dimana sinar ungu menyinarimu,
    • Nada yang cantik meliputi dirimu,
    • biarlah kunci untuk menghindari the Lord of Death.

    Jika anda bisa menjawab dengan benar, dia akan memberikan sebuah Piano Keyboard.

    Catatan
    Biasanya dia akan menanyakan salah satu bait saja, dan anda harus bisa mengetikan bait yang ditanyakan dengan benar, termasuk tanda koma dan besar kecilnya huruf.


  3. Sekarang pergi ke bangunan yang terletak tidak jauh dari lokasi orang tanpa nama. Seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini.


    Bicara ke Cucha Sina (nif_in 31 20) di dalam bangunan (niflheim 188 212) untuk mendapatkan Piano Keyboard.



    Catatan
    Bisa juga langkah Quest-nya menyusun lagu terlebih dahulu di Greyryu, lalu baru berbicara kepada Cucha Sina. Kalau saya sih ke Cucha Sina dulu, setelah itu baru ke Greyryu.


  4. Langkah selanjutnya berjalanlah ke Tombstone (niflheim 169 71) lalu tabrak saja.


    Nanti akan muncul pop-up, pilihlah "Ya" setelah itu anda akan mendapatkan Piano Keyboard. Seperti pada gambar di bawah ini.


    Lalu berjalanlah ke Tombstone selanjutnya (niflheim 208 103). Cara mengambil Piano Keyboard-nya sama seperti sebelumnya, jadi tabrak saja Tonbstone-nya, lalu nanti akan muncul pop-up, pilih "Ya".


    Catatan
    Lakukanlah cara diatas hingga mendapatkan 2 Piano Keyboard. Meng-klik Tombstone tidak akan memberikan respon apapun.


  5. Selanjutnya adalah pergi ke Witch Tower (niflheim 254 191).


    Catatan
    Mungkin agak sulit menemukan Witch Tower, karena anda harus berjalan memutar, dan menaiki bebatuan untuk mencapai puncaknya.


  6. Kemudian naik ke lantai 2.


    Disana ada Piano besar, dekati kursi Pianonya, nanti akan muncul pop-up dan Piano Keyboard anda akan hilang dari Inventory. Pada langkah ini, Piano itu akan mengambil 6 Piano Keyboard milik anda.


    Catatan
    Diperlukan 7 Piano Keyboard yang hilang untuk memainkan Piano tersebut, tetapi jangan khawatir, karena Piano Keyboard yang ke-7 akan dipasangkan oleh Witch yang ada disana.


  7. Jika anda sudah selesai dengan Piano tersebut, berjalanlah kearah bawah, mengikuti karpet yang ada di depan Piano.


    Nanti akan muncul pop-up yang akan memindahkan karakter ke ruangan kecil dengan Witch di tengahnya.


  8. Bicaralah denagn Witch tersebut, nanti anda akan di-Warp ke Umbala.

    Catatan
    Karena anda akan selalu di-Warp ke Umbala setiap berbicara dengan Witch tersebut. Maka cara itu bisa dimanfaatkan untuk keluar dari Niffleheim.


  9. Horeeey Quest-nya sudah selesai.


Ini adalah rangkaian dari quest The Sign, walaupun tidak mendapatkan hadiah dari quest ini, tetapi karakter anda bisa pulang dari Niffleheim dengan aman sejahtera. Jadi sebenarnya itu adalah hadiah yang sangat bagus. Tanpa menyelesaikan quest ini, mungkin anda membutuhkan bantuan job Priest atau Butterfly Wing untuk kembali, atau lebih ekstrim jika lupa bawa Butterfly Wing dan pada saat yang bersamaan tidak ada Priest yang membantu, maka satu-satunya cara adalah bunuh diri (EXP -5%, sengsara).

Catatan
Langkah Quest nomor 2 dan 3 terkadang tidak berurutan (kadang nomor 3 terlebih dahulu, setelah itu baru ke nomor 2, tetapi nomor 4 dan seterusnya sama), jadi kondisikan saja sesuai dengan keadaan Quest anda. Quest ini adalah persyaratan untuk menjalankan The Sign Quest.


Quest ini tidak sulit dan tidak membutuhkan barang untuk menyelesaikanya, jadi bisa diselesaikan dengan cepat.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template