Monday, December 24, 2012

Level 4 Weapons (Type 2) Quest, Tjungkuletti atau Brocca

Anjeeer... 3 kali adu hompimpa, 3 kali juga saya gagal. Bener2 quest yang menguras isi dompet, emosi dan waktu. Bagaimana tidak, harga bahannya saja mahal, kalau mau meluangkan waktu untuk mencari bahan-bahannya sendiri dari mengalahkan monster, tidak terbayang waktu yang akan dihabiskan untuk mendapatkan bahan quest-nya.

Karena kegagalan berturut-turut dan telah berhasil membuat saya bangkrut ini, maka saya meutuskan untuk tidak melanjutkan quest ini demi kebaikan bersama. Tetapi jika ada teman-teman yang ingin mendonasikan sebagian zeny-nya, tentu akan saya terima untuk meneruskan quest ini #ngakak.

Catatan:
Jika sudah selesai, anda bisa mengulang quest ini.

Persyaratan Quest

Tidak ada persyaratan dalam quest ini. Anda hanya harus memiliki kekuatan mental jika gagal dalam adu hompimpa (batu, gunting, kertas). Ada baiknya anda mempersiapkan bahan2 yang diperlukan yaitu 2 Hammer of Blacksmith, 1 Emperium Anvil, 1 Illusion Flower, 20 Gold dan 3 set bahan yang masing2 set-nya berjumlah 30 barang yang dibutuhkan (akan diberitahukan pada langkah quest).

3 set barang yang masing-masing set-nya harus dibawa sebanyak 30 buah itu sangat tidak mudah untuk didapatkan (khususnya server Fun and Chat setelah patch Renewal). Percayalah, karena jika anda mencarinya sendiri, mungkin 1 bulan pencarian belumlah cukup.

Kebangkrutan Dimulai

Dalam quest ini tentu saja ada rasa deg-degan jika saya gagal dalam adu hompimpa, yang tidak ada polanya untuk selalu berhasil. Jadi berhasil atau tidaknya anda benar-benar tergantung dari keberuntungan, kewangian tangan (anda mandi atau tidak), wajah, seberapa banyak amal baik yang anda telah lakukan, dan yang terpenting adalah apakah Tuhan meridhoi quest anda atau tidak.
  1. Pergilah ke kota Al De Baran, temui dan bicaralah dengan Bill Thayer (aldebaran 178, 239). Dia adalah pembuat senjata yang sangat hebat dimasa lalu. Sayangnya, ketika anda berbicara pertama kali, dia hanya akan menceritakan mengenai anak2nya dan memintamu untuk pergi.


  2. Pergilah ke kota kematian yaitu Niffleheim dan temui salah satu dari keempat anaknya yaitu Reyghema.


    Video yang lebih besar di Channel saya

    Untuk pergi ke Nifflheim, anda bisa berjalan melalui Pohon Yggdrasil dari kota Umbala atau melalui quest Bungee Jumping.

  3. Jika sudah sampai di kota Nifflheim, segera bicara kepada Reyghema (nifflheim 99, 268). Tetapi hati-hati, karena ada banyak monster disini khususnya berhati-hati dengan kehadiran Lord of Death.


    Reyghema akan mengeluhkan atau sedikit curhat mengenai masalalunya, tetapi katakan kepadanya bahwa dia masih hebat seperti dulu.

  4. Kembalilah ke Bill Thayer di kota Al De Baran. Dia akan mengatakan kalimat bijak yang akan membuat Reyghema teringat tentang masa lalunya ketika masih rajin melakukan penelitian senjata.


  5. Setelah Bill Thayer memberikan kalimat bijaknya, kembalilah ke Nifflheim untuk berbicara kepada Reyghema. Katakan kalimat bijak yang dikatakan Bill Thayer kepada Reyghema.


    Besar kecil husuf yang dimasukkan berpengaruh,
    harus diperhatikan dengan baik!

    Setelah itu dia akan bersedia membuatkan anda senjata yang dulu pernah dia teliti. Tetapi dia membutuhkan beberapa barang untuk membuat senjata yang diinginkan yaitu 2 Hammer of Blacksmith, 1 Emperium Anvil, 1 Illusion Flower, dan 20 Gold.


  6. Jika anda sudah memiliki barang2 tersebut, kembalilah dan berikan kepada Reyghema. Barang2 yang diminta tidak harus dicari dari monster, karena anda bisa membelinya dari pemain lain, tetapi mungkin harganya cukup mahal.

    Setelah dia mengambil semua barang yang dibutuhkan, dia akan meminta anda untuk membawakan bahan spesial untuk membuat senjata tetapi sayang dia lupa.

  7. Kembalilah ke Bill Thayer, dia akan memberitahukan bahan apa yang harus anda bawakan untuk Reyghema. Nah, disinilah masalahnya. Ada 2 jenis tipe bahan yang mungkin anda dapatkan. Masing bahan akan menghasilkan senjata yang berbeda.

    Saya akan menyebutnya sebagai tipe 1 dan tipe 2. Misalkan anda diberitahukan untuk membawa bahan tipe 1 yaitu Muscovite, Rose Quartz dan Peridot maka senjata yang mungkin anda dapatkan adalah Berserk atau Rudra Bow.

    Sedangkan jika anda diminta untuk membawa bahan tipe 2 yaitu Biotite, Agate dan Citrin maka senjata yang mungkin anda dapatkan adalah Tjungkuletti atau Brocca. Nah, artikel ini kan embahas mengenai mendapatkan Tjungkuletti atau Brocca, maka anda harus mendapatkan bahan tipe 2.


    Jika dialog yang muncul seperti ini, anda harus langsung DC. Jangan tunggu sampai dialognya berakhir, karena jika sudah berakhir, anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan bahan tipe 2.

    Monster yang menjatuhkan bahan-bahannya, yaitu:
    • Muscovite: Ogretooth
    • Biotite: Biotite
    • Citrin: Chimera
    • Agate: Arc Angeling
    • Peridot: Ungoliant
    • Rose Quartz: Zealotus


    Ada kesalahan dalam penulisan dialog,
    karena anda harus membawa masing2 30 buah bahan, bukan cuma 3

    Triknya adalah ketika anda berbicara pertama kali dengan Bill Thayer, kemudia dia memberitahukan bahan yang tidak anda inginkan, yang harus anda lakukan adalah DC (disconnect) dengan menekan tombol Alt F4. Setelah itu masuk lagi ke game dan bicara lagi ke Bill Thayer hingga anda mendapatkan informasi mengenai bahan yang anda inginkan.

    Catatan:
    Kemungkinan untuk mendapatkan bahan tipe 1 dan tipe 2 masing2 adalah 50%, jadi cobalah terush hingga anda mendapatkan tipe yang diinginkan.


  8. Jika anda sudah mendapatkan tipe bahan yang diinginkan, segera kumpulkan bahan2nya. Kalau sudah lengkap, berikanlah bahan2 tersebut ke Reyghema.

    Masalah terbesar dalam quest ini pun akan dimulai. Reyghema tidak akan membuatkan anda senjata dengan mudah, dia ingin melihat seberapa besar keberuntungan yang anda dengan cara berain hompimpa (batu, gunting dan kertas).

  9. Anda harus memenangkan 2 dari 3 permainan hompimpa ini. Jika anda kalah maka Reyghema akan mengambil salah satu bahan yang paling spesial dari set yang anda bawa.


    Cara bermain hompimpa adalah anda diharuskan menuliskan di sebuah kertas, lalu pada akhir permainan, akan dibandingkan dengan masing2 kertas.


    Permainan ini murni tergantung dari keberuntungan anda
    jadi santai saja jika kalah

    Jika permainan susah selesai, maka Reyghema akan membandingkan kertas milik anda dengan miliknya.


    Dia menulis kode seperti gambar diatas, sedangkan saya juga menuliskan kode sama seperti yang dia tulis. Dengan kata lain kami seri, tetapi seri disini memiliki arti saya kalah.

    Dalam kasus kita ini, barang spesial pada bahan tipe 2 adalah Agate. Jika gagal, maka dia akan mengambil 30 Agate yang anda bawa dan harus mengumpulkannya lagi untuk mengikuti hompimpa berikutnya.


    Anda akan sedih
    jika melihat dialog ini di dalam game

  10. Misalkan anda sudah berhasil memenangkan hompimpa dengan Reyghema, dia akan memberikan anda salah satu dari 2 senjata yang bisa dibuatnya. Dalam kasus kita ini, kalau tidak mendapatkan Tjungkuletti maka anda akan mendapatkan Brocca. Pokoknya hanya mendapatkan salah satu dengan kemungkinan masing2 adalah 50%.


    Brocca (kiri), Tjungkuletti (kanan)

    Jadi jika anda tidak mendapatkan senjata yang diinginkan setelah bersusah payah selama ini, saya harap anda tidak sedih dan jangan pensi iya. Karena dalam quest ini memang mengandalkan keberuntungan anda.


    Saya mengerti perasaan anda jika gagal dalam hompimpa
    dan harus mengulang tetapi tetap gagal

    Jika masih penasaran, anda bisa mengulang lagi. Dengan catatan, belum tentu juga akan mendapatkan senjata yang diinginkan HA... HA... HAAA!

Mohon maaf sebelumnya kalau kata2 saya dalam artikel ini penuh dengan emosi, secara gagal 3 kali sama artinya membeli 30 Agate (jika gagal, maka barang yang dianggap paling langka yang diambil) yang harga satuannya adalah 5juta zeny (beli dari karakter lain). Kalau dijumlahkan maka biaya yang saya hamburkan berjumlah 450juta zeny (bidji beneeer, beli White Potion aja saya mikir-mikir).

Hadiah yang sangat saya harapkan dari quest ini adalah Tjungkuletti. Sedikit curhat, walaupun misalnya saya berhasil dalam adu hompimpa, masalah barunya adalah jika saya mendapatkan Brocca. Secara, Brocca milik Knight adik yang saya pinjaman terjatuh saat melintasi Nifflheim Field (#kecerobohan). Jadi sama saja bohong kalo saya mendapatkan Brocca dalam quest ini.

Pesan saya:
Judi bukanlah kegiatan yang baik walaupun dalam dunia maya.

Sakit hati dan sesak di dada sudah pasti, but this is just a game. Jangan terlalu dibawa serius, karena masih banyak hal menarik dan menyenangkan yang bisa didapatkan dari game Ragnarok Online Indonesia, dan semoga kegagalan saya ini bisa dijadikan pelajaran untuk teman-teman semuanya.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template