Saturday, December 22, 2012

Pembahasan Semua Skill Paladin

Jika ada yang bertanya, job manakan yang memiliki support terbaik untuk melindungi grup dari serangan musuh? Kebanyakan orang akan memjawah High Priest. Tetapi job apakah yang bisa melindungi grup dan juga mengalahkan musuh secara bersamaan? Hampir semua orang sepakat, PALADIN.

Male Paladin

Skill tambahan saat karakter menjadi Paladin tidak banyak, tetapi skill2 tersebut sangat efektif digunakan sebagai alat pertahanan atau menyerang musuh.

Pada dahulu kala, job Paladin sangat disegani dengan skill andalanya yaitu Martyr's Reckoning karena Damage-nya berasal dari gabungan antara MaxHP karakter dan Weapon Card (cth: Hydra, Skel Worker). Disaat yang bersamaan pada dasarnya job Paladin itu memiliki HP yang luar biasa besar jadi sudah dipastikan Damage skill tersebut juga besar.

Satu lagi, skill yang sangat diperhitungkan dari Paladin adalah Shield Chain atau sebelumnya bernama Rapid Smiting. Damage tergantung dari STR, berat dari Shield yang digunakan (bukan hanya di Inventory) dan tingkat upgrade-nya, tetapi skill ini tidak dipengaruhi oleh ATK senjata (sebelum patch Renewal). Setelah patch Renewal, Damage skill ini menjadi semakin gila, karena Damage juga dipengaruhi oleh ATK senjata. Yang sebelumnya (sebelum patch Renewal) bisa memberikan Damage sekitar 7K (5 Hit), setelah patch Renewal Damage-nya bisa mencapai 13K (5 Hit).

Pada job level 70, Paladin akan mendapatkan bonus status yaitu STR +9, AGI +8, VIT +10, INT +7, DEX +8, LUK +3.

Untuk menjadi seorang Paladin, anda diwajibkan untuk Rebirth terlebih dahulu setelah Defender mencapai base level 99 dan job level 50.

Skill umum (tanpa persyaratan untuk menggunakanya) yang dimiliki Paladin, yaitu:
  1. Battle Chant
    Tipe: Buff grup, Debuff musuh (selain grup)
    Maksimum Level: 10
    Skill Pre-Requirement: Demon Bane level 5, Faith level 8


    Opini:
    Skill ini memiliki efek yang snagat berfariasi untuk meningkatkan kemampuan grup, dan merusak kemampuan lawan. Pejelasan yang lebih lengkap silahkan baca pada artikel skill Battle Chant untuk menghilangkan Debuff.

  2. Gloria Domini
    Tipe: Aktif
    Maksimum Level: 5
    Skill Pre-Requirement: Endure level 5, Faith level 5, Shield Charge level 2


    LevelDamageSP TargetCastDelaySP
    1 800 -20% 2,0 detik 2,0 detik 30
    2 1100 -25% 2,5 detik 2,5 detik 35
    3 1400 -30% 3,0 detik 3,0 detik 40
    4 1700 -35% 3,5 detik 3,5 detik 45
    5 2000 -40% 4,0 detik 4,0 detik 50

    Opini:
    Memiliki jarak serangan hingga 9 kotak. Damage skill mengabaikan Defense, Flee, skill pertahanan (cth: Assumpio, Auto-Guard, Energy Coat, Kyrie Eleison, Parrying, Reflect Shield, Safety Wall).

    Damage Gloria Domini (GD) juga mengabaikan Lex Aeterna (Priest), jadi tidak mendapatkan efek Damage 2 kali lipat. Saat Cast skill, GD tidak bisa dibatalkan kecuali terkena skill Spell Breaker (Sage).

    Damage Netral, tetapi mengabaikan efek Ghostring dan Golder Thief Bug Card. GD bisa dihindari dengan cara Hiding (Thief) dan Play Death (Novice).

    GD adalah skill yang digunakan oleh tipe Support untuk menyerang, karena Damage yang dihasilkan oleh mereka dengan skill serangan tidak banyak, sehingga alternatifnya adalah skill ini. Damage konstan pada level 5 adalah 2000. Ada sisi yang jelek dari GD yaitu Delay skill yang lama, walaupun Cast bisa dipercepat dengan DEX, skill Suffragium (Priest) dan Magic String () hingga dibawah 1 detik, tetapi Delay-nya tidak dipengaruhi oleh DEX dan Suffragium.

    Ada sih cara untuk mengurangi Delay, tetapi harus menggunakan equip yang mengurangi Delay skill (cth: Expert Ring) atau skill (cth: Bragis dari job Bard).

    Biasanya digunakan untuk mengganggu karkater tipe magic dan Healer seperti Priest, karena GD juga memiliki efek mengurangi CurrentSP target hingga 40% pada level 5.

  3. Martyr’s Reckoning
    Tipe: Aktif
    Maksimum Level: 5
    Skill Pre-Requirement: Endure level 1, Sacrifice level 3


    LevelDamageSP
    1 100% dari MaxHP 100
    2 110% dari MaxHP 100
    3 120% dari MaxHP 100
    4 130% dari MaxHP 100
    5 140% dari MaxHP 100

    Opini:
    Skill yang sangat ditakuti oleh hampir semua karakter termasuk Paladin itu sendiri, karena syarat penggunaanya menggunakan 9% dari MaxHP, sedangkan dalam 1 kali Cast skill, MR bisa mengeluarkan 5 Hit, jadi jumlah HP yang berkurang adalah 45% dari MaxHP. Pengurangan HP ini juga bisa membuat Paladin mati konyol, oleh karena itu jangan lupa untuk isi HP.

    Biasanya karena terlalu asik menghajar musuh dengan MR, Paladin melupakan untuk mengisi HP mereka, jadi yang mati bukanya musuh tetapi diri sendiri. Makanya kadang2 lucu aja gitu liatnya, karena terlalu bersemangat (saya juga pernah seperti itu, sering malah).

    1. Sebelum Patch Renewal
      Damage yang sangat dahsyat itu hanyalah masa lalu, setelah patch Renewal, skill ini sebaiknya dilupakan dan jangan diambil, mungkin hingga ada perbaikan atau efeknya dikembalikan seperti dulu (sebelum patch Renewal).

      Saya tidak dapat berkata banyak tentang skill ini. Jika melihat masa lalunya, Martyr’s Reckoning (MR) adalah skill. Job2 yang memiliki MaxHP kecil seperti Assassin Cross, High Wizard, Ministreal, Sniper, Stalker biasanya hanya mampu bertahan dalam 1 kali Cast MR, bahkan yang tidak mengambil VIT bisa 1 kali Hit, langsung kembali ke lokasi simpan posisi.

    2. Setelah patch Renewal
      Hampir semua orang sepakat, skill ini sangat jelek dan merugikan. Karena Damage-nya tidak seperti dulu. Jika dulu Damage juga dipengaruhi oleh Card (cth: Hydra, Skel Worker) dan equip penambah Damage (cth: Alice Doll, Masquerade, The Sign), sekarang MR hanya mengambil Damage-nya dari MaxHP Paladin, jadi Card dan equip penambah Damage sudah tidak mempengaruhi besarnya Damage skill MR.

      Beberapa karakter yang masih mengambil skill ini pun kecewa, hingga ada Reset Skill dengan membeli Neutralizer dari Kafra Shop seharga 25000 koin. Karena memang sakit hati dengan Balancing yang dilakukan oleh pihak Gravity. Bayangkan saja, HP yang berkurang sekita 5000, tetapi Damage yang diberikan ke musuh hanya setengahya atau 2500 (karena dikurangi oleh equip, card dan skill pertahanan). Itukan artinya sama dengan bunuh diri saja dan merugikan diri sendiri.

    Apa saja yang bisa mengurangi Damage dari skill MR?
    1. Skill
      1. Safety Wall (blok 100% Damage)
      2. Assumptio
      3. Counter Instinct (blok 50% Damage, tidak berfungsi jika Paladin menggunakan senjata Spear atau Two-Handed Sword)

    2. Card
      1. Thara Frog (Shield, mengurangi 30%)
      2. Raydric (Garment, mengurangi 20%)
      3. Ghostring (Armor, elemen berubah jadi Ghost jadi penguarangan sebesar 30%)

    3. Equip
      1. Beret (mengurangi 10%)
      2. Feather Beret (mengurangi 10%)
      3. Poo Hat (mengurangi 10%)
      4. Proxy Skin Fragment (mengurangi 7%)
      5. RWC Indonesia 2010 Cap (mengurangi 10%)

    4. Damage dapat dihindari dengan Perfect Dodge

    Apa saja yang TIDAK mempengaruhi Damage dari skill MR?
    1. Card selain penambahan VIT dan HP (cth: Hydra, Skel Worker)
    2. Elemen senjata, karena MR selalu Netral
    3. Skill penambah ATK senjata (cth: Weapon Mastery, Impositio Manus)

    Bagaimana setelah anda melihat penjelasan dari skill MR ini? Apakah masih tertarik untuk mengambilnya? Saya sarankan, jangan ambil!

Skill ekslusif Shield atau harus menggunakan Shield sebagai syarat penggunaanya, yaitu:
  1. Shield Chain
    Tipe: Aktif
    Maksimum Level: 5
    Skill Pre-Requirement: Shield Boomerang level 5


    Opini:
    Memiliki jarak serang (Range) sebanyak 4 kotak.

Mohon bantuan dari anda semua, jika ada keterangan skill yang salah atau harus dikoreksi. Karena penulis tidak selamanya benar dan tidak bisa juga mengetes efek skill dengan selengkap2nya. Karena memang bukan pihak yang berwenang untuk menentukan formula yang pasti untuk suatu skill.

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini, atau bisa juga tuliskan komentar anda di fan page yang sudah disediakan.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template