Tuesday, December 25, 2012

Pembahasan Semua Skill Royal Guard

Tiba juga hari dimana patch Renewal disempurnakan dengan adanya update skill balancing. Semua karakter sudah dipastikan memiliki kekuatan yang seimbang dan tidak ada lagi kemampuan yang terlalu berlebihan diantara mereka. Jadis aat ini kita sudah bisa menentukan mau dibawa kemana karakter kita yang lama itu.

Untuk mendukung update kali ini, Lyto selaku publisher juga memberikan 2 event khusus agar karakter yang lama bisa tetap eksis dengan status dan skill-nya yaitu dengan event reset status (klik) dan reset skill (klik). Walaupun tetap membutuhkan koin untuk mengikuti event tersebut, saya kira tidak ada masalah dibandingkan harus membuat karakter baru sehingga menghabiskan banyak waktu. Jujur saja, karakter saya yang levelnya paling tinggi adalah Bunga Terata di server Fun and Chat yaitu level 150.

Saya tidak memiliki banyak waktu untuk bermain game khususnya Ragnarok Online Indonesia, jadi 1 karakter itu saja sudah cukup bagi saja. Rencananya setelah diadakan event reset tersebut, Bunga Teratai akan diubah menjadi tipe Spear Shielder. Tentu saja untuk menyambut update kali ini, artikel yang membahas mengenai status dan skill build sudah di-update juga untuk menyesuaikan dengan skill dan status setelah update skill balancing.

  1. Alliance
    Sepertinya tidak ada yang berubah dalam skill ini. Hnaya saja baru diketahui formula dalam kemungkinan memperlambat gerakan musuh* yang akan dijelaskan sebagai berikut.

    *Kemungkinan: ((Base Level / 5) + (Skill Level x 5) - (Target's AGI / 10)) %
    Kecepatan gerakan: -90%
    Durasi: (Skill Level x 2) detik, pada lv.5 memberikan pengurangan selama 10 detik

    Level1 2345
    ATK per RG2030405060
    DEF per RG678910
    Kecepatan Gerak ????????? ??????

    Dari formula diatas, AGI musuh juga memiliki peranan untuk mengurangi kemungkinan terkena efek negatif dari skill Alliance. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan baca artikelnya yang berjudul Alliance (klik).

  2. Bloody Swing
    Tidak banyak yang berubah dalam skill ini, kecuali damage skill yang berkurang. Tetapi iya sudahlah, secara Royal Guard adalah tentara elit yang tugasnya menjaga pertahanan dan kedamaian Rune Midgard (bukan menghancurkannya).

    Informasi lebih lanjut mengenai skill ini bisa dilihat dalam artikel Bloody Swing (klik).

  3. Cannon Spear
    Skill ekslusif Spear yang memiliki jarak tempuh yang sangat jauh (11 kotak). Akan mengenai semua penghalang (monster) dalam jarak tersebut, dan akan mengenai musuh lain dalam jarak 1 kotak di samping musuh yang terkena skill.

    Bisa dibilang area serangannya adalah 11x3 kotak, sangat cocok digunakan bersama Royal Guard lain ketika defense saat War of Emperium. Kemudian damage skill juga ditentukan oleh besarnya STR karakter.

    LevelDamage
    tanpa Perhitungan STR
    DelaySP
    150%2 detik???
    2100%2 detik???
    3150%2 detik???
    4200%2 detik???
    5250%2 detik???

    Formula dengan perhitungan STR:
    (((Skill Level x 50) + (STR x Skill Level)) x Base Level / 100) %

    Damage memang tidak terlalu besar, tetapi kita lebih memanfaatkan jarak serangan dari skill ini. 11 kotak adalah jarak yang sangat jauh untuk ukuran karakter tipe melee (jarak dekat) dan memiliki MaxHP yang besar. Jadi serangan Royal Guard dengan skill ini hampir setara dengan jarak serangan dari Archer class.

    Peperangan tidak selamanya harus diselesaikan dengan kekerasan, cukup dengan strategi yang matang dan membuat musuh putus asa juga salah satu cara untuk mendapatkan kemenangan dengan pintar.

  4. Earth Drive
    Sepertinya tidak ada perubahan yang berarti pada skill ini, jadi untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca artikel berjudul Earth Drive (klik).

  5. Exceed Break
    Efek skill akan hilang jika anda mengganti atau melepas senjata. Berat dan level senjata mempengaruhi besarnya damage (semakin berat dan semakin tinggi levelnya semakin baik). Ketika casting skill, anda masih tetap bisa bergerak tetapi dengan pinalti kecepatan gerak sesuai dengan skill level.

    Satu-satunya skill serangan yang bisa mengeluarkan serangan critical, dan digabungkan dengan efek skill Double Attack (jika aktif dengan Sidewinder card).

    LevelDamage
    tanpa Berat dan level Senjata
    Kecepatan GerakSP
    1+100%-50%24
    2+200%-40%28
    3+300%-30%32
    4+400%-20%36
    5+500%-10%40

    Pada update balancing ini, damage skill akan dipangkas menjadi lebih kecil. Bukan berita yang menggembirakan pastinya, tetapi apa boleh buat. Tidak seharusnya karakter yang bertugas untuk bertahan memiliki damage yang setara dengan Ashura Strike (jika menggunakan Mjolnir atau senjata berat lain).

    Formula dengan Berat Senjata:
    (((Skill Level x 100) + (Job Level x 10)) + (Weight x Weapon Lv.) x (Base Level / 100)] %

    Target: Diri sendiri
    Variable Cast Time: 2,5 detik
    Fixed Cast Time: 0 detik
    Cooldown: (7 - SkillLevel) detik
    Delay: 1 detik

    Skill ini hanya berfungsi saat memukul normal (efeknya tidak berfungsi ketika menggunakan skill serangan). Dalam menggunakan skill ini, sebaiknya bijak dalam pemilihan senjata. Karena sekarang sudah tidak bisa lagi trik switch senjata seperti dulu.

    Skill Martyr's Reckoning (MR) memiliki prioritas lebih besar, jadi jika anda menggunakan skill tersebut maka MR akan digunakan lebih dahulu dan setelah habis, barulah Exceed Break diaktifkan.

  6. Force of Vanguard
    Baca dari forum luar sih katanya bonus MaxHP dan hard defense dari skill ini sudah ditiadakan, tetapi setelah saya tes ternyata tidak ada yang berubah dari skill ini. FUngsinya masih sama yaitu kemungkinan mengumpulkan spirit sphere untuk skill Rage Burst, lalu menigkatkan MaxHP dan hard defense karakter, tetapi peningkatan hard defense tidak diperlihatkan di Status Window. Semakin tinggi level-nya maka semakin banyak spirit sphere yang dikumpulkan. Pada Lv.5, skill ini bisa menampung hingga 15 spirit sphere.

    Keterangan lebih lanjut dari skill ini akan dibahas pada artikel selanjutnya. Jadi tetap stay tuned di blog ini.

  7. Inspiration
    Skill ini menggunakan BaseEXP (pengalaman) karakter sebagai persyaratannya. Pada level dibawah 150, anda membutuhkan 1% BaseEXP, tetapi setelah karakter mencapai lv.15 anda juga masih membutuhkan EXP untuk menggunakan skill ini yaitu 1 juta BaseEXP.

    Apalagi yang mempengaruhi efektifitas dari skill ini? Yang mempengaruhi adalah Base dan Job Level karakter anda. Dari nama skill-nya saja sudah inspiration yang berarti inspirasi. Inspirasi didapatkan dari pengalaman yang telah dirasakan oleh karakter, jadi semakin tinggi Base dan Job Level, maka semakin banyak pengalaman anda (secara teori).

    Saya pernah membahas skill ini lebih detail pada artikel yang berjudul Inspiration (klik). Informasinya akan di-update untuk menjamin keakuratannya.

  8. Light of Hesperus
    Untuk menggunakan skill ini, diperlukan 3 orang Royal Guard dalam keadaan buff skill Alliance dalam 1 grup dan ketiganya harus dalam area 7x7 (cukup sulit juga persyaratannya).

    Jumlah Royal GuardJumlah HitTambahan Efek Skill
    33Tidak ada yang spesial.
    44Musuh akan terkena status stun dengan kemungkinan 100% selama 4 sampai 8 detik, tidak bisa dikurangi oleh status karakter (cth: VIT).
    55Skill ini memberikan serangan dengan elemen Holy.
    66Memberikan damage 1,5x lebih besar, dan skill Pinpoint Attack Lv.1 sampai Lv.5 akan diaktifkan.
    7++7++Semua Royal Guard akan mendapatkan Spirit Sphere maksimal dari skill Force of Vanguard.

    Formula skill:
    (((Skill Level x 120) + (Jumlah RG dalam Alliance x 200)) x Base Level / 100] %

    Target: Musuh
    Variable Cast Time: 0,8 detik
    Fixed Cast Time: 0,2 detik
    Cooldown: 20 detik
    Delay: 3 detik

    Skill ini adalah skill persatuan Royal Guard (ulti), jadi semakin banyak jumlah Royal Guard dalam 1 grup, maka semakin besar damage yang dihasilkan. Info lenih detail mengenai skill ini bisa dilihat pada artikel Light of Hesperus (klik).

  9. Moon Slasher
    Skill khusus untuk senjata Spear (One-handed atau Two-handed).

    Menyerang musuh pada area 7x7, tetapi memaksa musuh untuk duduk (sit chance) hanya pada area 3x3 disekitar karakter. Level dari skill Bloody Swing mempengaruhi damage yang dihasilkan.

    LevelDamage tanpa skill Bloody SwingSit ChanceSP
    1120%40%20
    2240%48%24
    3360%56%28
    4480%64%32
    5600%72%36

    Damage Formula dengan skill Bloody Swing:
    (((Skill Lv. x 120) + (Bloody Swing Skill Lv. x 80)) x Base Lv. /100) %

    Target: Diri sendiri
    Variable Cast Time: 1 detik
    Fixed Cast Time: 0 detik
    Cooldown: (7 - SkillLevel) detik
    Delay: 3 detik

    Skill ini sangat cocok untuk anda yang suka hunting dengan MOB yang sangat banyak. Apalagi dalam kondisi WOE, bisa membuat musuh yang terkena skill, tidak sadar kalau mereka dipaksa duduk dengan kemungkinan yang sangat besar.

  10. Piety
    Membuat armor Royal Guard menjadi berelemen Holy. Membutuhkan 2 Holy Water untuk mengaktifkan skill ini. Efeknya sama dengan Angelring Card. Informasi lebih lengkap akan dibahas pada kesempatan berikut, pada artikel khusus.

    Harap dimaklumi, membuat artikel dengan jumlah skill Royal Guard yang sangat banyak membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena untuk menjamin keakuratannya dibutuhkan beberapa kali percobaan dan revisi yang bersumber dari teman2 dan informasi yang beredar.

  11. Pinpoint Attack
    Skill khusus Spear. Tidak ada perubahan yang berarti pada skill ini, tetapi saya akan menjelaskan mengenai fungsinya saja, karena saya belum pernah membuat artikel mengenai Pinpoint Attack. Damage dan kemungkinan merusak equip musuh skill ini dipengaruhi oleh AGI karakter.

    Kebanyakan Royal Guard hanya memanfaatkan efek menghancurkan equip-nya saja. Jarak serangan skill ini adalah 5 kotak, jadi sudah termasuk ke dalam skill range (jarak jauh).

    LevelDamage tanpa AGIEfek NegatifSP
    1100%Satus Bleeding50
    2200%Break Helm50
    3300%Break Shield50
    4400%Break Armor50
    5500%Break Weapon50

    Formula dengan AGI:
    (((Skill Level x 100) + (AGI x 5)) x Base Level / 120) %

    Kemungkinan efek negatif:
    30 + ((Max Lv. Pinpoint Attack yang sudah dipelajari x 5) + (AGI + Base Level) / 10)%

    Target: Musuh
    Variable Cast Time: 0 detik
    Fixed Cast Time: 0 detik
    Cooldown: 5 detik
    Delay: 1 detik

  12. Prestige
    Memberikan kemungkinan menghindari serangan magic dengan presentase yang besar berdasarkan INT dan LUK karakter. Efek lain adalah meningkatkan hard defense (equip) yang dipengaruhi oleh skill Barrier. Informasi lebih detail akan dibahas pada artikel khusus di kesempatan berikutnya.

  13. Rage Burst
    Semakin banyak spirit sphere yang anda kumpulkan dari skill Force of Vanguard, maka semakin banyak damage yang dihasilkan. Sati spirit sphere kira2 menyumbangkan 200% dari damage keseluruhan, jadi jika anda mengumpulkan 15 spirit sphere maka damage yang bisa dihasilkan adalah sekitar 3000%.

    Tetapi adalagi faktor lain yang mempengaruhi damage skill ini, nanti akan dibahas lebih lanjut pada kesempatan berikutnya.

  14. Ray of Genesis
    Sepertinya tidak ada yang berubah pada skill ini. Mengeluarkan cahaya suci dari dalam tanah dengan area serangan sebesar 11x11 kotak. Dibutuhkan 2 Royal Guard dalam satu grup yang sama, dan sama2 mengaktifkan skill Alliance dalam area 7x7.

    Rumit? Iya... tapi damage dan area yangd ihasilkan oleh skill ini sangat luar biasa besar. Informasi lebih akurat akan diberikan pada artikel khusus yang membahas skill ini. Mohon maaf kepada semua pembaca.

  15. Reflect Damage
    Memiliki kemungkinan untuk mengembalikan damage yang diterima karakter, jadi tidak seperti Reflect Shield yang selalu berhasil, hanya saja kemungkinan mengembalikan damage akan sangat besar pada lv.5 yaitu sebesar 80%.

    LevelReflectKemungkinanBatas HitSPSP / 10 detik
    120%40%10x6030
    225%50%20x8040
    330%60%30x10050
    435%70%40x12060
    540%80%50x14070

    Batas Hit adalah banyaknya kemungkinan Reflect yang berhasil, pada Lv.5 jumlahnya adalah 50, berarti setelah 50x mengembalikan damage ke musuh... skill ini akan berakhir.

    Walaupun sekarang menggunakan sistem kemungkinan, tetapi kemungkinanya tergolong cukup besar pada lv.5 jadi anda tidak perlu khawatir mengenai kemungkinan dari skill ini.

    Jika anda ingin mengandalkan skill ini, saran saya adalah pelajari hingga lv.5 untuk efektifitas maksimal karena jika dibawah level tersebut, kemungkinan mengembalikan damage kurang bagus.

    Pembahasan skill lebih lanut, bisa anda lihat pada artikel Reflect Damage (klik).

  16. Shield Press
    Menyerang musuh dengan perisai yang sangat berat. Damage yang dihasilkan berdasarkan berat dan besarnya tingkat upgrade dari shield yang digunakan. kebanyakan dari Royal Guard memanfaatkan skill ini untuk memberikan status stun ke musuh, karena kemungkinanya sangat tinggi, dan durasi dari stun yang sangat lama.

    Semakin besar DEX karakter anda, maka semakin besar kemungkinan mengakibatkan status stun kepada musuh. Informasi lebih lengkap dan akurat akan diberikan pada artikel selanjutnya yang membahas mengenai skill ini secara mendalam.

  17. Shield Spell
    Tidak ada yang berubah dalam skill ini, masih sama sepeti yang dulu. Tetapi mungkin ada yang ditambahkan dalam efeknya, oleh karena itu akan di-update secepatnya. Sementara ini untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca artikel yang berjudul Shield Spell (klik).

  18. Trample
    menghancurkan trap (jebakan, jadi bukan anime laki2 berkostum dan sangat mirip wanita) yang dipasang di tanah. Kebanyakan adalah trap Hunter class. Walaupun bisa menghancurkan trap-nya, tetapi skill ini tidak bisa menghilangkan damage dari trap tersebut jika sudah aktif (meledak). Informasi lebih lengkap akan dibahas pada artikel berikutnya.

  19. Vanishing Point
    Skill khusus Spear yang juga memiliki jarak serang cukup jauh yaitu 7 kotak. Sekarang skill ini memiliki efek meningkatkan Hit karakter ketika menggunakan skill ini (sebelum update skill balancing tidak ada).

    LevelDamage tanpa skill BashHitSP
    150%+320
    2100%+620
    3150%+920
    4200%+1220
    5250%+1520
    6300%+1825
    7350%+2125
    8400%+2425
    9450%+2725
    10500%+3025

    Formula dengan skill Bash:
    (((Skill Level x 50) + (Bash Level x 30)) x Base Level / 100) %

    Skill ini tidak memiliki Cast Time ataupun Delay, jadi tergantung dengan ASPD karakter anda saja. Satu skill andalah Royal Guard karana bisa dijadikan skill serang beruntun (spam). Penjelasan skill lebih lengkap, silahkan baca artikel Vanishing Point (klik).

Itulah review yang saya buat untuk skill Royal Guard. Jika ada saran atau kritik, silahkan tinggalkan komentar di lokasi yang telah disediakan.

Happy RO ^o^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template