Tuesday, December 25, 2012

Archer Skeleton Card, Final Damage

Sering banget ada yang tanya, apa sih yang menjadi acuan Archer Skeleton Card itu meningkatkan final damage (damage setelah perhitungan rumit di dalam game, entahlah). Mereka bertanya, apa perbandingannya dengan Card jaman dulu seperti Hydra, Skel Worker dan yang sejenis itu. Saya bingung juga mau jawab apa, secara cukup sulit untuk menjelaskan dengan kata-kata.


Archer Skeleton Card:
Damage +10% ketika menggunakan serangan jarak jauh (range)

Oleh karena itu, saya akan menjawab pertanyaan tersebut dengan gambar dan tulisan, agar penjelasan yang diberikan bisa diterima dengan mudah dan jelas gitu deh.

Perbedaanya Ada di Kode Barang

Di kode barangnya tertulis { bonus bLongAtkRate,10; },{},{} jadi berbeda dengan kode pada Hydra, Skel Worker dan Card sejenis. Coba anda lihat kode dari AS Card di bawah ini.


Ilustrasi dari RMS:
Referensi Ragnarok Online kita bersama
tetapi harus diingat... terkadang deksripsi Ragnarok Internasional
dengan IdRO sedikit berbeda

Perbedaanya ada dimana? Bedanya adalah jelas pada kode barangnya yaitu bLongAtkRate, jadi peningkatan damage-nya berdasarkan damage jarak jauh. Secara serangan jarak jauh ditentukan oleh skill (cth: Vanishing Point dan Spear Dynamo) dan tipe senjata (cth: Bow untuk Archer dan Pistol untuk Gunslinger).

Jadi menurut saya, pihak RO mengambil jalan tengah untuk mengatasi masalah ini yaitu setelah skill atau serangan diberikan, barulah diketahui serangan itu termasuk range atau melee. Jika serangannya range maka bonus damage langsung diberikan (patokan damage-nya setelah final donk), sedangkan jika serangannya melee maka bonus tidak diberikan.

Berbeda dengan Hydra dan Skel Worker Card, mau serangannya range atau melee tidak jadi masalah, karena yang menjadi acuannya adalah jenis monster atau musuh yang dilawan, jadi lebih mudah untuk membuat perhitungan meningkatkan ATK senjata. Sayangnya, ini menjadi hal buruk untuk kita semua karena damage yang dihasilkan jadi lebih kecil daripada efek Card sebelumnya.

Barang yang Memiliki Efek Sama

Apa saja sih equip atau barang yang efeknya sama seperti AS Card? Mereka adalah... lihat pada daftar berikut.
  1. Master's Hat:
    Damage serangan jarak jauh +7%.


    Master's Hat

  2. Bow Thimble:
    Serangan jarak jauh +3% (hanya bisa digunakan oleh Archer class).


    Bow Thimble

  3. Burning Bow, Freezing Bow, Earth Bow, Gale Bow:
    Serangan jarak jauh +25% ketika menggunakan Arrow tertentu.


    Burning Bow gunakan Fire Arrow, Freezing Bow gunakan Crystal Arrow,
    Earth Bow gunakan Stone Arrow, sedangkan Gale Bow gunakan Arrow of Wind,
    tetapi belum semua Bow masuk ke IdRO

  4. Orc Archer's Bow:
    Serangan jarak jauh +50% ketika menggunakan Steel Arrow. Sekarang Bow ini hitz banget diantara para Archer class, padahal dulu (pre-renewal) saya sering buang2 Bow ini.


    Orc Archer Bow

  5. Merman Card:
    Serangan jarak jauh +20% ketika menggunakan Cruiser, Anolian, Alligator, Dragon Tail Card secara bersamaan.


    Merman Card

Salah satu skill yang dianggap serangan jarak jauh adalah Acid Demonstration milik Biochemist, jadi damage-nya akan meningkat ketika menggunakan Card ini, tetapi sayang skill Acid Demonstration tidak bisa ditahan oleh skill Defender (Barrier) milik Defender... kenapa? KENAPAAA?

Segitu dulu penjelasan dari saya, sekedar opini yang mungkin bisa diterima, bisa juga tidak. Secara iya... secara kita kan tidak pernah tahu, bagaimana perhitungan sebenarnya yang ada di dalam sistem game.

Catatan:
Saya tidak melihat ada kode yang menunjukkan bahwa Card ini hanya berfungsi pada senjata jenis Bow. Pokoknya jarak serangan atau skill (kecuali magic) yang lebih dari 4 kotak, bisa merasakan efek dari Card ini.


Cukuplah kita sekedar tahu, sisanya biarkan menjadi mistery. Yang penting kita bisa main bersama teman2 dan have fun selamanya.

Happy RO ^^

No comments:

Post a Comment

Optimaks.com The Otaku OPTIMAKS design by Kaizen Template