Sunday, December 23, 2012

Friendship Quest

Salah satu quest yang sangat disarankan untuk dijalankan. Karena tidak ada persahabatan yang tidak berakhir dengan Happy Ending, walaupun saat ini dirasakan persahabatan kurang menyenangkan, pasti hal itu terasa karena anda belum mencapai Ending-nya. Dalam menjalankan quest ini, sebaiknya anda baca baik2 dialog yang terjadi pada masing2 NPC agar feel-nya dapet.

Persyaratan

Untuk menjalankan quest ini tidak membutuhkan syarat yang berbelit2 kecuali karakter anda harus sudah mencapai minimal base level 50.

Petualangan Dimulai

Tanpa membuang2 waktu dalam basa basi ini, ayo kita mulai saja petualangannya. Pastikan karakter anda sudah berada di kota Lighthalzen.
  1. Pergi ke lingkungan kumuh yang berada di sebelah kanan kota Lighthalzen. Tetapi pintu gerbangnya tidak semudah itu dilewati karena ada penjaga yang akan melarang anda untuk memasuki tempat itu. Agar bisa masuk, bicaralah kepadanya hingga berulang2 hingga dia lengah lalu anda bisa menyelinap melalui belakangnya.


    Bicaralah kepada Guard berulang kali
    hingga dia lengah

  2. Ketika sudah memasukin Ghetto (daerah kumuh di Lighthalzen), carilah Maku (lighthalzen 337, 232) lalu bicara dengannya. Dia akan meneritakan masalah pribadinya, mengenai sahabatnya dulu.


    Maku
    salah satu penduduk Ghetto

  3. Kembalilah ke kota Lighthalzen, untuk kembali, anda juga harus melewati Guard. Bicaralah kepadanya berulang2 hingga dia lengah, lalu anda bisa menyelinap lewat belakang.


    Tanda bahwa Guard sedang lengah
    sehingga anda bisa lewat

  4. Pergilah ke Hotel (lighthalzen 158 131).


    Hotel
    sahabat Maku tinggal di sana


    Setelah berada di dalam, naik ke atas tangga yang letaknya di sebelah kiri setelah and amasuk ke dalam Hotel.


    Tangga
    berada di sebelah kiri ketika masuk Hotel

  5. Setelah naik ke lantai 2, pergilah ke ruangan yang berada di sebelah kiri (lhz_in02 235 200).


    Masuk ke ruangan di sebelah kiri

  6. Di dalam ruangan tersebut, bicaralah dengan Digotz (lhz_in02 201, 210). Beritahukan bahwa Maku dalam keadaan baik. Hanya saja, dia tidak merasa senang ketika mendengar kabar dari sahabatnya itu.


    Digotz
    sahabat yang Maku ceritakan

  7. Kembalilah bicara kepada Maku di Ghetto, dia akan menceritakan kepada anda masa lalunya dengan Mister Alexander Digotz. Dulnya mereka adalah teman karib, tetapi saat ini sudah tidak lagi karena Maku menganggap hubungan mereka berakhir karena mereka berbeda status ekonomi.


    Maku berkata
    jika dia bertemu dengan Digotz, maka dia akan memukulnya

  8. Kembalilah ke Hotel kota Lighthalzen untuk berbicara kepada Digotz. Dia akan menceritakan masa lalunya ketika masih menjadi sabahatnya Maku tetapi pada akhirnya mengutuk Maku karena sangat kesal dengan perbuatan yang telah dilakukan oleh Maku.


    Pesan Digotz kepada Maku

  9. Kembalilah kepada Maku, untuk menyampaikan pesan yang dititipkan oleh Digotz.

    Pesan Digotz kepada Maku, yaitu:

    • Dasar orang tengik!
    • Kamu masih saja keras kepala!
    • Kamu bahkan masih berhutang 3 kali makan siang!
    • Belum ditambah permohonan maaf!
    • Tetapi siapa yang peduli dengan yang ada di pikiranmu!
    • saya sangat tentram tanpa dirimu!

    Catatan:
    Anda harus menuliskannya per kalimat! Anda juga harus mengetikkan semua yang dikatakan dengan benar (besar kecil harus sama, bahkan spasi tidak boleh salah).


    Jika anda sudah bermasil menuliskan semua kalimat dengan benar, dan pembicaraan selesai. Bicara lagi kepada Maku untuk menenangkannya, walaupun pada akhirnya anda akan menerima resiko akibat kemarahannya yang menyebabhkan HP anda berkurang hingga setengah.

    Setelah itu, Maku akan bercerita tentang seseorang yang bernama Benkaistein.

  10. Kembalilah ke Hotel, berbicara lagi kepada Digotz bahwa pesannya sudah disampaikan kepada Maku. DAn memberitahukan bahwa Maku sangat marah dengan pesan yang diberikan oleh Digotz tersebut (iya jelas marah, isi pesannya hinaan semua).

    Dia akan memberitahukan anda lebih jauh mengenai Benkaistein, seseorang yang sering menjadi mediator dan pendamain ketika Maku dan Digotz tidak sependapat.

    Digotz hanya memberitahukan bahwa Benkaistein sedang pergi untuk menuntut ilmu dan saat ini dia berada di lokasi dimana banyak buku yang bisa dibaca. Tentu saja lokasi itu adalah Perpustakanaan, jadi cobalah untuk mencarinya di Perpustakaan kota Juno.

    Catatan:
    Untuk menuju ke kota Juno, anda bisa menggunakan jasa Airship, atau jalan kaki melewati lembah yang berbahaya (tidak disarankan menempuh cara yang kedua).


  11. Sesampainya di kota Juno, pergilah ke Perpustakaan (yuno 340 203).


    Masuklah ke dalam Perpustakaan
    jangan berisik iya!

    Setelah masuk, tanyalah kepada seseorang di sana mengenai Benkaistein. Mungkin ada yang bisa memberitahukan lokasinya. Berjalanlah hingga masuk ke ruangan selanjutnya.


    Masuk ke ruangan sebelah kanan terlebih dahulu


    Bicara kepada Student di dalam ruangan tersebut
    jangan berisik iya

  12. Tanya kepada salah seorang Student (yuno_in04 107, 14) dan tanyalah dimana Benkaistein (yuno_in04 96 106). Ternyata dia sedang berada di ruangan yang bersebelahan dengan Student tersebut.


    Masuk ke ruangan seberang

  13. Pergi dan temui Benkaistein, lalu bicaralah kepadanya. Awalnya dia akan mengacuhkan anda, setelah itu bicaralah hingga 3 kali, nanti dia baru akan menyadari kalau anda adalah teman dari Maku dan Digotz.


    Bicaralah kepada Passionate Student 3 kali
    hingga dia mencaribuku

    Setelah dia mencari buku tetapi tidak menemukannya, anda harus bantu dia untuk mencarinya!

  14. Pergilah ke ruangan sebelah.


    Masuk ke dalam ruangan

    Jika sudah masuk, ambil buku yang berada di meja paling kiri.


    Klik buku tersebut
    nanti anda akan menyimpannya di Inventory karakter

  15. Berikan buku tersebut (ternyata diary) kepada Benkaistein. Dia akan meminta bantuan anda untuk menyerahkan diary tersebut kepada maku dan Digotz. Dia berharap dengan membaca diary tersebut, maku dan Digotz bisa berdamai lagi, karena Benkaistein tidak bisa bertemu mereka secara langsung. Dia beralasan sedang sibuk dengan tesis-nya.

    Catatan:
    Ternyata Benkaistein adalah sahabat Maku dan Digotz, bukan hanya pendamai ketima mereka sedang berselisih. Dari keterangannya pun menjelaskan bahwa maku dan Digotz memang sering bertengkar sejak dulu.


  16. Kembali ke Lighthalzen dan berikan diary tersebut kepada Digotz. Dia akan membacanya dan mengenang masa lalunya, termasuk ketika sedang mengidap penyakit berbahaya "Gonorrhitis" (nama penyakit yang aneh).

    Setelah membaca diary tersebut, dia memutuskan untuk bertemu Maku untuk membatalkan sumpah persahabatan yang pernah mereka ucapkan (setelah membaca diary tersebut, oleh karena itu saya sarankan baca baik2 dialog yang muncul di setiap NPC quest).

    Digotz tidak ingin dihina oleh Maku ketima berkunjung ke Ghetto karena kekayaanya, karena itu dia mencari baju yang kira-kira menyerupai penduduk disana.

  17. Sekarang, tunjukan diary tersebut kepada Maku di Ghetto. Maku merasa tidak enak untuk membaca diary seseorang, walaupun seperti itu dia tetap membacanya.

    Dia juga teringat mengenai penyakit yang pernah diderita oleh Digotz yaitu Clymonia (nama penyakit yang bener mana nih), suatu penyakit yang tidak boleh diderita oleh seseorang.

    Setelah membaca diary tersebut, dia terkenang akan masa lalunya. Beri tahu juga kalau Digotz akan berkunjung ke Ghetto untuk menemuinya. Maku akan meminta anda untuk memberikan diary milik Benkaistein kepadanya sebagai bahan bacaan untuk menghina Digotz ketika bertemu nanti.

    Catatan:
    Setelah selesai berbicara kepada Maku, anda akan mendapatkan sejumlah base EXP (tergantung dari base level saat itu).


  18. Kembali bicara ke Digotz. Anda akan menemukan dia telah ditusuk oleh seseorang yang berpakaian hitam. Digotz mengatakan bahwa ada yang telah mengetahui rencananya untuk menemui Maku di Ghetto. Tetapi pihak yang tidak senang dengan berkumpulnya kaum kaya dan miskin mencoba membunuhnya.


    Digotz tertusuk di kamarnya
    oleh orang berjubah hitam

    Pada akhirnya Digotz meninggal akibat luka yang dideritanya. Untuk menghormati Digotz, sebaiknya anda cabut pisau yang menancap di tubuhnya, setelah itu anda akan mendapatkan Knife [3].

    "Hidup ini terlalu singkat untuk bertengkar dengan teman baik"
    by Digotz

  19. Pergi ke kota Juno untuk berbicara kepada Benkaistein, tetapi jangan katakan kalau Digotz sudah terbunuh. Maka dia akan memberikan anda Pass (untuk keluar masuk Lighthalzen dan Ghetto dengan bebas).

    Benkaistein tidak sabar untuk segera menyelesaikan tesis-nya agar bisa kembali berkumpul dengan sahabat2nya tersebut.

    Catatan:
    Anda kan mendapatkan sejumlah base EXP berdasarkan base EXP karakter.

Hadiah

  1. EXP
    Anda akan mendapatkan base EXP yang berfariasi, tergantung dari level karakter saat itu. Semakin tinggi base level karakter anda, maka semakin banyak base EXP yang didapat.

  2. Barang
    Adan akan mendapatkan Knife [3], walaupun sampah, tetapi barang ini berguna untuk quest selanjutnya. Satu lagi hadiah dari quest ini adalah Pass yang digunakan untuk memasuki sisi lain dari Lighthalzen (Ghetto).

Sebaiknya adan memetik pelajaran yang terkandung dalam quest ini. Persahabatan itu sesuatu yang rumit, kadang tidak menyenangkan tetapi indah untuk dikenang. Oleh karena itu, sayangi sabahat anda, jika ada perselisisah yang muncul, selesaikanlah secepatnya karena dendam tidak akan memberikan hal positif kepada siapapun.

Masih banyak quest seru di dunia Ragnarok Online yang berisi pesan2 yang baik untuk anda petik, oleh karena itu, jangan cuma Hunt dan PVP. Dapatkan keseruan lain dari quest yang ada!

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template