Saturday, December 22, 2012

Card Populer yang Harus Swordman Miliki

Ada banyak kartu populer saat ini karena kemunculan monster2 dan update baru yang membuat variasi Card tambah banyak dan efek dari beberapa Card yang dulunya populer menjadi kurang bagus (cth: Hydra Card).

Artikel ini akan menjauhkan diri dari MVP Card karena mustahil mendapatkanya dari drop monster di idRO. Seperti artikel2 saya sebelumnya, hanya membahas yang berhubungan dengan Swordsman class karena untuk job lain saya tidak begitu mengerti jadi serahkan saja pada yang lain.

Accessory

  1. Alligator Card
    Nama: Four Leaf Clover


    Kelebihan:
    Serangan range (jarak jauh) yang diterima -5%.

    Opini:
    Sangat cocok untuk melawan karakter yang memiliki serangan andalan atau skill range. Jika digabungkan dengan skil Barrier, akan membuat musuh putus asa.

  2. Errende Ebecee Card
    Nama: Anti Arrow


    Kelebihan:
    Kemungkinan 5% mengeluarkan skill Pneuma level 1 ketika menerima serangan.

    Opini:
    Sangat cocok digunakan ketika bertahan di WOE karena banyak karakter yang menggunakan serangan range jadi buat mereka putus asa dengan menggunakan Card ini. Kemungkinan mengeluarkan skill juga terhitung besar apalagi dalam keadaan dikeroyok.

  3. Horong Card
    Nama: Clairvoyant


    Kelebihan:
    Dapat menggunakan skill Sight level 1.

    Opini:
    Banyak musuh atau moster yang menggunakan skill Hiding dan Cloaking, jadi membuat bayak karakter menyediakan Clip isi Horong Card untuk mengatasinya. Hal tersebut juga membuat harganya menjadi lebih mahal. Dibandingkan membeli Maya Purple Card, ini adalah pilihan yang lebih efektif.

  4. Mantis Card
    Nama: of Mustle


    Kelebihan:
    STR +3.

    Opini:
    Swordsman class adalah job yang membutuhkan banyak STR jadi penggunaan Mantis Card sangat populer. Akhir2 ini populeritasnya menurun karena banyak Accessory yang lebih bagus. Biasa diletakan pada Ring [1] untuk penambahan STR yang lebih baik.

  5. Phen Card
    Nama: Under a Cast


    Kelebihan:
    Cast tidak bisa diganggu, waktu Cast +25%.

    Opini:
    Semua karakter yang cast skill andalanya lama, membutuhkan Card ini untuk bertahan. Tetapi ada efek samping yaitu cast menjadi bertambah lama karena bertambah 25%. Daripada cast gagal terus lebih baik seperti itu. Hanya berguna saat PVP dan Hunt karena ketika WOE efek bagusnya tidak bekerja sedangkan efek sampingnya tetap.

  6. Smokie Card
    Nama: Hiding


    Kelebihan:
    Dapat menggunakan skill Hiding level 1.

    Opini:
    Hiding tidak hanya dilakukan oleh seorang pengecut karena dalam perang, sembunyi memiliki arti strategi untuk menghindari serangan musuh yang tidak bisa dibendung (cth: Ashura Strike). Kemudian muncul kembali ketika memungkinkan untuk menyerang balik. Gunakan Card ini dalam posisi terdesak.

Armor

  1. Marc Card
    Nama: Unfrozen


    Kelebihan:
    Anti Frozen, serangan elemen Water yang diterima -5%.

    Opini:
    Semua orang tahu kalau Card ini sangat berfungsi saat WOE dan PVP karena jika dihajar oleh skill yang menyebabkan frozen maka karakter tidak akan bisa bergerak dan elemen Armor berubah menjadi air.

  2. Pecopeco Card
    Nama: of Ares


    Kelebihan:
    MaxHP +10%.

    Opini:
    Semua job tahu jika Pecopeco Card adalah yang terbaik untuk Armor karena tidak mungkin untuk mendapatkan Tao Gun Ka Card dari Item Mall. Ketika digunakan bersama dengan Grand Peco Card, Defense dan VIT +3.

Footgear

  1. Green Ferus Card
    Nama: of Wonderer


    Kelebihan:
    MaxHP +10%, Vit +1.

    Opini:
    Ini adalah Card yang cocok untuk menggantikan posisi Matyr Card, bedanya hanya di penambahan status saja.

  2. Matyr Card
    Nama: Green


    Kelebihan:
    MaxHP +10%, AGI +1.

    Opini:
    Semua job membutuhkan Card ini untuk memaksimalkan HP, jadi sudah tidak diragukan lagi walaupun popularitasnya menurun kaerena sekarang sudah ada Variant Shoes. tetapi Matyr Card adalah pilihan yang lebih efektif karena harganya jauh lebih murah.

Garment

  1. Noxious Card
    Nama: Anti-Sniping


    Kelebihan:
    Mengurangi serangan netral dan range yang diterima sebesar 10%.

    Opini:
    Card ini memiliki efek lebih baik dibandingkan Raydric Card, untuk menerima serangan range. Karena tidak seperti Raydric Card, jika musuh mengunakan senjata elemen maka fungsi dari Card tidak akan berguna. Tidak dengan Noxious Card walaupun musuh menggunakan serangan elemen, selama mereka menggunakan serangan range maka masih ada damage yang ditahan sebesar 10%. Tetapi jika serangan melee yang berelemen maka kedua Card tidak akan berguna.

  2. Raydric Card
    Nama: Immune


    Kelebihan:
    Serangan elemen netral yang diterima -20%.

    Opini:
    Sudah dibahas sebelumnya pada opini Noxious Card, hanya tambahan sedikit yaitu kartu ini sangat buruk ketika menerima serangan elemen apapun kecuali netral karena tidak berfungsi sama sekali.

Headgear

  1. Marduk Card
    Nama: Peerless


    Kelebihan:
    Anti Silence.

    Opini:
    Salah satu efek negatif yang paling menyebalkan saat WOE adalah silence karena berapapun banyaknya SP, skill tidak akan bisa digunakan. Jadi untuk mengatasinya Marduk Card menjadi pilihan untuk heargear. Walaupun tidak digunakan terus menerus tetapi ketika bertemu dengan Arc Bishop, anda harus segera menggunakanya karena skill Silentium sering kali digunakan untuk membuat anda mati gaya.

  2. Nightmare Card
    Nama: Insomniac


    Kelebihan:
    Anti Sleep, AGI +1.

    Opini:
    Kurang mengerti juga kenapa Card ini menjadi populer, mungkin ada skill job lain yang memberika status Sleep. Tetapi tidak bisa menahan status deep sleep karena berbeda. Ketika digunakan bersama dengan Nightmare Terror Card, akan meningkatkan efek memberikan status Cursed ketika diserang oleh musuh menjadi 6%. Ada yang memberitahu Card ini digunakan untu melawan Nidhoggr's Shadow (MVP) karena dia memiliki skill Wide Sleep (memberikan status sleep pada area tertentu dengan jangkauan yang luas).

  3. Vanberk Card
    Nama: Arta's


    Kelebihan:
    STR +2, kemungkinan 0.5% serangan critical +100 utuk 5 detik ketika menyerang.

    Opini:
    Hanya Card ini yang menambahkan STR terbesar di Headgear dan memiliki efek yang bagus untuk tipe kritikal. Dulu digunakan LK sebagai pendukung saat WOE (Breaker) tetapi sekarang kurang populer karena damage ke Emperium pasti 1 jadi kritikal untuk seorang Breaker tidak lagi penting.

Shield

  1. Hodremlin Card
    Nama: Resistant


    Kelebihan:
    Mengurangi serangan dari semua ukuran moster (Kecil, Sedang, Besar) dan kemungkinan 0.3% perfect dodge +30 selama 10 detik ketika menerima serangan.

    Opini:
    Mungkin Card ini tidak begitu cocok untuk PVP tetapi untuk Hunt boleh dicoba karena variasi ukuran, race dan elemen monster dalam satu dungeon itu bermacam jadi sangat cocok untuk bertahan dari berbagai macam bentuk monster.

  2. Horn Card
    Nama: Heavy


    Kelebihan:
    Serangan range yang diterima -35%.

    Opini:
    Hanya bagus untuk menahan serangan range, jadi harus mengetahui musuh yang dihadapi itu menggunakan serangan range atau melee. Jika musuh menggunakan melee gunakanlah Thara Frog Card tetapi untuk menahan serangan range, Horn Card lebih bagus. Sekarang sangat banyak skill damage besar yang masuk dalam kategori serangan range seperti VP, SD dan PPA.

  3. Thara Frog Card
    Nama: Cranial


    Kelebihan:
    Mengurangi serangan dari demi-human sebanyak 30%.

    Opini:
    Card yang sangat populer untuk ditempel di tameng karena serbaguna, bisa untuk PVP dan Hunt.

Weapon

  1. Archer Skeleton Card
    Nama: King Bird


    Kelebihan:
    Damage serangan range +10%.

    Opini:
    Hanya cocok untuk karakter yang menggunakan serangan atau skill range seperti Vanishing Point (VP), Spear Dynamo (SD), Pinpoint Attack (PPA) pokoknya yang menggunakan skill range karena pada dasarnya serangan biasa Swordsman class adalah jarak dekat (melee). Damage yang ditambahkan adalah damage total, bukan ATK senjata.

  2. Golem Card
    Nama: Solid


    Kelebihan:
    Senjata tidak bisa dihancurkan, kecuali saat upgrade.

    Opini:
    Semakin kacaunya skill sekarang yang bisa menghancurkan senjata musuh (PPA, Melt Down, Acid Demonstration) membuat Golem Card naik daun tetapi tidak semua senjata bisa dipasang kartu ini disebabkan tidak tersedianya slot.

  3. Zipper Bear Card
    Nama: Hard Working


    Kelebihan:
    ATK +30.

    Opini:
    SP -1 setiap karakter menyerang secara fisik. Dibandingkan menggunakan Card penambah ATK senjata dengan % (cth: Hydra Card) hanya berpengaruh terhadap satu jenis race dan elemen monster saja. Zipper Bear adalah pilihan terbaik jika menginginkan senjata "one for all".

    Ketika digunakan bersama dengan Raggler Card, Myst Case Card, Baby Leopard Card, Hylozoist Card akan memberikan LUK +10, damage skill Mammonite +20%, menghilangkan efek SP -1 setiap menyerang dengan serangan fisik, jika digunakan oleh Merchant class akan memberikan kemungkinan 0.05% mendapat Old Purple Box (OPB) setiap mengalahkan monster, kemungkinan 20% mengembalikan serangan magic single target yang ditargetkan ke karakter (cth: Fire Bolt).

    Ketika digunakan bersama dengan Muka Card, Raggler Card, Baby Leopard Card, Holden Card akan memberikan MaxHP dan MaxSP +7%, damage Mammonite +20%, menghilangkan efek SP -1 setiap menyerang dengan serangan fisik, kemungkinan 1% menggunakan skill Adrenalin Rush level 1 ketika menyerang dengan serangan fisik, kemungkinan 0.1% mendapat Stem ketika mengalahkan monster, kemungkinan 0.03% mendapat Glistening Coat ketika mengalahkan monster.

Mungkin Card diatas adalah yang saya tahu, sebenarnya ada banyak lagi jenis2nya. Jika ada yang tahu Card populer apa lagi yang cocok untuk Swordsman class, silahkan tinggalkan komentar di artikel ini beserta alasanya (opini).

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template