Sunday, December 23, 2012

Kiel Hyre Quest

Ini adalah salah satu quest yang sangat panjang, jadi siapkan mental anda untuk menjalaninya! Petualangs ejati tidak takut dengan tantangan, jadi apakah anda menerima tantangan saya untuk menyelesaikan quest ini? Jika iya... lanjutkan membaca dan kerjakan questnya.

Special thanks to axarone (Lytogame Forum), karena bantuan darinya maka artikel ini bisa diselesaikan (semua isi artikel ini adalah persembahan axarone untuk RO mania). Tanpa bantuan dari axarone, mungkin artikel ini tidak mungkin selesai, secara... panjang bangeeet.

Persyaratan Quest

Tidak banyak persyaratan yang dibutuhkan, hanya membutuhkan minimal base level 70 untuk menjalankan quest ini.

Petualangan yang Panjang Dimulai

Siapkan mental, kuatkan iman dan sediakan banyak kopi untuk mempertahankan selama menjalankan quest ini (supaya enak sih), kalu mengantuk, jangan paksakan diri untuk begadang tapi langsung tidur saja. Pelan tapi pasti itu lebih baik daripada tidak sama sekali.
  1. Masuk kedalam Bar Juno yang terletak di sudut kiri bawah Juno (yuno 51,105). Didalam, akan muncul dialog oleh Master. (Bila sudah pernah pergi ke tempat ini, dialog tidak akan muncul lagi, langsung menuju langkah berikutnya).


    Lokasi bangunan dimana master berada

  2. Bicaralah dengan Master dan terima permintaannya untuk mengirimkan Culinary Wine ke Akademi Kiel Hyre.


    NPC yang harus anda temui

    Apabila merasa jalan dari juno terlalu berbahaya (karena banyak monster agresif), anda dapat melalui jalan alternatif dari Al De Baran.


    Jalan menuju akademi akan sangat berbahaya

  3. Pergilah ke Akademi Kiel Hyre (yuno_fild08 159, 189) lalu berbicara kepada penjaga untuk memberitahu tujuan kedatangan anda.

    Ketik 2 kata ini:
    • Lecollane
    • Anggur Culinary


    Bicaralah padanya dengan mengucapkan 2 kata diatas dengan baik,
    besar kecilnya huruf mempengaruhi

  4. Setelah berbicara kepada penjaga, anda akan diteleport langsung kedalam akademi. Turuni tangga diarah kiri atas dan masuki ruang kelas tempat Nyonya Lecollane.


    Dia adalah wanita yang sangat mempesona

  5. Bicara pada Nyonya Lecollane, disini anda akan mendengar Elly. Elly berada sekitar arah jam 5 dari Nyonya Lecollane. Terima permintaannya untuk mencari bahan-bahan membuat kue.

    Bahan-bahannya:
    • 1 Culinary Wine: Dapat diambil di bar kota Yuno (yuno 51, 105).
    • 7 Milk: Dapat dibeli di NPC Milk vendor (Prontera, Izlude, dll).
    • 5 Cacao: Drop dari monster Yoyo.
    • 2 Cheese: Drop dari monster Evil Cloud Hermit.
    • 1 Egg dan 1 Flour: Toast Shop (yuno 217, 114).

  6. Untuk Egg dan Flour, bicara pada NPC Cezu. Dia akan meminta anda untuk pergi ke Lighthalzen untuk mengambil Delivery Package.


    Daerah kumuh di Timur Lighthalzen


    Bicara kepada Little Kid untuk mendapatkan Delivery Package

    Catatan:
    Letak NPC Windmill Owner berada didaerah kumuh Lighthalzen (lighthalzen 365,300). Bila sudah pernah melalui Quest Persahabatan, jangan lupa membawa "Pass" untuk memudahkan akses keluar masuk daerah kumuh.


  7. Setelah menerima Delivery Package, kembali ke Cezu dan dia akan memberikan Egg dan Flour yang dibutuhkan. Begitu seluruh barang telah lengkap, kembali ke Elly. (Pada bagian ini, NPC Penjaga akan membiarkan anda lewat dengan bebas).

  8. Berikan seluruh barang2 yang diminta pada Elly, dia akan memberikan 5 Well-Baked Cookies sebagai ucapan terima kasih.

  9. Kembali berbicara pada Elly, karena merasa anda dapat dipercaya, Elly meminta anda untuk mengirimkan kue yang telah dia buat kepada kakeknya.

  10. Pergilah ke Villa Kiel Hyre yang terletak diutara akademi (yuno_fild02 92,207).


    Lokasi Kiel Hyre Dungeon

  11. Bicara pada penjaga villa, tetapi sayangnya kakek sedang pergi. Kembalilah kepada Elly untuk menginformasikan yang terjadi.

  12. Elly akan memberikan sebuah kunci untuk masuk kedalam vila.


    Anda akan mendapatkan Key

  13. Kembali ke villa, gunakan kunci yang didapat untuk masuk ke gudang. (Sebelum diteleport masuk kedalam gudang, akan muncul dialog sebagai kode yang anda harus lakukan.


    Perhatikan tulisan pada gambar

  14. Saat masuk kedalam gudang, berjalanlah sesuai kode yang telah diberikan. Maju 6 kotak, Kiri 3 kotak, maju 3 kotak, dan kiri 4 kotak. Bila melewatkan kode tersebut, berjalanlah menuju (kh_vila 179, 12) sekitar tumpukan kotak di bagian kanan bawah ruangan. Disini anda akan mendapatkan "Letter to Elly".

  15. Kembali kepada Elly dan berikan surat yang ditemukan. Kemudian kembali berbicara kepadanya dan pilih seluruh pilihan yang ada.

  16. Kembali ke gudang di Villa Kiel Hyre. Periksa "Book" yang ada di ujung gudang untuk mengaktifkan tombol untuk membuka jalan rahasia (kh_vila 191, 14) menuju Villa.


    Catatan:
    Sebelum sampai pada poin ini, ada baiknya anda membawa "Pet Food"

  17. Sampai divilla, anda dapat membeli "Pet Food" yang dapat membantu anda untuk melanjutkan quest ini dengan harga 1100 zeny (lebih baik menyiapkan sendiri dengan membeli dari NPC karena harganya akan lebih murah).


  18. Posisi anda berada di dapur, ambil portal kanan bawah menuju sebuah ruangan dimana anda akan menemukan sebuah Peta Dunia. Periksa peta tersebut dan anda akan menemukan sesuatu yang tersembunyi disana, tetapi anda perlu mencari cara tanpa merusak petanya.

  19. Kembali ke dapur dan periksa pot. Gunakan pot tersebut untuk menemukan puisi yang ada dibalik peta dunia.


  20. Dari posisi anda, ada portal sudut kiri bawah ruangan, masuk dan lihat kedalam Calabash didekat perapian untuk menemukan Old Bronze Key.

  21. Pergi kearah kanan untuk menemukan ruangan dengan tanaman. Cek kolam dan tarik tuas kiri untuk menemukan tombol didasar kolam. Teka tombol tersebut sehingga portal menuju lantai berikutnya terbuka.


  22. Dari posisi anda, ambil portal didekat anda, dan masuk kedalam portal di kanan atas. Anda akan sampai pada tangga menuju lantai 2.


  23. Masuk ke lantai 2, anda akan dihadang oleh anjing penjaga. Pilih pilihan maju kedepan, kemudian lemparkan "Pet Food" yang anda punya untuk mengalihkan perhatian anjing penjaga.

  24. Pada lantai 2, periksa seluruh ruangan. Pada ruangan pertama (tempat tidur), periksa laci disebelah tempat tidur untuk mendapatkan "Yellow Keycard".

  25. Pada ruangan kedua (ruang kerja), periksa dokumen diatas meja untuk menemukan kertas kosong dengan cap Kiel Hyre. Kemudian periksa kotak di ruangan tersebut dan gunakan Old Copper Key untuk mendapatkan "Green Keycard".

  26. Pada ruangan ketiga (perpustakaan), periksa lemari buku di bagian kanan atas ruangan. Gunakan semua kunci yang anda punya, dimulai dengan "Cottage Key" kemudian "Green Keycard" untuk mendapatkan "Steel Box".



  27. Kembali keruangan pertama, periksa lemari yang berisi cairan kimia. Gunakan cairan berwarna biru untuk menemukan puisi pada kertas.


  28. Kembali ke lantai 1, anda akan menemukan sebuah objek disebelah tangga. Gunakan 2 puisi yang anda temukan untuk menyelesaikan puzzle ini.

    Pedang pertama ke ular kedua,
    Pedang kedua ke ular keempat,
    Pedang ketiga ke ular pertama,
    Pedang keempat ke ular ketiga.



  29. Anda akan diteleport kesebuah laboratarium rahasia. Klik pada tabung yang paling kanan, dan ketik kalimat berikut: a little lost devil


    Anda akan mendapat sebuah kode rahasia: 4772961

  30. Kembali ke Elly. Sekarang, Elly akan menunggu anda di asramanya yang terletak d belakang akademi.


  31. Cek "Window" dan panjatlah pipa air untuk masuk kedalam kamar Elly. Didalam, anda akan menemukan Elly yang telah menjadi batu.


  32. Cek kotak yang ada diatas meja untuk menemukan catatan Elly. Kemudian bicara lagi kepada Elly untuk membangunkannya.


    Ketik: waktunya untuk bangun Elly!


    Elly kemudian akan menjatuhkan Golden Key dan Luxurious Button.

  33. Kembali berbicara kepada Elly, untuk membuka Steel Box. Anda akan mendapatkan Blue Keycard.

  34. Keluar dari kamar tersebut dan cek kuburan diluar asrama.

    Gunakan Kunci dan angka yang telah kalian dapatkan, ketik:
    • Yellow Keycard
    • 4772961

    Pada bagian ini, anda akan sampai pada Dungeon Kiel Hyre level 1.

    Penting!
    Pada dungeon ini kumpulkan 4 atau lebih "Solid Iron Piece" untuk melanjutkan quest. Berhati-hatilah terhadap beberapa monster disini karena dapat meledakkan diri

  35. Berjalanlah menuju pintu dibagian sudut kanan bawah peta (kh_dun01 234, 49). Gunakan Blue Keycard untuk membuka pintu tersebut. Didalam anda akan menemukan 5 NPC. Berbicaralah pada NPC yang berada ditengah. Kemudian pilih Golden Key.


    Catatan:
    Kesalahan memilih akan men-summon Constant yang akan meledakkan diri didekat anda.


  36. Setelah anda pindah keruangan lain berisi 1 NPC, berbicaralah dengannya. Anda akan mendapatkan Red Keycard. Kembali berbicara dengan Allysia, anda akan diteleport kembali ke pintu masuk.

  37. Pergi ke arah kanan atas (restricted area) (kh_dun01 166, 223) dan masukkan Red Keycard.


  38. Setelah memasuki restricted area, pergi ke pintu terakhir didekat portal bagian kanan (kh_dun01 223, 232). Anda akan menemukan Kiel disana
    dan akan menerima Metal Fragment.

  39. Kembali Ke Allysia dan dia akan menyuruh anda untuk pergi ke Lighthalzen untuk bertemu tuannya.

  40. Setelah sampai di Lighthalzen, pergi ke mansion Kiel Hyre (lighthalzen 188, 204), masuk dan bicara dengan Steward dan tunjukkan Golden Key.


  41. Anda akan diteleport keruangan Kiel, bicaralah dengannya. Anda akan mendapatkan base Exp dan Taming Gift Set. Kemudian bicaralah kepada Allysia untuk mempelajari tentang robot.


    Just info:
    Kiel Hyre (kiri), robot sekretaris cantik Allysia (kanan)

    Pada poin ini akan jelas bahwa Allysia merupakan robot generasi pertama. Anak Kiel, Kiehl, menciptakan robot generasi ketiga. Pelaku penyerangan akademi adalah Kaiser yang merupakan pengawal Kiehl

  42. Keluar dari mansion, anda akan pingsan dan berpindah ketempat lain. Bicara dengannya dan setuju untuk membantunya, terus bicara dengannya sampai anda berpindah ke Yuno.


  43. Mencari tahu siapa sebenarnya Allysia. Mitchell mengatakan 20 tahun yang lalu ada wanita yang bunuh diri bernama Allysia. Menurut Mitchell, Allsyia sekertaris Kiel mirip dengan wanita yang bunuh diri tersebut.

    Sesampainya di Juno, temui 2 orang nenek (sekitar koordinat 253,136). Bicara dengan nenek yang membawa tongkat dan tanyakan dimana bayinya. Dia akan marah dan menyebut nama bayinya Allysia.

  44. Kemudian berbicaralah pada Old Lady didekatnya. Dia akan memberikan Rosimmer Mansion Keys.


  45. Berjalan kearah kanan dari 2 nenek tersebut dan masuk kedalam portal kedalam mansion Rosimier (270,139).

  46. Didalam, naiklah ke lantai 2. Ambil koridor ke arah selatan dan masuk kedalam portal pertama. Setelah masuk portal anda akan menemui 1 koridor panjang berisi 6 portal.

  47. Masuk kedalam portal kiri bawah, periksa laci kedua untuk menemukan K.H's Letter. Periksa rak buku untuk menemukan James's Note.


  48. Kembali ke lantai 1, masuk portal disebelah kanan. Periksa lemari buku. Anda akan menemukan Woman's Portrait.

  49. Masuk ke portal dibawah ruangan, periksa meja. Anda akan menemukan Family Portrait.



  50. Kembali ke Old Lady, dia akan menyuruh anda untuk menemui Fisherman yang menemukan tubuh Allysia di sungai. (1 peta dibawah Akademi Kiel Hyre, atau 1 kali keatas dan 1 kali kekiri dari Al De Baran).


  51. Temui Fisherman (yuno_fild12 232,224) dan dia akan meminta anda untuk memberikan 10 Fish Slice.


    Lokasi toko Sushi di Amatsu (amatsu 212,116)


    Beli Fish Slice secukupnya

  52. Setelah berbicara dengan Fisherman, pergi ke rumah bekas Kiel 1 peta kearah kanan dari akademi (yuno_fild09 158,217). Selidiki "Wooden Board" yang tersembunyi di semak-semak untuk mendapatkan Man's Portrait.


  53. Kembali ke Kiel Mansion di Lighthalzen, bicara dengan Steward dan Pilih Mitchell.

  54. Bicara pada Mitchell dan Mitchell akan meminta anda untuk berbicara dengan Kiel dan Kiel akan menceritakan seluruh ceritanya.

  55. Setelah selesai menceritakan masa lalunya, dia akan minta bantuan anda untuk menghentikan anaknya, Kiehl dan membawa kembali Cincin Allysia.

    Catatan:
    Siapkan 4 Solid Iron Piece yang telah anda dapatkan pada Kiel Dungeon level 1 karena monster2 pada tempat ini tergolong sebagai slave, sehingga persentase drop barang lebih kecil (Normal Aliot & Alicel: 30% drop Solid Iron Piece, Aliot & Alicel slave: 5%).

    Pada bagian terakhir dari Quest Kiel, siapkan potion anda karena pada bagian ini anda akan bertarung melawan Boss Monster: Kiel.


  56. Bicara pada Kiel, dia akan membukakan pintu menuju laboratarium rahasia.

  57. Didalam, periksa "Receiver" untuk men-summon 1 Alicel dan 1 Aliot. Setelah mengalahkan monster, ambil Black Keycard yang berguna untuk membuka pintu.


  58. Periksa Vase disebelah Receiver, dan putar vas tersebut untuk nemukan sebuah pesan. Bunyi pesan: "Sang kelinci sering melihat pada pintu. Sang malam menelan asian jeruk".


  59. Periksa Box dibagian bawah, ketik: open the door


    Anda akan mendapatkan Toy Key

  60. Berjalan ke kanan untuk pergi keruangan berikutnya. Pada bagian ini akan ada monster yang akan mengganggu perjalanan anda. Berjalanlah sampai tiba disebuah ruangan dengan pintu. Ketik: Toy Key


  61. Pintu akan terbuka dan lanjutkan ke pintu berikutnya. Ketik: Black Keycard


  62. Setelah pintu terbuka, lanjutkan menuju pintu ketiga. Pada ruangan ini ada tabung dibagian kiri untuk men-summon monster yang menjatuhkan Black Keycard, bila kunci anda habis.

    Catatan:
    Pada bagian ini, setelah pintu terbuka, usahakan sudah tidak ada Black Keycard lagi di invetory. Jika Black Keycard masih tersisa setelah quest ini selesai, silahkan jual saja ke NPC.


  63. Pada ruangan terakhir, monster akan lebih banyak dari ruangan sebelumnya. Lanjutkan perjalanan sampai pada pintu terakhir.

  64. Pada pintu terakhir, dorong pintu sebanyak 4 kali. Setiap 1 kali dorongan akan men-summon 1 Alicel dan 1 Alliot. Kemudian, gunakan 4 Solid Iron Piece yang anda punya untuk menahan pintu.


  65. Setelah pintu terbuka, masuk dan anda akan disambut oleh beberapa monster. Kalahkan semuanya dan maju menemui Kiehl.


  66. Bicara pada Kiehl dan dia akan men-summon monster untuk membunuh anda. Kalahkan semua monster.


    Kiehl adalah anak dari Kiel

  67. Kembali berbicara pada Kiel. Mitchell dan Rekenber grup akan muncul dan mengelilingi Kiehl. Kemudian Kiehl akan menyerang.


    Catatan:
    Berhati-hatilah pada bagian ini. Bila anda kalah, anda harus mengulangi langkah awal (tanpa menyiapkan solid iron piece lagi).


  68. Setelah mengalahkan Kiehl, dia akan meledakkan laboratarium, anda punya waktu 3 menit untuk kabur. Bicara lagi kepada Kiehl untuk mendapatkan Allysia's Ring.


    Just info:
    Pada bagian ini jati diri Kaiser, pengawal Kiehl akan jelas (anak buah Mitchell dari Rekenber Group). Ternyata Kiehl menciptakan dirinya yang lain untuk melawan anda. Kiehl yang asli kabur setelah membuka jalan keluar untuk anda.


  69. Berikan cincin tersebut kepada Kiel, dia akan merekomendasikan untuk mencari Kiehl di Kiel Hyre level 2. Kiel akan memberikan Old Card Album dan 1.000.000 exp pada anda. Dan juga Luxurious Keycard untuk akses ke level 2.


    Finally... selesai juga quest-nya!

Menantang banget kan. Panjang gitu lhooo. Jadi untuk anda yang suka mengeluh main game tidak ada tantangan, silahkan jalankan quest ini dan rekomendasikan kepada RO Mania lain untuk menjalankan quest ini juga.

Ada banyak cara untuk bersenang2 di IdRO, salah satunya adalah dengan menjalankan quest yang ada di game.

Happy RO ^^

7 comments:

  1. cara apus barang questnya gimana ya?ga kuat sumpah /sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa dihapus, harus diselesaikan, baru bisa ilang

      Delete
  2. pas saya kalah sama kiel d-01 nya, terus saya balik lagi, somehow saya sudah dianggap menang sama kiel d-01nya

    ReplyDelete
  3. mas, kalo ndak pingsan itu kenapa yah>

    ReplyDelete
  4. stuck di kiel ama allysia, ada yang bisa kasih solusi ndak?

    ReplyDelete

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template