Friday, December 21, 2012

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.


Jadi saya akan menjelaskan status yang ada dan berbahasa Indonesia agar lebih jelas. Jadi perhatikan baik2 iya.

Status Dasar

Ada 6 status yang terdapat pada masing2 karakter, yaitu STR (Strength), AGI (Agility), VIT (Vitality), INT (Intelligence), DEX (Dexterity) dan LUK (Lucky).

  1. STR
    Jika anda adalah job yang menggunakan serangan fisik maka status ini wajib diambil karena besarnya daya hancur dari pukulan dan skill tergantung dari status ini.

    Jika anda menggunakan senjata jarak dekat (melee) setiap 1 STR akan memberikan:
    • ATK +1
    • Serangan senjata +0,5%

    Tetapi jika menggunakan senjata jarak jauh (range) setiap 1 STR akan mendapatkan ATK +1 saja.

    Keuntungan lain dari STR adalah setiap penambahan STR dasar (bukan bonus job atau equip) akan menambahkan Weight Limit +30.

  2. AGI
    Ingin tidak terkena serangan musuh atau memiliki kecepatan serangan yang tinggi, anda harus mengambil banyak AGI.

    Penambahan 1 AGI akan memberikan:
    • Flee +1
    • Meningkatkan ASPD dengan perhitungan tertentu
    • 5 AGI memberikan Defense +1

    Untuk job Royal Guard tipe Pinpont Attack, AGI merupakan status yang mempengaruhi besarnya Damage skill.

  3. VIT
    Setelah renewal, semua orang mengambil status ini untuk meningkatka HP demi bertahan hidup. Karena defense pada equip sudah tidak begitu berguna seperti dulu. Ditambah lagi bugs Brocca dan Rental Item Skewer yang membuat Swordsman class memiliki kemampuan untuk menembus defense musuh dengan mudah.

    Setiap penambahan 1 VIT akan mendapatkan:
    • Maksimal Hit Point (MaxHP) +1%
    • 2 VIT memberikan Defense +2
    • 5 VIT memberikan MDEF dan HP Recovery +1
    • Efek potion +2%
    • Mengurangi kemungkinan dan durasi status Poison dan Stun

    Untuk Job Rune Knight tipe Dragon Breath, status ini adalah yang harus dimaksimalkan sesuai build terlebih dahulu tetapi tidak harus 120 poin karena sangat menghabiskan banyak poin.

  4. INT
    Saat ini INT bukan monopili Mage class karena hampir semua Job membutuhkan SP yang banyak untuk penggunaan skill yang lebih brutal.

    Setiap penambahan 1 INT akan memberikan:
    • MATK +1,5
    • Maksimal SP +1%
    • Mengurangi Variable Cast Time (setengah dari efekstifitas DEX)
    • 2 INT memberikan MDEF +1
    • 6 INT dan setiap 100 SP akan memberikan SP Recovery +1
    • Mengurangi kemungkinan terkena status Frozen, Sleep dan Chaos

    Untuk Alchemist class akan memberikan kemungkinan sukses skill Brewing sebesar 0,05% (setengan dari DEX dan LUK).

  5. DEX
    Status ini adalah andalan dari Archer class untuk memberikan Damage terbesar sat menyerang.

    Jika anda menggunakan senjata range, setiap 1 DEX akan memberikan:
    • ATK +1
    • Serangan senjata +0.5%

    Penambahan 1 DEX lainya:
    • Hit +1
    • Mengurangi Variable Cast Time
    • 5 DEX memberikan melee ATK, MATK dan MDEF +1

    Efek untuk skill:
    • Steal (Thief), Forging (Blacksmith), Brewing +0,1%
    • Strip (Rogue) dan Cooking +0,2%

    DEX juga memiliki fungsi untuk memberikan sedikit ASPD tetapi tidak sebesar penambahan dari status AGI.

  6. LUK
    Setelah renewal tiba, semakin banyak karakter yang menyadari manfaat dari LUK karena efek dari status ini juga bertambah banyak. Daripada mengambil status lain sebanyak 120 poin lebih baik sebagian dimasukan ke status ini.

    Setiap 1 LUK akan memberikan:
    • Critical +0.3%
    • 3 LUK memberikan ATK, MATK dan Hit +1 dan auto Blitz Beat (Hunter) +1%
    • 5 LUK memberikan Critical Defense dan Flee +1
    • 10 LUK meberikan perfect dodge +1
    • Kemungkinan berhasil pada skill Forging, Brewing dan Cooking +0,1%
    • Mengurangi kemungkinan status Blind, Curse, Frozen, Poison, Silence, Sleep, Stone Curse dan Stun

    Formula Critical: (LUK*0,3)+1

    LUK tidak pernah mempengaruhi Drop Rate dari monster.

Sub-Status

Selain status dasar, ada juga sub-status yaitu keterangan atau kesimpulan dari perhitungan status dasar.


Tidak akan membahas Forumula utnuk mendapatkan jumlah sub-status karena itu sangat rumit maka saya putuskan untuk memberikan deskripsinya saja untuk mendukung informasi mengenai Status Dasar di atas.

Ada 10 sub-status yang memiliki fungsi masing2 yaitu:
  1. ATK
    Untuk memberikan Damage fisik yang besar diperlukan ATK yang besar juga. ATK berpengaruh terhadap serangan melee dan range (bukan magic).

    Setelah renewal, banyak senjata2 baru yang memiliki ATK besar tetapi senjata yang ATknya kecil tidak kalah pamor karena efek yang terdapat dalam senjata itu bisa melebihi ATK besar sekali pun. STR dan senjata menjadi penentu utama seberapa ATK yang dimiliki karakter.

  2. MATK
    Sangat cocok untuk tipe magic seperti Mage class, Matk adalah sumber kekuatan untuk menghasilkan Damage.

    Selain Mage class, ada beberapa job yang membutuhkan sub status ini seperti Royal Guard tipe Grand Cross dan Support, Genetik tipe Acid Demonstration dan Forging, Rune Knight untuk skill Enchant Blade, dan masih banyak lagi. Berasal dari senjata magic dan INT karakter.

  3. Defense
    VIT menyumbang poin untuk sub-status ini. Bagaimana caranya bertahan hidup jika Defense tidak mencukupi, walaupun HP anda banyak tetapi tanpa defense maka HP itu hanyalah hiasan pada windows status karena dalam hitungan detik akan habis seketika.

    Tidak seperti sebelum renewal, defense karakter benar2 seperti terlihat di windows status. Misalkan defense 80+100 maka serangan dikurangi sebesar 80% dan sisanya dikurang 100 poin.

    Tetapi setelah renewal, walaupun defense anda 300+100 tetapi serangan yang dikurangi tidak sampai 40% dan sisanya dikurang 100.

    Setelah renewal banyak karakter yang memilih equip dengan efek khusus seperti pengurangan Damage yang terdapat pada equip atau penambahan MaxHP, contohnya Proxy Skin Fragment, Tidal Set dan Diablos Set.

  4. MDEF
    Saya tidak yakin banyak yang menyukai sub-status ini karena memang jarang yang menggunakan equip penambah Mdef kecuali tipe Magic. Karena itu banyak karakter saat bertemu dengan tipe Magic mati gaya karena Damage yang diterima sangat besar. Dipengaruhi oleh INT dan AGI (sedikit).

  5. Hit
    Karakter yang mengandalkan serangan fisik (melee atau range) harus memiliki Hit yang cukup untuk berhasil memukul musuh. Jika Flee musuh lebih besar dari Hit maka bisa dipastikan kesuraman akan menghantui anda. Sangat dipengaruhi oleh DEX dan LUK (sedikit).

    Job yang memiliki Hit terbesar dari dulu hingga saat ini adalah Archer class, karena mereka didesain untuk menyerang dari jauh. Bukan karena pengecut tetapi karena pandai mengatur strategi.

  6. Critical
    Karena sekarang banyak karakter yang mengisi status dengan LUK, otomatis presentase Critical juga semakin besar. Satu2nya sub-status yang diandalkan karakter serangan fisik ketika bertemu karakter yang memiliki Flee lebih besar.

  7. Flee
    Ingin aman walaupun HP karakter kecil, sub-status ini harus ditingkatkan. Dipengaruhi oleh AGI dan kartu2 pendukung akan mempermudah anda yang ingin membuat musuh putus ada dengan Miss yang bertaburan.

    Job Thief class adalah ahlinya karena mereka dibekali skill Improve Dodge (level 10) yang berfungsi meningkatkan Flee sebesar 30, jika berubah menjadi job 2 akan menambah Flee sebesar 40 dan khusus untuk Assassin ada efek khusus yaitu Movement Speed +5% (sedikit tetapi berarti).

  8. ASPD
    Singkatan dari Attack Speed. Tipe Critical tanpa ASPD yang besar bagaikan sayur tanpa garam. Sub-status ini dibutuhkan oleh semua karakter yang lebih menyukai serangan normal. Contohnya Frenzy (RK), Critical (GX) dan Auto Falcon (Ranger). Berasal dari AGI.

  9. HP
    Singkatan dari Hit Poin, jadi seberapa besar Damage yang dapat anda terima tergantung dari sub-status ini. Berasal dari VIT.



    Bagi Swordsman class, HP adalah kelebihan alami yang mereka miliki untuk bertahan hidup dan menghadapi halangan dan rintangan di Rune Midgard.

  10. SP
    Singkatan dari Spell Power, sangat dibutuhkan oleh karakter yang menyukai serangan dengan skill andalan.

    Bagi tipe magic, tanpa SP maka tidak ada serangan yang mematikan tetapi bisa diatasi dengan membawa SP potion yang banyak dan tipe magic hampir tidak pernah kehabisan SP mereka kecuali terkena skill Soul Burn (Professor).

Istilah Pendukung

Ada istilah lain yang sering digunakan untuk menjelaskan status karakter seperti Cooldown, Delay, Fixed Cast Time dan Variable Cast Time.
  1. Cooldown
    Jarak waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan skill yang sama, dihitung sejak penggunaan skill yang sama terakhir.

  2. Delay
    Jarak waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan semua skill, dihitung sejak penggunaan skill terakhir.

  3. Fixed Cast Time
    Disingkat menjadi FCT adalah waktu Cast yang tidak bisa dikurangi oleh DEX dan INT, jadi mau tidak mau waktu Cast suatu skill sudah ditentukan oleh sistem (renewal).

    Misalkan FCT skill skill X adalah 1 detik, Variable Cast Time (VCT) 4 detik, dengan jumlah total DEX 150 poin hanya akan mengurangi VCT menjadi 0 tetapi FCT tidak akan berubah sedikit pun. Entahlah jika ada Card atau equip yang bisa mengurangi FCT.

  4. Variable Cast Time
    Disingkat sebagai VCT adalah waktu Cast yang dapat berubah berdasarkan efek DEX, INT, skill tertentu dan Card.

Sebelum menaikan status, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu mau dibawa kemana karakter tersebut seperti Damager, Support atau Forging. Tidak ada yang gagal dalam merancang status karakter karena setiap karakter memiliki manfaat tersendiri.

Happy RO ^o^

1 comment:

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template