Sunday, December 23, 2012

Perhitungan Upgrade Senjata dan Armor

Sebagian RO mania sudah mengetahui perhitungan ATK bonus senjata dan bonus defense armor setelah di-upgrade, pada patch Renewal di Ragnarok Online Indonesia. Tetapi sebagian yang lain masih bingung mengenai hal ini. Saya bisa dimaklumi, karena dulu kan 1 defense artinya pengurangan 1% dari damage yang diterima karakter, sedangkan 1 defense saat ini, memiliki perhitungan tertentu untuk melihat berapa % pengurangan damage-nya.

Anda bisa melihat kondisi defense pada armor yang beredar saat ini, ada yang defense-nya hingga 90, padahal dulu itu defense tertinggi armor ada pada Full Plate Armor dengan defense 11 dan berat 550 (armor dengan defense tinggi selalu berbanding lurus dengan beratnya).

Presentase Keberhasilan Upgrade

Berikut ini adalah kemungkinan berhasil upgrade pada server gratis (Fun and Chat dan Rebirth), dengan Material biasa (Phracon, Emveretarcon, Oridecon, Elunium).

UpgradeLevel 1Level 2Level 3Level 4Armor
190%90%90%90%80%
290%90%90%80%80%
390%90%80%80%80%
490%80%80%60%60%
580%80%60%60%60%
680%60%60%40%40%
760%60%50%40%40%
860%40%20%20%20%
940%20%20%20%20%
1020%20%20%10%10%
Ada kemungkinan gagal pada upgrade pertama

Jika anda menggunakan Enriched Oridecon atau Enridhed Elunium, kemungkinannya sama seperti server berbayar (THOR).

UpgradeLevel 1Level 2Level 3Level 4Armor
1100%100%100%100%100%
2100%100%100%100%100%
3100%100%100%100%100%
4100%100%100%100%100%
5100%100%100%60%60%
6100%100%60%40%40%
7100%60%50%40%40%
860%40%20%20%20%
940%20%20%20%20%
1020%20%20%10%10%
Pada server berbayar, tidak perlu menggunakan material Enriched karena dengan material biasa pun, presentasenya sama seperti tabel diatas

Saya belum mengetahui presentase keberhasilan pada upgrade diatas +10 karena belum ada sumber yang dapat dijadikan acuan untuk kemungkinan tersebut. Jika nanti sudah ada, akan saya beritahukan kepada anda dengan meng-update artikel ini.

Gambaran Defense dan ATK Setelah Upgrade

Berdasarkan beberapa website dan blog terpercaya yang sudah saya baca dan simak baik2. Saat ini tingkat upgrade sudah mencapai +20 untuk senjata dan armor. Jika dulu armor +7 sudah sangat mantap untuk bertahan dalam dunia Rune Midgard yang keras ini, sekarang +7 saja tidak cukup.

Bahkan beberapa teman mengatakan "Daripada repot2 upgrade sampai +7, lebih baik berhenti sampai +4 saja, karena efek pengurnagan damage-nya tidak beebeda jauh, tetapi biaya yang dikeluarkan sangat besar".

Saya sih maklum saja, karena saya pun merasakan efek dari armor +4 dan +7 itu. Memang tidak begitu berbeda. Tetapi untuk persenjataan +4 dengan +7 masih sangat berbeda (tetap seperti dulu). Bahkan saat ini, senjata bisa ditempa hingga +20, tetapi dengan peresentase keberhasilan yang sama seperti dulu.

Oleh karena itu, damage karakter sekarang jauh lebih besar dibandingkan damage mereka ketika jaman pre-Renewal. Hal ini dikarenakan perbandingan ATK senjata yang meningkat, dibandingkan dengan jumlah defense armor yang menurun pada setiap karakter.

Sistem ATK pada Senjata Setelah Upgrade

Berikut ini adalah perhitungan ATK/ MATK yang anda dapatkan ketika meng-upgrade senjata. MATK akan ditulis dengan ATK saja, untuk mempersingkat kalimat, agar lebih rapih.

Bonus per UpgradeBonus per Over Upgrade*
Senjata level 1+2 ATK+0 sampai +3 ATK
Senjata level 2+3 ATK+0 sampai +5 ATK
Senjata level 3+5 ATK+0 sampai +8 ATK
Senjata level 4+7 ATK+0 sampai +14 ATK
*Bonus over upgrade tidak terlihat di Status Window

Penjelasan lebih detail mengenai upgrade senjata pada level tertentu (perhitungan pastinya kita serahkan saja kepada sistem di dalam game, yang penting kita sudah mengetahui bayangan mengenai cara kerja ATK senjata) adalah seperti di bawah ini, yaitu:

Senjata level 1:
Setiap 1 upgrade akan memberikan +2 ATK. Ketika upgrade sudah melebihi +7 (batas aman), anda akan mendapatkan bonus tambahan sebesar 0 sampai 3 poin ATK, lalu bonus akan menjadi lebih besar setelah melamaui +15. Tetapi bonus ini tidak diperlihatkan dalam Status Window, karena yang terlihat hanyalah yang +2 pada setiap upgradenya.

Oleh karena itu, damage yang anda berikan kepada musuh ketika menggunakan senjata over upgrade mendadak jauh lebih besar daripada senjata dengan batas tempa aman. Batas aman untuk senjata level 1 adalah hingga +7. Ketika melebihi batas aman, barulah damage akan meningkat dengan drastis.


Phracon:
Material yang bisa dibeli di NPC,
upgrade senjata level 1 membutuhkan biaya sebesar 50 zeny.

Biasanya, maksimal slot untuk senjata level 1 adalah 4. Dibutuhkan 1 buah Phracon untuk melakukan upgrade. Bisa dibeli dengan harga 200 zeny per buah, letaknya tidak jauh dari Blacksmith upgrade.

Senjata level 2:
Setiap 1 upgrade akan memberikan +3 ATK. Ketika upgrade sudah melebihi +6, anda akan mendapatkan bonus ATK sebesar 0 sampai 5 poin, dan bonus ini akan menjadi lebih besar ketika mencapai +15, tetapi tidak diperlihatkan pada Status Window.

Batas aman untuk upgrade senjata level 2 adalah hingga +6. Jika anda mengiginkan damage yang besar dari senjata level 2, sebaiknya anda upgrade senjata yang dimiliki melebihi batas amannya. Supaya enak dilihat adalah pada +7, orang2 menyebut angka itu sebagai nomor keberuntungan, makanya +7 sangat populer.


Emveretarcon:
Material yang bisa dibeli di NPC,
dibutuhkan biaya sebesar 500 zeny untuk melakukan upgrade senjata level 2

Biasanya, maksimal slot untuk senjata level 2 adalah 3 tetapi ada juga sih yang 4 (Battle Fork). Dibutuhkan 1 buah Emveretacon untuk melakukan upgrade. Bisa dibeli dengan harga 1000 zeny per buah, letaknya juga tidak jauh dari Blacksmith upgrade.

Senjata level 3:
Setiap 1 upgrade akan memberikan +5 ATK. Jika upgrade senjata melebihi +5, akan mendapatkan bonus ATK sebesar 0 sampai 8 poin, dan bonus ATK yang didapatkan akan lebih besar setelah melebihi +15.

Biasanya, maksimal slot untuk senjata level 3 adalah 2. Batas aman upgrade senjata level 3 adalah hingga +5. Dibutuhkan 1 buah Oridecon untuk melakukan upgrade, yang bisa didapatkan dari monster atau membelinya dari pemain lain.


Oridecon:
Bisa didapatkan dari monster,
biaya upgrade senjata level 3 adalah 5000 zeny,
bisa juga untuk upgrade senjata level 4 tetapi dengan biaya 20000 zeny

Untuk kemungkinan berhasil yang lebih besar, silahkan gunakan Enriched Oridecon yang bisa didapatkan dari Item Mall atau Kafra Shop dengan harga 150 koin.

Senjata level 4:
Setiap 1 upgrade akan memberikan +7 ATK. Senjata level 4 akan memberikan ATK terbaiknya jika memiliki tingkat upgrade lebih dari +4 (batas aman).

Bonus ATK yang didapatkan pada upgrade +4 keatas adalah 0 sampai 14 poin, sedangkan jika melebihi +15 akan mendapatkan bonus ATK sebesar 12 poin per upgrade. Pada senjata level 4 ini, bonus ATK pada upgrade +20 mencapai 201 sampai 424 poin (orang model apa yang bisa melakukan hal ini).


Enriched Oridecon:
Hanya bisa didapatkan dari Item Mall atau Kafra Shop seharga 150 koin
biaya sama seperti upgrade dengan material biasa

Untuk meng-upgrade senjata ini, dibutuhkan Oridecon atau jika menginginkan kemungkinan berhasil yang lebih besar, gunakanlah Enrich Oridecon. Biasanya, maksimal slot untuk senjata level 4 adalah 1, atau berfariasi jika anda melakukan enchant socket.

Contohnya
Berapakah ATK yang didapatkan ketika karakter menggunakan senjata +7 Brocca?

Jawab:
ATK awal Brocca adalah 100.
Senjata level 4, batas aman upgrade adalah +4.
Brocca = 100 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7


Agar lebih simpel,
Brocca = 100 + 7(7)
Brocca = 100 + 49
Brocca = 149.



Penampilan Status Window pada ATK senjata,
lihat tanda panah

Anda harus ingat, ketika upgrade senjata diatas batas aman maka akan mendapatkan bonus ATK tetapi tidak terlihat, jadi pada upgrade +7 sudah melewati 3 tingkat upgrade dari +4.

Bonus ATK tidak terlihat = 0 sampai 14 * 3 (kelebihan dari batas aman)
Bonus ATK tidak terlihat = 0 sampai 42.


ATK Brocca = 149, bonus tidak terlihat = 0 sampai 42 poin.
Karena bonus tidka terlihat itu juga tidak stabil (random), tergantung amal ibadah masing2 karakter saat itu.

Sistem Defense pada Armor Setelah Upgrade

Dibawah ini adalah peritungan defense yang mungkin anda dapatkan setelah upgrade equip. Defense yang anda dapatkan akan terlihat di bagian Status Window karakter pada pojok kanan atas, tetatnya yang bagian kanan.

Rumus!
Bonus defense per upgrade = Pembulatan kebawah dari (3 + tingkat upgrade)/4.

Tingkat UpgradeBonus
+1 sampai +4
+5 sampai +8
+9 sampai +12
+13 sampai +16
+17 sampai +20
1 defense
2 defense
3 defense
4 defense
5 defense

Contohnya
Berapakah defense yang didapatkan karakter pada equip +7 Shield?

Jawab:
Defense awal dari Shield adalah 60 poin.
Shield = 600 + 1 + 1 + 1 + 1 + 2 + 2 + 2 + 2 + 3 + 3 + 3 + 3


Agar lebih simpel,
Shield = 60 + 1 (4) + 2(3)
Shield = 60 + 4 + 6
Shield = 70



Penampilan Status Window pada defense armor,
lihat tanda panah

Defense yang didapat ketika menggunakan +7 Shield adalah 70 poin.
Pertanyaanya, dengan defense seperti itu, berapa persenkah damage yang bisa dikurangi? Kita lihat pada pembahasan selanjutnya di artikel ini.

Peresentase Pengurangan Damage dari Defense

Batas aman upgrade pada seluruh armor adalah hingga +4. Middle dan lower headgear, kemudian accessory tidak bisa di-upgrade. Untuk mengetahui, berapa persen damage yang bisa dikurangi dari defense yang dimiliki oleh karakter, berikut ini akan saya jelaskan bagaimana perhitungannya.

Patokan presentase adalah pada defense 600 = 50%.

Jadi saya bisa membuat rumus untuk menghitung presentase yang mungkin anda dapatkan dari defense dibawah itu. Sepertinya tidak mungkin seseorang memiliki defense sebesar itu dengan keadaan game saat ini (IdRO) karena sangat sulit membuat equip dengan tingkat upgrade mencapai +20.

Rumus!
Presentase defense = Defense/1200*100%

Contohnya
Dengan equip +7 Shield pada pembahasan sebelumnya, berapakan presentase defense-nya?

Jawab:
Presentase defense = 70/1200+100%
Presentase defense = 5,83%

Jadi presentase defense dari +7 Shield adalah 5,83%, jika dibandingkan dengan equip pre-Renewal maka presentase itu setara dengan Shield polos (tuh kan, jauh banget perbedaan defense antara patch Renewal dengan pre-Renewal). Tetapi biaya pembuatan +7 Shield jauh lebih besar dibandingkan Shield polos saat pre-Renewal.

Presentase defense pada tingkat upgrade tertentu (belum termasuk defense awal dari equip yang digunakan) akan ditunjukan pada tabel berikut.

Tabel Presentase Defense*
+1 = 1 defense = 0,08%
+2 = 2 defense = 0,16%
+3 = 3 defense = 0,25%
+4 = 4 defense = 0,33%
+5 = 6 defense = 0,50%
+6 = 8 defense = 0,66%
+7 = 10 defense = 0,83%
+8 = 12 defense = 1,00%
+9 = 15 defense = 1,25%
+10 = 18 defense = 1,5%
+11 = 21 defense = 1,75%
+12 = 25 defense = 2,00%
+13 = 29 defense = 2,33%
+14 = 34 defense = 2,66%
+15 = 40 defense = 3,00%
+16 = 44 defense = 3,33%
+17 = 48 defense = 3,75%
+18 = 52 defense = 4,16%
+19 = 56 defense = 4,56%
+20 = 60 defense = 5,00%
*5 equip akan memberikan 20% pengurangan damage jika semua upgrade +20

Berdasatkan keterangan diatas, pasti anda bisa menyimpulkan berapa presentase yang didapatkan dengan tingkat upgrade tertentu. Sangat terlihat kalau upgrade +4 tidak begitu terasa, lalu presentasenya mulai terasa pada +8. Jadi sekarang anda bisa memutuskan perlukan armor anda di-upgrade hingga +4.


Elunium:
Material yang digunakan untuk upgrade armor,
didapatkan dari monster dengan biaya upgrade-nya sebesar 2000 zeny



Enriched Elunium:
Didapatkan dari Item Mall dan Kafra Shop seharga 200 koin,
biaya upgrade 20000 zeny dan hanya bisa digunakan pada Blacksmith khusus
yang bernama Suhnbi (payon 154, 96)

Upgrade di Atas +10

Upgrade senjata atau equip di atas +10 harus menggunakan Bradium atau Carnium. Lokasi Blacksmith upgradenya pun berbeda dengan yang +10 kebawah karena anda harus pergi ke Bestry (prt_in 90, 72).


Besrty:
Terletak di ruangan atas dari Blacksmith kota Prontera

Bradium dan Carnium bisa didapatkan dari Item Mall. Harga sebuah Bradium adalah 100 koin, sedangkan Carnium 75 koin. Biaya yang dibutuhkan untuk upgrade adalah 100000 zeny.


Bradium (kiri) untuk senjata, Carnium (kanan) untuk armor

Seharusnya ada NPC penukaran 3 Oridecon atau 1 Refined Bradim untuk mendapatkan 1 Bradium, dan 3 Elunium untuk mendapatkan 1 Carnium. NPC itu bernama Austry (prt_in 85, 71). Lokasi NPC ini disebelah Bestry, tetapi tidak ada NPC itu di IdRO (sayang sekali).

Saya harap anda sudah banyak mengerti, silahkan tinggalkan tanggapan mengenai kesimpulan saya yang bersumber dari beberapa artikel ini. Mungkin anda memiliki pendapat sendiri mengenai perhitungannya dan lebih akurat.

Tanggapan anda sangat berarti untuk keakuratan artikel. Mungkin awalnya perhitungan yang dibuat masih membingungkan, tetapi yang penting anda memiliki referensi mengenai ATK dan defense setelah patch Renewal yang berbahasa Indonesia, jadi tidak bingung banget.

Catatan:
Batas aman di server FnC atau Rebirth hanya berfungsi
jika anda mgnggunakan Enrich Oridecon.

Jika anda menggunakan
material biasa, maka memiliki kemungkinan untuk gagal (pecah)
bahkan pada upgrade 0 ke +1.

Maklumlah, pada masa sekolah dan kuliah dulu, saya dicekokin dengan perhitungan rumus dan kode yang memuakkan perut dan otak. Jadi sampai sekarang, jika melihat ada sesuatu yang dapat dihitung iya otomatis denh menghitung dan mencari rumus sederhananya.

Happy RO ^^

2 comments:

  1. wah keren kk...sangat membantu. hebat sekali kk bisa sedetail ini...salute! ;)

    ReplyDelete
  2. keren gan, ga beda jauh +4 ama +7 bedanya di duitnya jauh wkwkw

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template