Tuesday, December 25, 2012

Indonesia di Game Ragnarok Online

Negara mana yang mampu menyangkal kekayaan budaya Indonesia. Eksistensi RO Mania dalam game Ragnarok Online juga sudah sangat mendunia, Terbukti dengan adanya kebudayaan yang diadopsi menjadi patch khusus yaitu Dewata Island beberapa waktu yang lalu. Dewata Island adalah nama lain dari pulau Bali. Dalam patch tersebut, ada senjata, monster, binatang hingga lokasi bersejarah di Indonesia yang dimasukkan ke dalam materi patch.

Pada artikel ini, saya akan menunjukan aslinya dari apa yang ada dalam patch Dewata tersebut. Jadi sedikit banyak, jika anda membaca artikel ini dengan baik, maka anda telah sedikit mempelajadi sejarah Indonesia.

Ketika mengetahui patch Dewata mengadopsi sebagian dari apa yang ada di Indonesia, saya bangga banget rasanya dan semakin betah main RO, walaupun saat main ke map Dewata hanya terbayang macet dan banjir. Berikut ini adalah penampakan Indonesia di game Ragnarok Online.

1. Bambu Runcing
Senjata tradisional bangsa Indonesia yang dibuat dari bambu kuning atau biasa, ketika berjuang melawan penjajah. Bagi saya, bambu runcing adalah simbol dari keberanian. Secara, para penjajah itu membawa senapan api (bukan Airsoft) untuk menghadapi rakyat Indonesia.


Bambu Runcing:
accessory limited edition pada event 17 Agustus 2011

Apakah anda tahu kenapa kita dijajah? Karena bumbu dapur atau yang lebih elegan disebut rempah-rempah (bawang merah, bawang putih, pala, merica, dan lain-lain). Mungkin karena jaman itu belum ada tukang sayur, jadi mau tidak mau mereka harus menjajah untuk mendapatkan rempah-rempah.


Monumen Bambu Runcing
di Surabaya

Jika sudah ada tukang sayur, kemungkinan besar mereka akan beli disana. Tidak mungkin repot-repot membuang-buang peluru untuk berebut bumbu dapur tersebut. Maka sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada semua tukang sayur atas jasanya menjaga perdamaian Indonesia.

2. Bandana Merah Putih
Ikat kepala yang berwana merah dan putih, seperti bendera kebangsaan Indonesia. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Digunakan oleh beberapa orang dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.


Bandana Merah Putih:
Headgear yang dijual di Item Mall pada saat event 17 Agustus

Di Item Mall, harga dari barang ini adalah 1708 Koin yang memiliki arti 17 adalah tanggal sedangkan 08 adalah bulan Agustus. Dulu sih ada quest untuk mendapatkan barnag ini, hanya bisa dijalankan pada event hari kemerdekaan. Tetapi saat itu, tidak ada lagi event seperti itu di IdRO.


Bendera merah putih kebanggaan bangsa Indonesia
berkibarlah selama2nya

3. Butoijo
Banyak sekali mahluk halus yang ada di Indonesia. Nah salah satunya adalah Butoijo, hantu yang katanya tinggi besar dan berwarna hijau. Mungkin lebih mirip dengan The Incredible Hulk, hanya saja Butoijo memiliki wajah yang lebih buruk dan gigi yang lebih panjang (tonggos).


Butoijo:
monster baru pada patch Dewata Island

Saya tidak mendapatkan informasi yang lebih lanjut mengenai hantu ini, mungkin anda bisa Search sendiri jika ingin mengetahuinya lebih lanjut. Saya sih jujur saja, ngeri membahas penampakan2 seperti itu.


The Incredible Hulk:
karekter yang paling pas untuk mengilustrasikan Butoijo

4. Candi Borobudur
Candi terbesar yang terletak di daerah Yogyakarta. Serius! Kalau diperhatikan dengan akal sehat, cerita rakyat dari dibangunnya candi ini sangat mustahil dan tidak masuk akal banget, cocok disandingkan dengan serial sinetron di Indos*ar, temannya ksatria yang naik elang itu, tetapi bukan Royal Guard).


Candi Borobudur pada patch Dewata Island
game Ragnarok Online


Bentuk asli Candi Borobudur
di Magelang

Panjang deh ceritanya jadi tidak dibahas lebih lanjut (cukup tahu saja), jika mau tahu selengkapnya, silahkan Search sendiri (mohon maaf jika anda penasaran). Padahal aslinya (kenyataan sesungguhnya menurut pakar sejarah) candi ini dibangun pada jaman kerajaan Syailendra.

5. Cendrawasih Crown
Diambil dari nama burung Cendrawasih, fauna langka dan dilindungi dari Papua Barat (Irian Jaya).


Burung Cendrawasih:
monster baru pada patch Dewata Island

Burung yang memiliki buntut yang sangat indah dan berwarna warni. Walaupun sangat langka, burung ini tetap ditangkap oleh para pemburu liar.


Cendrawasih Crown:
Headgear baru pada patch Dewata Island

Untuk mendapatkan Headgear ini, anda harus menjalankan quest Legendary Crown, yang bisa diambil di Dewata Island. Headgear ini tidak bisa Drop ketika anda terbunuh, dan tidak bisa juga ditrans (account bound).


Burung Cendrawasih:
memiliki bulu yang sangat indah dan berwarna warni

6. Comodo
Kadal terbesar yang ada di dunia ini. Maaf saya tidak begitu mengenal Komodo, tetapi saya tahu, monster ini adalah fauna langka yang sangat dilindungi. Walaupun fauna ini juga berada di Ragunan (Jakarta), tetapi asal mula dari Komodo ini adalah dari pulau Komodo.


Comodo:
monster baru pada patch Dewata Island

Beberapa waktu yang lalu pulau Komodo menjadi finalis dari Neo Seven Wonder, hanya saja tidak berlanjut lebih jauh karena birokrasi yang sangat berbelit2.

Ilustrasi (Komodo) dari Whatafy.com!

Komodo dalam bentuk nyata
ukurannya sangat besar, memiliki otot yang kuat dan sangat berbahaya

7. Keris
Senjata spesial yang dibuat oleh Empu (Blacksmith tingkat tingi versi Indonesia) dan dipercaya memiliki kekuatan magis di dalamnya. Tidak semua pengrajin bisa membuat keris yang berkualitas karena kemampuan membuat keris diwariskan secara turun kemurun ke generasi dibawahnya.


Keris:
senjata yang bisa didapatkan dari quest di Dewata

Keris yang paling ternama adalah keris Empu Gandring. Banyak juga cerita mistis yang pernah dirasakan oleh pemilik keris jika tidak rutin membersihkannya, seakan2 ada gangguan dari mahluk halus yang menyerang penggunanya. Oleh karena itu, keris wajib dibersihkan setiap setahun sekali, tepatnya tanggal 1 Syuro.

Ketajaman dari senjata ini sangat mantap, karena keris dibuat dari logam berkualitas terbaik. Bentuknya juga meliuk-liuk seperti ular, sehingga siapapun yang ditusuk oleh senjata ini, pasti akan merasakan penderitaan yang sangat menyiksa.

Ilustrasi (Keris) dari Swordsantiqueweapons.com!

Senjata yang sangat elegan dan antik
dipercaya memiliki kekuatan magis di dalamnya

Jangan terlalu serius ketika menonton acara televisi yang menunjukkan bahwa keris bisa mengeluarkan cahaya laser yang meledakkan batu besar, itu hanya visual efek. Tetapi cerita tentang Empu Gandring itu sepertinya kenyataan (true story).

8. Pulau Comodo
Sepertinya sudha tidak perlu di jelaskan lagi, karena pembahasan mengenai Komodo sudah cukup menjelaskan mengenai pulau ini. Walaupun dari dulu sudah ada pulau Comodo, tetapi setelah patch Dewata, semakin memperjelas eksistensi Indonesia dari pandangan dunia Internasional. Sehingga tidak menutup kemungkinan kita semua juga bisa go internasional.

Ilustrasi (Pulau Komodo) dari Itravelindonesia.com!

Pemandangan pulau dari atas
walaupun terlihat agak gersang, tetapi sesungguhnya sangat indah

Mau go internasional? Caranya gampang, minimal anda menguasai bahasa Inggris, sudah sangat cukup untuk menguasai dunia mimpi.

9. Roh Leak
Perwujudan dari Roh sakral dari pulau Dewata yang sampai sekarang masih merupakan misteri. Berbentuk seperti monster, memiliki taring, kuku yang sangat panjang dan ekpresi wajah yang menyeramkan. Pada game Ragnarok Online, Leak adalah MVP baru yang ada di patch Dewata. Sudah diakui keganasannya oleh teman2 yang suka melawan boss monster.


Leak:
MVP baru pada patch Dewata Island, sangat menakutkan

Menurut pendapat beberapa orang Bali, Leak adalah peliharaan yang dimiliki oleh orang tertentu, dan Leak ini hanya bisa diberikan kepada keturunan dari orang tersebut ketika dia sudah meninggal. Kekuatan magis Leak sangat tinggi, hanya orang tertentu dan anak kecil (mungkin bayi) yang dapat merasakan kehadirannya.

Konon katanya, Leak makan bayi, tetapi beberapa informasi mengatakan bahwa Leak hanya suka saja tetapi tidak memakannya. Saya sengaja tidak memasang gambar Leak di artikel ini, karena ngeri sendiri melihat gambar2nya (penakut mode on). Informasi lebih lanjut mengenai roh ini, silahkan Search sendiri, karena saya tidak akan membahasnya lebih lanjut, secara saya juga ngeri kali mendengarkan cerita tentang Leak.

10. Sate
Semua orang sudah tahu makanan ini, kenikmatannya sudah tidak diragukan lagi. Dengan bumbu kacang atau hanya dengan kecap dikasi irisan cabe dan bawang, sudah sangat cukup untuk menggetarkan lidah anda. Nyam-nyam!


Sate:
kenikmatannya sudah tidak bisa disangkal lagi

Tidak tahu juga, makanan ini asli dari Indonesia atau bukan, karena BBQ (barbeku atau barbekiu) juga memiliki penampilan yang mirip dengan sate. Saya sering beli makanan ini untuk mengusir kegalauan ketika malam minggu, karena kenikmatannya membuat semua laki2 lupa dengan wanita (sepertinya) apalagi jika dimakan dengan nasi atau sepotong lontong.

Ilustrasi (Sate Ayam) dari Bismacenter.ning.com!

Sate ayam ditambah kecap, lontong, bumbu kacang dan bawang
maknyus pokoknya

11. Tidung
Merupakan baju adat dari Kalimantan, tepatnya suku Dayak. Baju kebesaran yang digunakan setiap acara khusus ini memang sangat indah. Memliki latar warna gelap atau hitam, menambah kesan elegan apabila dipakai. Walaupun sudah jarang yang menggunakannya (atau perasaan saya saja, mohon maaf) tetapi baju adat ini sering muncul khususnya dalam acara yang memperkenalkan kebudayaan Indonesia.


Tidung:
armor baru pada patch Dewata Island

Apalagi jika digunakan oleh model-model wanita, pemandangan baju adat tersebut menjadi lebih wah dan enak untuk dilihat.

Ilustrasi (baju adat Kalimantan) dari Vivanews.com!

Wanita cantik yang menggunakan baju adat Kalimantan
karena hanya ini yang paling enak dilihat

Ada juga sih pulau di Kepulauan Seribu yang namanya Tidung, menurut teman-teman yang pernah berkunjung kesana, pemandangan pantai dan bawah lautnya sangat indah.

-***-

Mungkin masih banyak penanpakan Indonesia dalah Ragnarok Online kedepannya, tetapi yang saya tahu saat ini hanyalah yang ada pada artikel ini (harap maklum).

Semakin cinta Indonesia donk. Oleh karena itu sebaiknya kita semua jangan sampai melupakan budaya yang ada di negara tercinta ini. Secara orang luar negeri saja sampai memberikan apresiasi kepada Indonesia dalam bentuk game, apalagi kita sebagai orang Indonesia. Seharusnya bisa memberikan lebih daripada sekedar pajak (saya belanja di Indomar*t juga bayar pajak 10%).

Mungkin itu saja sharing saya mengenai cinta Indonesia di game Ragnarok Online, sekarang giliran anda untuk mengutarakan pendapat.

Berapa besar cinta anda terhadap Indonesia?

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template